Informasi Kesehatan dengan Sumber yang Akurat

Thursday

Tips menjaga tubuh sehat dan terbebas dari penyakit

Tips menjaga tubuh sehat dan terbebas dari penyakit
tips menjaga tubuh sehat

Tips menjaga tubuh sehat dan terbebas dari penyakit - Memiliki tubuh yang sehat dan tidak berpenyakit adalah dambaan di setiap orang. Siapa sih yang tidak ingin hidup sehat? Gak ada kan? Yang pastinya dengan hidup sehat kita lebih mudah tersenyum dan bahagia bersama dengan orang yang kita sayangi. tidak hanya kita saja yang bahagia juga orang yang sayang dengan kita juga ikut bahagia.

Tidak terbayang Jika sakit parah, orang lain pasti ikut repot, sedih juga melihat kita sakit belum biaya yang pasti banyak dikeluarkan. ketika sakit hanya ada dua pilihan apalagi kalau sakitnya parah sekali; pilihan pertama adalah sehat dan kembali bersama keluarga dan kedua adalah sakit dan kembali ke Rahmatullah. Hehehehe

Ingat ya jangan sia siakan kesehatan anda. sehat itu harganya mahal lho? Apakah anda akan menjualnya dengan sakit? jangan ya.. sayang dengan tubuh kita. kita jaga kesehatan tubuh kita untuk orang yang sayang kepada kita, bukan siapa siapa lagi kok. Sehat memang mahal harganya akan tetapi yang sebenarnya adalah sakit itu yang jauh lebih mahal harganya.

Cara hidup sehat itu tidak sulit kok, yuk mari kita simak tips berikut ini;

  • 1. Makan makanan yang sehat

Kita juga sudah tahu bahwa di luar ada banyak sekali makanan yang beredar entah itu makanan yang layak makan ataupun Makanan layak untuk di buang. Jika kita ingin hidup sehat untuk memilih makanan yang sehat adalah hal yang wajib Anda lakukan. Memilih makanan pada produk yang terpercaya dan tentunya memilih makanan yang sehat dan higenis

  • 2. Minum minuman yang sehat

Tidaklah seperti halnya makanan minuman fast food juga ada sangat banyak sekali bertebaran di luar. Dijual dengan harga murah dengan berbagai rasa. Pilihan ada di tangan anda. jika anda ingin hidup sehat pilihlah minuman yang berkualitas. sebenarnya minum air putih itu lebih baik daripada minum softdrink yang memiliki bahan campuran kimia. Boleh meminum minuman softdrink tapi jangan terlalu sering atau berterusan.
  • 3. Hindari pewarna

Tidak bisa kita menghindari makanan yang mengandung pewarna. Makanan yang mengandung pewarna buatan tentunya itu adalah dari bahan kimia. Jika dikonsumsi terus menerus bisa menyebabkan hiperaktivitas. Hiperaktivitas adalah suatu kondisi di mana anak mengalami kesulitan untuk memusatkan perhatian dan mengontrol perilaku mereka. 

  • 4. Hindari MSG

Untuk yang satu ini tentunya kita semua tidak pernah bisa lepas. Sepertinya hampir semua makanan yang ada saat ini mengandung MSG. Oleh karena itu mungkin sulit untuk menghindarinya. Jadi bagaimana? caranya adalah boleh mengkonsumsi tapi jangan terlalu berlebihan. Asam glutamat dan gamma-asam aminobutrat mempengaruhi transmisi signal didalam otak. Asam glutamat meningkatkan transmisi signal dalam otak, sementara gamma-asam aminobutrat menurunkannya. Oleh karenanya, mengkonsumsi MSG berlebihan pada beberapa individu dapat merusak kesetimbangan antara peningkatan dan penurunan transmisi signal dalam otak 

  • 5. Hindari CO2, CO dan merokok

Coba kita lihat mesin saja menghirup oksigen atau O2, masa kita menghirup karbon sih yang berbahaya untuk tubuh kita? Mesin mobil, mesin motor, mesin bakar dan lain lain tidak akan hidup jika tidak diberi oksigen. kenapa? Manusia juga demikian, Jika anda masih menghirup karbondioksida lama lama akan menjadi penyakit. Sayang kan? mungkin ini sudah terlalu umum dan kita semua juga tahu CO2 dapat merusak tubuh kita. Tips pertama yaitu ketika berada di luar atau di jalan gunakan helm dan masker. Tindakan bijaksana jika anda perokok maka Berhentilah merokok. Agar penyakit anda tidak semakin parah. Baca juga merokok dapat menyebabkan bau mulut

  • 6. Olahraga walaupun kecil

Tubuh jika lama tidak digerakkan bisa menyebabkan kaku. untuk melenturkan kembali maka olahraga adalah cara yang terbaik. Lakukanlah olahraga setiap hari di waktu kosong ada di rumah. Walaupun olahraga yang Anda lakukan kecil kecilan. Berjalan kaki atau lari lari kecil itu sudah cukup. Manfaat olahraga adalah olahraga dapat melancarkan peredaran darah, sirkulasi darah dalam tubuh serta membuat tulang tidak kaku, menyehatkan jantung dan organ tubuh lainnya. Ketika kita berlari lari kecil kita akan membutuhkan banyak energi, komponen pembentuk energi adalah oksigen, jantung akan memompa darah lebih cepat kemudian nafas kita juga cepat disebabkan kita membutuhkan banyak oksigen.

Oksigen akan masuk ke dalam paru paru dan masuk ke dalam darah dibawa oleh darah menuju pada sel sel pada tubuh kita untuk membentuk energi. Ketika jantung memompa darah dengan kuat, menyebabkan darah mengalir dengan laju sehingga akan membawa kotoran kotoran / racun / bakteri yang ada di dalam darah lebih cepat dan di saring di dalam ginjal. Kejadian ini secara otomatis dan alami terjadinya. Semua saling berkaitan dalam menyehatkan tubuh, makanya olahraga dapat menyehatkan tubuh serta organ organ vital tubuh kita.
  • 7. Minum madu

Madu adalah makanan yang sangat bermanfaat sekali dalam kesehatan tubuh kita. Entah itu untuk kesehatan di luar ataupun kesehatan di dalam tubuh. Madu dapat mendetoks atau menyaring kembali zat zat yang kurang baik / racun didalam tubuh kemudian dibuangnya. madu juga mengandung antiseptik yang sangat baik. sudah banyak yang membuktikan bahwa madu dapat bekerja dengan baik dan sangat bermanfaat untuk tubuh kita semua. Coba saja anda rutin mengkonsumsi 1 botol madu dalam waktu 1 minggu dan rasakan perbedaannya. Baca juga : ampuh bin mujarab madu bebaskan segala penyakit

  • 8. Minum air putih

Air putih ternyata sangat baik untuk kesehatan dalam tubuh kita. kita selalu disarankan oleh dokter untuk meminum air 2 liter setiap hari. ketika kita makan, makanan tersebut akan dipecahkan oleh enzim yang ada di dalam tubuh kita. Kemudian makanan tersebut dicerna oleh usus kita dan diambil zat zat kandungan dari makanan tersebut, misalnya adalah karbohidrat, vitamin, zat besi, magnesium, kalsium dan lain sebagainya.

Begitu juga dengan adanya air. air juga diserap oleh tubuh masuk ke dalam darah. Semakin banyak kita minum air maka darah kita akan semakin encer. Ini sangat bagus untuk peredaran darah. Zat yang kental akan lebih lambat mengalir dari pada zat cair seperti itulah perumpamaannya. ketika darah lancar mengalir kemudian darah membawa racun/ kotoran untuk disaring di ginjal. kemudian kotoran tersebut atau racun tersebut di buang melalui urine. Orang yang sering minum air putih makan sering BAK. Biasanya air urine akan berwarna bening. Sebaiknya orang yang jarang minum air putih makan jarang BAK. Biasanya air liurnya akan berwarna kuning.

Baca juga : Beberapa makanan yang menghilangkan bau mulut

Menjaga tubuh sehat adalah keinginan kita semua. Kenapa kita tidak bisa / sulit menjaga kesehatan kita? Karena kita memiliki kebiasaan yang buruk. Oleh karena itu mau tidak mau untuk Anda agar hidup sehat sebaiknya anda meninggalkan kebiasaan buruk di ganti dengan kebiasaan yang baik. Lebih baik mencegah daripada mengobati itu adalah penting. Mencegah itu lebih mudah daripada harus mengobati.

Ketika anda sakit pastinya anda akan menyesal kenapa tidak menjaga kesehatan. Untuk itu agar Anda tidak menyesal di kemudian hari mari kita menjaga kesehatan kita dari sekarang agar terbebas dari penyakit di kemudian hari.Mari baca artikel Kenapa kita sakit, bagaimana menghindari sakit? ternyata cuma 3 ini biangkeroknya!! agar anda bisa mencegah ketiga biangkeroknya tersebut sebelum terlambat^^

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips menjaga tubuh sehat dan terbebas dari penyakit