Apakah gara gara Klep di lambung bocor?

 Apakah gara gara Klep di lambung bocor?  

Apakah gara gara Klep di lambung bocor? – Penyakit asam lambung nama lainnya Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan gejala naiknya asam lambung ke esofagus. Nama lainya orang juga sering menyebut ini asam reflux. Hal ini terjadi akibat klep tidak bekerja dengan normal. Apa maksud klep?

Maksudnya disini adalah, di antara kerongkongan dengan lambung itu ada pembatas yang dapat tertutup dan terbuka secara otomatis. Secara umum di namanya adalah lower esophageal sphincter (LES). Apabila ada makanan yang masuk, maka akan terbuka, setelah makanan melewatinya, LES / Klep ini akan otomatis menutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di perut agar tidak naik kembali ke kerongkongan atau esofagus.

Pada artikel kali ini saya mengambil sedikit dari tulisan Mbak Diah di blognya (jurnalbidandiah.blogspot.com). Apa sih yang dimaksud dengan klep tersebut? Bagaimana kalau misalnya rusak? Mari kita lihat sedikit mengenai ini simak pada tulisan di bawah ini;

Esofagus (kerongkongan) dan lambung (maag)
Seharusnya antara esophagus dan maag ada klep yang mencegah asam lambung naik, tapi beberapa kasus ada kebocoran misalnya pada kasus hernia, atau fungsi klep terganggu. misalnya pada kasus stres yang berkepanjangan atau adanya kelainan esophagus. misalnya adanya kantong yang menahan sebagian makanan sebelum masuk lambung. Bau nafas menjadi nyata pada orang yang berpuasa atau beberapa jam tidak makan/minum karena asam lambung yang tidak teralirkan ke dalam usus. Pada kasus begini bau hilang ketika makan dan minum walau dalam porsi kecil saja. 
Bau petai dan bawang disebabkan karena sebagian hasil metabolismenya disekresi lewat air liur sehingga hanya bisa hilang dengan makan mentimun, yang sama-sama disekresi air liur sehingga bisa membantu menetralkan. Hanya saja mentimun harus segera dimakan (bersamaan) dengan petai dan bawangnya.
Kedelai dan produk kedelai (tahu, tempe) hasil metabolismenya juga bisa menimbulkan bau jika orang tidak mempunyai ensim pemecah kedelai, seperti halnya susu dan keju pada mereka yang tidak cukup ensim pemecah susu.
Nah Kesimpulannya adalah Apabila klep antara esofagus dengan lambung itu rusak bisa menyebabkan uap dari asam lambung naik ke atas dan keluar melalui mulut. Ikut keluar Ketika anda berbicara. dan disana juga dituliskan oleh Mbak Diah bahwa ketika puasa bau tersebut menjadi nyata karena tidak ada makanan yang diproses, sehingga bau uapnya naik ke atas keluar melalui nafas atau mulut .

Apakah gara gara Klep di lambung bocor? 

Normalnya walaupun puasa ada juga orang yang tidak bau napas karena mungkin klepnya tertutup rapat sehingga tidak ada uap yang keluar dari lambung. Nah apabila anda mengalami hal demikian Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter mengenai klep pada lambung anda tersebut. Ini sangat penting juga untuk di ketahui dengan pasti. Agar anda bisa mengatasi bau mulut anda dengan tepat dan benar.

Baca juga : Bau mulut tidak hilang karena masalah pencernaan

Ciri-ciri atau gejala yang di timbulkan akibat GERD yang dapat dirasakan adalah sensasi rasa terbakar di bagian dada atau nyeri ulu hati. Akibatnya, kita akan merasa tidak nyaman setelah mengkonsumsi makanan.

Mulut serta kerongkongan juga akan terasa tidak enak. Kita juga akan mengalami rasa sakit dan kesulitan saat menelan makanan. Perawatan secara serius akan diperlukan jika gejala GERD di atas muncul secara terus-menerus.

Apabila anda merasakan hal yang demikian, cobalah dengan segera menjumpai dokter terdekat agar dapat di berikan solusi yang lebih tepatnya. Sekain artikel ini semoga bermanfaat

Apakah gara gara Klep di lambung bocor? | admin | 4.5