Begini cara MAG menyebabkan bau nafas

Penyakit MAG dapat menyebabkan bau nafas
MAG

Begini cara MAG menyebabkan bau nafas – Penyakit mag sangat umum kita dengar di masyarakat. Penyakit ini juga tidak jarang di derita pada anak-anak, terutama anak kosan yang sering melupakan makan. Penyakit mag ini sangat berbahaya apabila di biarkan begitu saja. Akan banyak hal dan komplikasi yang di timbulkan apabila meremehkan penyakit mag ini.

Secara umum penyebab MAG adalah Bakteri helicobacter pylori (H. pylori) dan yang kedua adalah penggunaan obat anti inflamasi non steroid (OAINS), seperti aspirin, piroxicam, ibuprofen, meloxicam, celecoxib, trisalicylate dll dalam waktu yang cukup panjang. Selain itu tidak jarang juga akibat telat makan dapat menyebabkan MAG.

Dalam artikel ini yang akan di bahas adalah mengenai terbentuknya bau mulut dalam penyakit MAG.

H. Pylori merupakan bakteri gram negatif berbentuk spiral yang hidupnya pada bagian gastrum antrum. Bakteri ini bersifat patogen. H. Pylori menghasilkan sitotoksin yang dapat memecah pertahanan mukus kemudian menempel di sel epitel lambung atau usus 12 jari.

Mukus ini berfungsi untuk melindungi dinding lambung dari konsentrasi HCL yang cukup tinggi di dalam lambung. Akibat setelah di rusak bakteri ini, maka asam lambung dapat merusak lapisan dinding lambung atau mengelupas dinding lambung hingga menyebabkan tukak lambung (luka terbuka) dan dapat mengeluarkan darah serta rasa sakit

Bakteri ini mengalami adaptasi untuk dapat hidup dalam mukus lambung yang bersuasana asam kuat (pH asam lambung berkisar antara 1,7-2,O) dengan cara menghasilkan enzim urease yang sangat kuat dan akan memecahkan urea yang ada dalam mukus lambung menjadi amonia dan bikarbonat yang bersifat busa2. Sel bakteri H. pylori akan diliputi awan amonia yang terbentuk sehingga dapat bertahan hidup dalam suasana asam

Bakteri ini berasal dari makanan, air, benda yang terinfeksi bakteri ini dan kontak dengan cairan tubuh orang penderita secara langsung.

Nah bagaimana bakteri ini bisa menyebabkan bau mulut? Bau yang di hasilkan adalah dari amonia yang terbentuk.

Dikutip dari wikipedia.org Amonia adalah senyawa kimia dengan rumus NH3. Biasanya senyawa ini didapati berupa gas dengan bau tajam yang khas (disebut bau amonia). Walaupun amonia memiliki sumbangan penting bagi keberadaan nutrisi di bumi, amonia sendiri adalah senyawa kaustik dan dapat merusak kesehatan.

Meskipun di dalam lambung banyak terbentuk Amonia, akan tetapi antara esofagus dan lambung memiliki katup atau batas yang tertutup sehingga gas-gas yang terbentuk di dalam lambung tidak keluar melalui esofagus. Apabila bau amonia ini keluar, apakah ini ciri-ciri klep lambung bocor?

So sampai disini sudah tau kan bagaimana penyakit mag dapat menyebabkan bau nafas? Nah seperti itulah proses bau mulut yang berasal dari penyakit MAG. Dan lagi lagi ini di sebabkan oleh bakteri. Masih ada lagi beberapa bakteri penyebab bau mulut dapat anda baca disini. Sekian dan Terimakasih

Begini cara MAG menyebabkan bau nafas | admin | 4.5