Bau mulut tak hilang, masalah pencernaan?

sistem pencernaan
Bau mulut tak hilang, masalah pencernaan?

Pencernaan merupakan tempat tubuh menyerap semua nutrisi yang berasal dari makanan yang kita makan. nutrisi-nutrisi yang bentuk molekulnya sangat kecil akan di serap di dalam usus halus dan di edarkan bersama darah. Pencernaan juga seperti pada organ tubuh lainnya yang bisa mengalami sakit. Apabila makanan-makanan yang kita konsumsi mengandung racun atau kurang steril. Akibatnya sistem pencernaan mengalami gangguan yang dapat di rasakan efeknya salah satunya adalah bau mulut.

Berikut apa saja yang dapat menyebabkan sistem pencernaan mengeluarkan bau mulut saat bernafaas:

  • Bakteri di dalam perut

Bau mulut tak hilang, masalah pencernaan?
H. pylori

Helicobacter pylori telah dikaitkan dengan bau mulut yang berasal dari perut. Bakteri ini sering ditemukan di mulut tetapi mereka juga terdeteksi di perut. Infeksi oleh bakteri ini dapat menyebabkan penyakit lambung seperti maag, radang perut, ulkus duodenum, kanker lambung, refluks asam, dan gangguan dispepsia dan usus. Setiap penyakit lambung ini menyebabkan napas yang berbau.

  • Ketidakseimbangan bakteri baik dan bakteri jahat

Bau mulut tak hilang, masalah pencernaan?
Jahat vs baik

Penyebab lain bau mulut dari perut adalah karena ketidakseimbangan dalam jumlah bakteri baik dan berbahaya. Jika jumlah bakteri berbahaya meningkat dibandingkan dengan bakteri menguntungkan dalam perut, itu bisa mengarah pada pencernaan yang buruk mengakibatkan refluks asam dan menyebabkan pertumbuhan berlebih dari ragi fermentasi. Produk sampingan fermentasi dapat menyebabkan bau mulut. Adapun bakteri-bakteri yang menyebabkan bau mulut anda dapat membaca disini

  • Asam refluks

Bau mulut tak hilang, masalah pencernaan?
Asam refluks

Penyebab paling umum dari bau mulut dari perut adalah asam refluks atau GERD atau asam lambung naik. Acid reflux terjadi ketika katup disebut sebagai otot sfingter esofagus yang mengontrol pengosongan isi lambung termasuk asam lambung dan enzim pencernaan terganggu. Biasanya, katup ini bertanggung jawab untuk membuka dan menutup esophagus bagian bawah yang dikosongkan ke dalam perut.

Namun, dalam katup cacat atau rusak, gagal untuk menutup jalan antara perut dan kerongkongan menyebabkan adanya aliran langsung dari isi perut bersama dengan asam lambung, enzim pencernaan dan bakteri. Campuran asam ini berjalan ke bagian belakang mulut, tenggorokan dan rongga mulut dan menyebabkan bau busuk rasa asam saat bernapas keluar udara. Bukan hanya itu saja, asam ini juga dapat mengikis gigi hingga membuat lebih tipis serta sensitif

Baca : Lambung dan Asam Refluks

  • Kurangnya asam klorida

Bau mulut tak hilang, masalah pencernaan?
HCL

Penyebab lain yang dikenal bau mulut berasal dari perut adalah kurangnya asam klorida dalam perut. Asam klorida ini di hasilkan oleh lambung sendiri. Asam ini diperlukan untuk pencernaan yang baik. Jadi, asam klorida yang tidak cukup dapat menyebabkan pencernaan yang buruk. Partikel makanan yang tercerna akan mengalir langsung ke dalam usus, potongan-potongan makanan tak terputus dapat menjadi tengik (terurai) dan melepaskan gas berbau dan keluar melalui mulut saat bernapas yang menyebabkan bau mulut. Selanjutnya, gerakan usus yang tidak teratur memungkinkan makanan ini tercerna membusuk dan memancarkan gas berbau busuk.

  • Parasit usus

Bau mulut tak hilang, masalah pencernaan?
Gangguan usus

Parasit usus juga dapat menyebabkan bau mulut. Bau mulut dari perut bisa berasal dari isi perut sulit dicerna atau mungkin menjadi tanda beberapa penyakit gastrointestinal yang mendasari penyakit serius seperti penyakit liver / hati atau ginjal dan kanker perut. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengevaluasi penyebab pasti bau mulut dan mengobati penyebab yang mendasarinya.

Artikel ini saya tulis untuk menambah wawasan anda mengenai penyakit bau mulut yang anda derita. adalah sangat penting menjaga sistem pencernaan anda dari bakteri jahat yang berkembang biak di dalamnya. Untuk itu menjaga pola makan yang sehat dan higenis (wajib) adalah tindakan yang harus anda lakukan agar sistem pencernaan anda sehat kembali

Bau mulut tak hilang, masalah pencernaan? | admin | 4.5