Lambung dan asam refluks penyebab bau nafas

asam reluks

Apa hubungan dari lambung dengan asam refluks? Ternyata ada hubungan yang erat, dan bisa menyebabkan penyebab utama dari bau nafas anda. Bagaimana asam ini bisa naik dari lambung? Dan menyebabkan bau nafas? Dikutip dari blog Bramardiianto.com berikut adalah penjelasannya;

Naiknya asam atau GERD (gastroesophageal reflux disease) adalah suatu kondisi, di mana isi cairan dari lambung mengalir kembali atau naik ke kerongkongan. Hal ini terjadi ketika sfingter esofagus bagian bawah, yang merupakan jenis katup antara kerongkongan dan perut tidak bekerja dengan benar. Ketika katup tidak menutup erat, isi muntahan dari perut, umumnya mengandung asam dan pepsin, enzim yang dimulai pencernaan protein dalam lambung, mendorong ke kerongkongan, dan kita bisa merasakan asam yang sangat tidak nyaman mencapai bagian belakang tenggorokan kita. Ini adalah ini, yang menyebabkan sensasi panas di dada.
Isi perut berada dalam lingkungan asam, sehingga makanan yang dicerna bisa dipecah untuk pencernaan. Jika waktu yang cukup telah berlalu sejak konsumsi makanan, isi lambung kembali ke kerongkongan, dengan sendawa asam seperti dalam kasus muntah, merujuk ke hubungan antara refluks asam dan napas tak sedap.

Bakteri dan enzim lainnya juga datang dari perut, bersama dengan asam, dan berkontribusi terhadap bau busuk. Bau yang tidak menyenangkan ini mencapai tenggorokan dan mulut yang menyebabkan napas tak sedap. Masalah semakin diperparah ketika kita makan bawang merah, bawang putih atau makanan pedas. Bau mulut karena refluks asam lebih sulit untuk dikontrol, maka satu-satunya cara untuk menghalau napas tak sedap karena refluks asam, adalah menyingkirkan sepenuhnya kondisi ini.

Ketika seseorang menderita refluks asam, isi lambung yang bersifat asam secara alami, berulang kali masuk bersentuhan dengan lapisan halus kerongkongan. Ketika ini terjadi, selama periode waktu tertentu, lapisan esofagus akan rusak. Karena kontak terus-menerus dari cairan asam, jaringan lapisan tidak mendapatkan cukup waktu untuk menyembuhkan seluruhnya dan mengakibatkan jaringan mati. Jaringan yang mati ini terakumulasi dari waktu ke waktu dan menghasilkan bau yang tidak menyenangkan, yang pada gilirannya menghasilkan napas tak sedap.
Nah seperti itulah prosesnya mengerikan bukan? dan ini adalah masalah yang cukup serius kemungkinan sulit untuk anda obati. Nah sekarang apa yang bisa di lakukan untuk mengatasi asam refluks ini? Simak artikel yang di kutip dari alodokter.com
Adakah obat untuk mengatasinya?
Pengobatan penyakit asam lambung memiliki tahapan. Cara awal yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan mengganti menu makanan, yaitu beralih ke menu makanan yang rendah lemak dan bergizi. Tapi ketika perubahan menu makanan tidak berhasil, obat-obatan akan digunakan untuk meredakan gejala yang dirasakan.

Jika langkah pengobatan yang sudah dijalani masih belum berhasil, mungkin perlu dilakukan operasi untuk mengatasi GERD. Bagi penderita yang mengalami penyakit asam lambung secara kambuhan, mungkin perlu diberikan dosis obat untuk jangka panjang.

Beberapa obat alami lainnya untuk mengatasi bau mulut akibat dari asam lambung, adalah mengkonsumsi ekstrak kulit jeruk, biji adas dan peterseli. Mengunyah adas juga dikatakan menyembuhkan napas tak sedap. Apapun obat alami yang akan Anda gunakan, berkonsultasilah dengan dokter ahli sebelum menggunakannya.
Tambahan dari saya adalah ketika selesai makan, cobalah untuk duduk dalam waktu beberapa waktu. Kenapa? Setelah makan, tentu saja asam lambung (HCL) akan di produksi oleh tubuh dan akan mencerna makanan. Apabila setelah makan kita langsung baring atau tidur, maka asam lambung dapat mengenai klep penutup atas (batas antara krongkongan dan lambung). Mengingat Konsentrasi asam lambung ini sangat tinggi sekali yaitu sekitar 1,7 – 2 Molal akan mudah merusak bagian tubuh di luar lambung. Untuk konsetrasi 2 Molal secara nyata itu akan mudah melelehkan besi, apalagi apabila berada di dalam tubuh? Hiiii.. Sangat megerikan bukan? Ini juga merupakan anjuran dari Nabi SAW agar setelah makan untuk tidak langsung tidur atau mandi.

Demikian artikel kail ini, semoga dapat bermanfaat. Baca juga artikel “Apakah gara gara klep lambung bocor?

Lambung dan asam refluks penyebab bau nafas | admin | 4.5