Gagal ginjal bisa menyebabkan bau mulut

  gagal ginjal bau mulut

Ginjal adalah salah satu organ ekskresi dalam tubuh kita. Ginjal berfungsi untuk menyaring darah dan zat zat lain yang terkandung di dalam darah, kemudian zat yang tidak digunakan akan dibuang lewat urine. Akibat dari overwork dapat menyebabkan ginjal menjadi rusak. Hari ini ditandai dengan beberapa gejala. Bau mulut adalah salah satu ciri ciri gejala tersebut.

Ciri cirinya yaitu Mulut berbau amis, seperti air kencing atau mirip amonia dapat menunjukan gagal ginjal.
Ginjal bekerja dan bertanggungjawab untuk menghilangkan bahan kimia beracun dari darah dengan membuat urin. Pada penyakit ini, ginjal menjadi rusak sehingga ginjal tidak lagi mampu menyaring racun atau bahan yang tak diperlukan dari darah. Ketika ini terjadi, racun dan limbah berbahaya tidak dapat dibuang dari tubuh. Bau nafas yang amis dapat terjadi ketika gagal ginjal mempengaruhi sistem pernapasan dan menyebabkan masalah pernapasan.

Darah yang tidak tersaring tersebut akan terus mengalir mengikuti jalurnya hingga sampai pada paru-paru. Tepatnya di dalam alveolus terjadi pertukaran udara, O2 masuk dan CO2 keluar. Bukan hanya itu saja, zat lain juga dapat menguap disini dan di keluarkan melalui pernafasan. Zat-zat yang seharusnya tersaring di ginjal dan terbuang melalui urin tadi dapat juga keluar dari sini uapnya. Terciptalah bau nafas yang busuk. Hal ini juga terjadi pada orang yang mengkonsumsi bawang yang sangat berlebihan. Zat belerang yang di hasilkan bawang akan menguap di dalam alveolus dan keluar melalui pernafasan. Sehingga menyebabkan bau mulut.

Untuk menjaga ginjal agar tetap sehat, yaitu mengkonsumsi makanan yang sehat, minum air putih teratur dan jangan banyak makan obat obatan bahan kimia. Ketika sesak kencing, segeralah buang air kencingnya, jangan di tahan. Menahan air kencing dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Di dalam ginjal terdapat namanya nefron. Nah di dalam nefron inilah terjadi penyaringan darah, memisahkan air, urea, glukosa, amonia, racun dll apabila ada zat yang masih di perlukan tubuh akan di serap kembali. Jumlah nefron ini jutaan di dalam ginjal dan ukurannya sangat kecil sekali. Sehingga ginjal ini sulit di ganti dengan alat lainnya yang buatan manusia. Sehingga apabila orang gagal ginjal, mereka rutin akan cuci darah dengan biaya yang cukup tinggi.

Oleh karena itu menjaga ginjal adalah menjadi sangat penting untuk tubuh anda. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Jika saat ini sudah terlanjur maka sebaiknya Anda periksa pada dokter spesialis yang menangani penyakit ginjal ini. Artikel pilihan bau mulut pada pernafasan : Bronkitis dapat menjadi penyebab bau mulut.
Gagal ginjal bisa menyebabkan bau mulut | admin | 4.5