Biaya Operasi Amandel

Biaya Operasi Amandel

Sebelum melakukan pengangkatan atau operasi amandel tentu saja harus tahu dahulu berapa biaya nya yang harus di perlukan agar dapat di persiapkan dengan mudah. Amandel memang masih menjadi masalah yang cukup serius yang menyebabkan bau mulut. Letaknya yang cukup jauh di dalam leher sehingga sulit di jangkau sikat gigi untuk di bersihkan. Walaupun dapat di jangkau namun itu hanyalah bagian ujung jari saja.

Anda juga dapat memasukkan kain untuk mengelap amandel dari lendir yang berbau, akan tetapi ini hanya bagian yang terluarnya saja. Masih ada juga bagian dalam yang harus di bersihkan. Trik seperti yang pernah di tulis disini dalam artikel “Batu tonsil tidak bisa hilang bagaimana?” yaitu dengan menyemprotkan air bertekanan di amandel agar dapat mengeluarkan semua isinya. Akan tetapi cara ini dapat membuat sakit pada amandel, rasa sakit ini juga akan anda rasakan ketika tekanan itu mengenai amandel anda. Meskipun dapat mengeluarkan batu tonsil yang berada di permukaan amandel, untuk membersihkan secara menyeluruh masih terbilang sulit. Kita juga harus menahan sakit akibat semprotan air tersebut

Setelah habis semua batu tonsil yang menyangkut di dalam amandel, akan tetapi bau nafas masih juga keluar? Apa masalahnya? Hal ini juga pernah di tulis di dalam artikel “Batu tonsil sudah hilang, tapi Amandel masih bau busuk?” Apabila memang amandel anda yang menjadi penyebab bau mulut anda, melakukan pembedahan alias pengangkatan adalah jalan yang terbaik. Dengan melakukan operasi, bau busuk pada amandel akan ikut lepas bersama amandel sehingga akan merasakan rasa yang membebaskan.

Berikut ini adalah indikasi sebagai rujukan dokter untuk mengoperasi amandel :

  • Pembesaran amandel yang mengakibatkan penutupan jalan nafas, nyeri di tenggorokan hebat, gangguan tidur atau komplikasi jantung-paru.
  • Abses (nanah) di dalam amandel yang tak membaik dengan pengobatan,
  • Tonsillitis/radang amandel yg mengakibatkan kejang demam
  • Radang amandel berulang ( lebih dari 3 kali dalam satu tahun) walapun telah dilakukan pengobatan optimal.
  • Bau mulut dan nafas yang diakibatkan oleh radang amandel berulang dan tidak beresopon baik dengan pengobatan.
  • Tonsillitis yang disebabkan kuman streptococcus yang tidak berespon baik dengan pengobatan
  • Pembesaran amandel 1 sisi yang dicurigai suatu keganasan.

Berdasarkan data di atas, Amandel anda boleh di operasi apabila menyebabkan bau mulut yang berkepanjangan. Sekarang yang perlu di ketahui adalah, berapa biaya operasi amandel?

Biaya operasi amandel sangat beragam. Ada beberapa teknik yang di gunakan di dalam operasi amandel. Perbedaan cara kerja teknik ini membuat harga yang berbeda beda pula.

Berikut teknik operasi amandel
1. Teknik Guillotine
2. Teknik Diseksi
3. Teknik Elektrokauter
4. Teknik Microderider
5. Teknik Radiofrekuensi
6. Teknik Thermal welding

Penjelasan dan cara kerja teknik operasi amandel baca di “Teknik2 dalam operasi amandel

Umumnya teknik yang di gunakan di rumah sakit Indonesia adalah teknik diseksi. Yaitu memotong amandel dari jaringan pengikatnya dengan pisau. Teknik sederhana dan biaya yang cukup murah. Biayanya sekitar 6 juta rupiah di luar obat dan perawatan medis. Jadi diperkirakan membutuhkan dana sekitar 6-8 jutaan rupiah untuk total operasi amandel. Adapun biaya operasi dengan teknik radiofrekuensi yang penyembuhan lebih cepat dapat dilihat disini

Besar biaya ini di ambil dari rumah sakit Awal bross tidak jauh beda juga di rumah sakit Eka hospital. Perbedaan wilayah dan juga beda dokter yang menangani mungkin bisa membedakan jumlah biaya operasi amandel ini.

Biaya Operasi Amandel | admin | 4.5