cara menghilangkan batu tonsil

cara menghilangkan batu tonsil
Menghilangkan batu tonsil

Cara menghilangkan batu tonsil – Batu tonsil adalah kuman yang berkumpul di dalam amandel yang menyebabkan bau busuk. Selain itu juga, sel sel mati, sisa makanan dan nanah bisa menjadi pembentuk utama. Jika batu tonsil ini tidak di hilangkan maka bisa menjadi penyebab bau nafas yang khas busuknya. Ada trik cara yang sangat mudah untuk menghilangkan batu tonsil ini.

Dikutip dari laman id.wikihow.com dan juga Tambahan dari saya berikut triknya :

Alat dan bahan 

    cara menghilangkan batu tonsil
    Cermin

    Pertama sebelum sebelum memulai, hal yang harus di persiapkan adalah cermin. Cermin ini berguna untuk melihat batu amandel Anda. Idealnya, Anda harus memiliki pandangan yang jelas pada batu tonsil tersebut dan Anda juga bisa memegang cermin dengan nyaman. Lakukan ini di tempat yang terang.

    Apabila tempat yang terang masih menyulitkan anda melihat batu tonsil dengan jelas, anda bisa menggunakan senter kecil yang terang sehingga memudahkan menemukan batu tonsil di amandel.

    cara menghilangkan batu tonsil
    Senter

    Hal yang perlu anda persiapkan selanjutnya adalah air untuk berkumur agar memudahkan proses pengeluaran batu tonsil. Siapkan air di dalam ember bersih dan gayung untuk memudahkan menciduk

    cara menghilangkan batu tonsil
    Ember

    Batu tonsil mudah di temui apabila bentuknya besar. Ini akan terlihat wujudnya yang bewarna putih berada di dalam lubang atau lipatan-lipatan amandel.

    Langkah Kerja

    Selanjutnya setelah menyediakan beberapa keperluan di atas, ikuti cara-cara berikut ini :

    •    Gunakan cotton bud

    cara menghilangkan batu tonsil

    Alat yang mudah di temui adalah cotton bud. Dengan harga yang cukup murah anda bisa membelinya di toko terdekat. Cotton bud ini yang akan menjadi alat untuk mengeluarkan batu tonsil. Berikut cara melakukannya :

    Pertama anda cari terlebih dahulu batu tonsilnya. Gunakan cermin tadi untuk melihatnya. Masukkan cotton bud kedalam mulut. Cobalah dorong amandel keluar. Ketika berhasil mengeluarkannya, segera buang keluar dari mulut anda..!! Meskipun batu tonsil itu tidak berbahaya apabila di telan, akan tetapi itu adalah kotoran atau bakteri busuk. jadi alangkah baiknya di keluarkan saja. Gunakan air kumur yang telah di sediakan tadi

    •    Gunakan sikat gigi

    s. gigi

    Sikat gigi adalah alat yang sangat umum untuk melepaskan batu tonsil. Anda bahkan bisa menggunakan kedua ujung sikat gigi untuk melepaskan batu amandel. Gunakanlah sikat gigi yang berbulu halus dan berkepala kecil, agar memudahkan masuk menuju amandel anda. Bulu sikat gigi bisa berguna untuk menggosok (dengan sangat lembut) dan melepaskan batu yang longgar, sementara ujung tumpulnya bisa membantu melepaskan batu yang susah dihilangkan.

    Bila Anda memiliki sikat gigi elektrik, coba gunakan sisi lembut (tanpa bulu) pada bagian kepala untuk menggetarkan batu hingga lepas dari cekuk dan celah dalam amandel Anda.

    Karena batu amandel sering mengandung bakteri yang berbau busuk, Anda cuci sikat gigi Anda sebelum menggunakannya lagi

    •    Gunakan jepit rambut

    cara menghilangkan batu tonsil

    Alat ini sangat mudah di temui. Umumnya kaum wanita kebanyakan wanita memiliki persediaan jepit rambut di kamarnya. Anda bisa memanfaatkan jepit rambut ini untuk mengambil batu tonsil. Jepit biasa yang berwarna hitam dapat berhasil dengan baik melepas batu tonsil, karena tipis dan fleksibel.

    Pastikan mencuci jepit terlebih dahulu dengan sabun antibakteri dan air bersih sebelum dimasukkan ke dalam mulut Anda. Walaupun kecil kemungkinannya, jepit kotor berpotensi mengantarkan bakteri menular ke dalam mulut, menyebabkan radang amandel bertambah parah

    Gunakan jepit rambut dengan cara yang sama dengan cotton bud di atas tadi, yaitu dengan gerakan mendorong keluar batu tonsil hingga lepas dari lubang amandel. Selain ini, anda bisa juga menggunakan lidi kelapa yang mudah di dapatkan di sekitar rumah.

    •    Pipa sedotan Aqua gelas

    cara menghilangkan batu tonsil

    Ini adalah trik yang paling mudah untuk mencongkel batu tonsil anda. Anda gunakan pipa sedotan aqua gelas yang kecil itu, pada bagian yang tajam itu digunakan untuk mencongkel, lalu bagian yang berlubang untuk tempat batu tonsilnya. Jadi setelah anda mencongkelnya, usahakan batu amandel masuk kedalam bagian lubang sedotan itu, setelah kira kira lengket disana segera keluarkan dan buang. Jika anda cium baunya sangat busuk sekali tuh batu. Ulangi dan lakukan hingga batu tonsil anda habis tak bersisa. Lalu cuci amandel anda dengan berkumur.

    Setelah anda melakukan cara di atas, batu tonsil anda akan hilang dari amandel sehingga tidak lagi menyebabkan bau busuk serta bau mulut menyengat. Akan tetapi apabila ini tidak menyembuhkan bau mulut anda, ini sangat berbahaya apabila terus di biarkan. Kenapa? Ada kalanya meskipun Batu tonsil sudah di bersihkan, tapi amandel masih bau busuk? Ini di sebabkan oleh bakteri yang belum hilang. Sehingga anda perlu usaha lagi untuk menghilangkan bakteri yang menempel pada amandel tersebut.

    Caranya sangat mudah, anda gunakan saja antiseptik. Antiseptik ini akan dapat membunuh bakteri secara tuntas di amandel anda. Nah dari mana antiseptiknya? Antiseptik anda bisa mendapatkan di dalam kandungan buah-buahan, sayuran ataupun rempah-rempahan. Cukup konsumsi saja setiap hari sampai amandel anda benar-benar sembuh dan tidak menyebabkan bau mulut lagi.

    Nah itulah cara menghilangkan batu tonsil yang ada di dalam lubang amandel. Cara cara ini cukup mudah untuk di lakukan di rumah, anda bisa mencobanya dan bereksperiment sendiri. Saya doakan semoga batu tonsil anda bisa hilang semua dan bau busuk juga hilang dari nafas anda. good luck…

    cara menghilangkan batu tonsil | admin | 4.5