10 Cara menggosok gigi yang benar

10 Cara menggosok gigi yang benar
Gosok Gigi

Cara menggosok gigi yang benar – Mulut adalah bagian utama yang harus kita jaga. Dimana ketika berinteraksi dengan orang di sekitar mulutlah yang pertama menyapa. Orang akan melihat kita berbicara dan melihat keadaan gigi kita. Apabila gigi kita bagus, putih dan bersih serta mengeluarkan bau yang segar tentu saja akan membuat kita merasa lebih percaya diri serta nyaman

Ketika kita sudah menggosok gigi tetapi ada merasa tidak mendapatkan hasil yang maksimal membuat kita tidak percaya diri. Hal ini terjadi karena ketidak tahuan kita dalam melakukannya. Seperti yang kita tahu, menyikat gigi adalah kebiasaan yang setiap hari kita lakukan. Dimana apabila kita salah dalam melakukannya dalam jangka waktu yang lama dapat menyababkan kerusakan gigi dan gusi di dalam mulut. Ini sangat berbahaya sekali apabila terus di biarkan

Waktu

Sebelum melakukan bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar akan lebih baik lagi kita perlu tahu kapan kita harus melakukan sikat gigi? Meskipun tidak ada aturan baku akan tetapi berdasarkan informasi kesehatan waktu yang paling tepat untuk menggosok gigi adalah sebelum tidur dan setelah bangun tidur.

Adapun alasan yang penting untuk kita ketahui bersama mengenai hal ini adalah apabila kita melakukan sikat gigi sebelum tidur, sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi akan dapat di bersihkan semua sehingga tidak terjadi plak dan karang gigi.

Bukan hanya itu saja, ketika tidur dalam keadaan mulut bersih akan menjaga kesehatan gigi dan gusi dari serangan berbagai jenis penyakit, sebut sajalah sakit gigi atau gigi berlubang, gingivitis, bau mulut, kanker gigi, gusi bengkak dan lain sebagainya

Gigi kotor pada malam hari lebih rentan terserang penyakit dimana tidak ada antiseptic yang bekerja membunuh bakteri sehingga bakteri mudah berkembang biak dalam jumlah yang besar. Hal ini menjadikan resiko untuk terserang penyakit mulut menjadi lebih besar.

Ketika pagi hari kita juga harus menggosok gigi agar dapat membersihkan bakteri yang berkembang biak saat tidur. Meskipun kita sudah menggosok gigi sebelum tidur, akan tetapi bakteri masih saja bisa berkembangbiak. Hal ini di sebabkan ketika kita tidur mulut menjadi kering sehingga bakteri mudah berkembang biak. Adapun alasan kenapa rajin gosok gigi setiap hari tapi gigi masih berlubang ? dapat anda baca disini.

Alat dan bahan

Perlu kita perhatikan dalam memilih produk kesehatan untuk gigi. Berikut tips-tips dan penjelasannya :

  • 1.    Sikat gigi
10 Cara menggosok gigi yang benar

Ada berbagai macam jenis sikat gigi yang di jual di pasaran. Hal ini membuat kita dapat memilih mana yang kita sukai dari bentuknya atau warnanya. Akan tetapi memilih sikat gigi yang tepat bukan dilihat dari bentuk dan warnanya.

Pilihan terbaik memilih sikat gigi adalah bagian sikat yang lembut dan ujungnya tidak rata. Sikat yang lembut dan ujungnya tidak rata akan memudahkan masuk kedalam sela-sela gigi. Hal ini akan membersihkan gigi lebih maksimal dalam waktu yang singkat.

Keuntungan lainnya yang di dapat denga menggunakan sikat gigi yang lembut adalah melindungi email gigi agar tidak mudah terkikis, merawat gusi agar tidak luka atau iritasi, merawat langit-langit agar tidak luka, menyikat lebih banyak bagian gigi.

Hindari memilih sikat yang keras, karena dapat mengikis email gigi lebih cepat serta dapat membuat iritasi pada gusi. Hal ini dapat mempercepat kerusakan organ yang ada di dalam mulut.

  • 2.    Pasta gigi
10 Cara menggosok gigi yang benar

Seperti halnya sikat gigi, pasta gigi juga ada sangat banyak yang di jual di pasaran. Kita juga dapat memilih mana yang kita sukai. Mungkin kandugan rasa, kesegaran dan harga yang murah menjadi pilihan. Akan tetapi hal yang perlu di perhatikan di sini adalah kandungan yang ada di dalam pasta gigi yaitu flouride.

Flouride merupakan mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan gigi. Ketika kita mengkonsumsi bahan makanan yang banyak mengandung gula dan pati, menyebabkan bakteri mudah berkembang biak di gigi. Disinilah peran dari Flouride akan membantu melindungi gigi dari bakteri tersebut.

Manfaat fluoride pada gigi kita adalah melindungi gigi dari asam di dalam mulut. Asam ini bisa di sebabkan oleh makanan, ataupun dari bakteri yang berkembangbiak dimulut. Sisa-sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi kita juga dapat di urai bakteri menjadi asam. Hal ini akan menambah cepat rusaknya gigi. Nah fluoride akan membuat enamel gigi menjadi lebih kuat dan memberikan melindungi dari sengatan asam.

  • 3.    Obat kumur
10 Cara menggosok gigi yang benar

Sebagian kita juga pernah menggunakan obat kumur, sebagian juga tidak. Memang ada banyak obat kumur yang ada di pasaran. Dalam merawat gigi tidak ada salahnya untuk menggunakan obat kumur ini agar dapat membersihkan gigi 2 kali lipat. Hal ini disebabkan karena dengan berkumur dapat menjangkau seluruh bagian sela-sela gigi sehingga dapat memberikan keberihan mulut optimal.

Adapun kandungan yang perlu di perhatikan dalam obat kumur adalah antibakteri, fluoride, tidak mengandung pewarna dan mengandung penyegar mulut atau rasa mint.

Langkah kerja

Berikut ini ada cara yang penting untuk kita ketahui dalam menggosok gigi agar mendapatkan hasil yang maksimal dan menjadikan gigi putih bersih dan meningkatkan percaya diri :

  • 1.    Penggunaan Pasta

Pertama kali sebelum menggosok gigi adalah meletakkan pasta gigi di atas sikat. Gunakan pasta secukupnya saja. untuk orang dewasa anda bisa mengeluarkan pasta sepanjang sikat gigi. sedangkan untuk anak kecil, ambil sebesar biji jagung saja agar tidak terlalu berlebihan

  • 2.    Meratakan pasta

Masukkan brus gigi bersama pasta gigi kedalam mulut. Agar pasta tidak menempel di satu bagian saja, cobalah ratakan terlebih dahulu di bagiain gigi sebelah kanan dan juga di sebelah kiri. Gosok perlahah-lahan agar pasta menempel di seluruh permukaan gigi.

  • 3.    Gerakan menggosok

Setelah pasta rata berada di seluruh gigi sekarang saatnya untuk menggosok gigi yang tepat. Pertama bagian belakang gigi atau gigi graham bagian sampingnya, anda gosok secara vertical (naik-turun) dengan memiringkan sikat gigi 45 derjat.

10 Cara menggosok gigi yang benar 

Untuk gigi tepi bagian atas anda gunakan gerakan satu arah saja, arah menurun. Dengan mengarahkan sikat gigi miring 45 derajat bagian tepi sikat gigi yang akan memberisihkan area graham atas. Lakukan juga untuk gigi tepi bagian bawah. Anda gunakan gerakan satu arah saja, arah keatas. Dengan mengarahkan sikat gigi miring 45 derajat bagian tepi sikat gigi ini yang akan membersihkan area graham bawah tersebut.

Ini juga anda lakukan pada bagian gigi sebelahnya. Jika di atas tadi adalah bagian kanan, maka anda lakukan juga pada bagian kirinya serta lakukan bagian gigi depan. Lakukan dalam tempo yang santai saja, jangan terburu-buru dan jangan terlalu keras menekan sikat ke gigi agar tidak melukai gusi atau mengikis detin gigi.

  • 4.    Gosok keseluruhan
10 Cara menggosok gigi yang benar

Setelah menggosok gigi secara keseluruhan, bagian kanan, bagian depan dan bagian kiri selanjutnya adalah bagian atas gigi atau permukaan gigi dan bagian belakang gigi. Bagian atas atau permukaan gigi adalah gigi graham atas dan gigi graham bawah. Untuk bagian belakang gigi adalah gigi depan atas dan gigi depan bawah. Ini berfungsi untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang menyangkut di atas gigi graham dan mencegah plak di belakang gigi.

Untuk menggosok bagian ini, anda cukup menggerakkan maju dan mundur saja sampai di perkirakan waktu yang cukup.

  • 5.    Gosok dengan memutar-mutar

Setelah selesai menggosok bagian keseluruhan gigi, selanjutnya adalah membilas gosokan dengan gerakan memutar-mutar, anda bisa menerapkan di seluruh permukaan gigi.

  • 6.    Gosok langi-langit dan lidah

Gosok pada bagian langit-langit mulut anda agar dapat di bersihkan secara menyeluruh. Gosok secara perlahan dan jangan terlalu keras atau menekan terlalu kuat karena dapat melukai kulit langit-langit anda

Terakhir, jangan lupa untuk menggosok lidah. Pada bagian permukan lidah ini banyak sisa-sisa makanan yang menempel. Gosok secara perlahan hingga sampai ke pangkal lidah. Jangan di paksa sampai terasa ingin muntah. Setelah lidah di gosok akan terlihat lebih bersih dan segar. Ini dapat anda lihat di cermin setelah selesai menyikatnya.

  • 7.    Bersihkan semua busa

Setelah selesai menggosok seluruh bagian gigi, lidah dah mulut sekarang saatnya buang semua busa dengan meludahkannya. Ambilah air untuk berkumur. Berihkan semua busa yang ada di dalam mulut dengan berkumur beberapa kali.

  • 8.    Gunakan Floss

Ketika anda ingin mendapatkan gigi yang bersih maksimal, sebaiknya anda menggunaan flossing agar dapat mencegah terbentuknya plak pada sela-sela gigi. Beberapa bagian di dalam gigi yang tidak rata membuat sulit untuk di jangkau sikat gigi sehingga mengharuskan flossing untuk membersihkannya. Caranya mudah saja, ambil flossing atau benang gigi lalu masukkan ke sela-sela gigi anda yang dapat di jangkau. Lakukan perlahan sampai kira-kira bersih

  • 9.    Gunakan obat kumur (optional)

Tidak ada keharusan untuk menggunakan obat kumur akan tetapi apabila anda ingin menggunakannya, akan lebih baik. Karena dapat membersihkan mulut secara keseluruhan. Dimana bagian yang tidak dapat di jangkau sikat gigi dan flossing akan dapat di bilasnya.

Ambilah obat kumur secukupnya dan kumur dalam beberapa detik. Lalu setelah merasa cukup keluarkan semua obat kumur dari mulut. Rasa mint dan mentol akan menyegarkan nafas anda dan sensasi sejuk di mulut.

  • 10.    Gunakan cemin (optional)

Ini hanyalah sebuah tips saja ketika menggosok gigi. Gunakan cermin untuk memudahkan melihat bagian-bagian gigi sehingga bisa memeperhatikan yang di gosok. Ketika anda menggunakan floss, cermin akan memudahkan anda menemukan plak yang melekat pada gigi sehingga bisa membersihkan lebih maksimal

Larangan

Adapun larangan dalam perawatan mulut adalah jangan pernah meminjamkan sikat gigi anda pada orang lain. Pada sikat gigi terdapat bakteri masing-masing yang dapat berpindah dari tempat ke tempat. Apabila sikat gigi di gunakan secara bersama-sama, bakteri akan dapat berpindah dari mulut ke mulut.

Hal ini dikhawatirkan akan adanya penyakit menular yang dapat di tularkan melalui sikat gigi tersebut. Jadi sebaiknya anda tidak menggunakan sikat gigi milik orang lain dan anda tidak meminjamkan sikat gigi anda ke orang lain. Ingat penyakit yang di sebabkan oleh virus dapat di tularkan melalui sikat gigi. Seperti HIV dan AIDS

Nah itulah beberapa cara menyikat gigi dengan baik dan benar. Dengan seperti ini akan membersihkan gigi secara menyeluruh sehingga tidak lagi ada kuman yang tersisa di mulut. Seperti anjuran di atas, lakukanlah sikat gigi 2 kali sehari. Sebelum tidur dan setelah bangun tidur agar dapat merawat gigi dan sehat lebih lama.

Ingat sakit gigi itu rasanya sakit lho..!! Apalagi sakit gusi rasanya 2 kali lebih sakit dan lebih parah serta lebih sulit pengobatanya. Coba baca disini 17 cara menghilangkan sakit gigi sampai keakar-akarnya. Semoga dapat bermanfaat…

10 Cara menggosok gigi yang benar | admin | 4.5