10 cara mengobati amandel secara alami

10 cara mengobati amandel secara alami

Banyak cara yang bisa di gunakan untuk mengobati amandel dan mengempeskan amandel yang membesar. Mulai dari bahan-bahan tradisional, bahan-bahan yang alami hingga pada obat-obatan medis yang di peroleh deri dokter. Kali ini admin akan berbagi sedikit bagaimana cara mengobati amandel dengan sederhana dan efektif.

Sebelum mengobati amandel, alangkah baiknya terlebih dahulu tahu kenapa amandel meradang dan mebengkak hingga menutupi saluran pernafasan sekali gus menutupi saluran untuk makan. Penyebab utama amandel meradang adalah akibat dari infeksi oleh kuman dan virus. Makanan yang tidak higenis dapat memiliki lebih banyak kuman yang akan masuk kedalam tubuh. Kuman-kuman ini di saring oleh amandel. Udara yang kotor dapat menjadi tempat berkumpulya para virus-virus dan dapat masuk ke dalam pernafasan manusia ketika bernafas. Virus-virus ini akan di tahan oleh amandel agar tidak masuk ke dalam paru-paru.

Akan tetapi suatu ketika amandel juga dapat lelah, kelelahan akhirnya tidak dapat menyaring lagi kuman-kuman yang masuk. Dan amandel juga dapat di serang oleh bakteri-bakteri jahat tersebut sehingga dapat meradang. Amandel yang membengkak dapat di kerutkan dengan alternatif ramuan alami ini

Penyakit amandel yang diakibatkan oleh amandel biasanya disebabkan oleh virus pilek, misalnya adalah seperti adenovirus, influenza, rhinovirus, RSV serra coronavirus. Dan bukan hanya virus pilek, penyakit amandel yang bisa saja diakibatkan oleh penyakit herpes simpleks, dan lainnya.

Penyakit amandel yang diakibatkan oleh bakteri biasanya adalah gabhis, selain itu Staphylococcus aereus, Mycoplasma pneumonia, pertusis, difetri, gonore, sifilis dan lainnya.

Berikut ini adalah cara-cara alami mudah di temui yang dapat di gunakan untuk mengecilkan amandel seperti semula :

Jeruk nipis dan lemon

Jeruk nipis sudah di percaya sejak jaman dahulu untuk di jadikan obat tenggorokan dan berbagai penyakit lainya. Buah ini mudah di temui di pasaran dan harga yang sangat murah meriah. Buah ini terasa sedikit asam, banyak mengandung senyawa kimia yang alami. Rasa asam ini dapat menciutkan pori-pori amandel dan amandel akan segera mengecil. Jeruk niipis ataupun lemon dapat di konsumsi dalam bentuk jus.

Air putih

Air Mineral adalah minuman yang sangat alami dan sangat di butuhkan oleh manusia. Mengkonsumsi air mineral dengan dengan rutin dapat menyembuhkan amandel. Air secara alami akan dapat mengencerkan kekentalan yang ada di dalam darah, sehingga darah dapat mengalir lebih cepat membawa kuman-kuman dan di buang melalui urin ataupun keringat

Madu

Cairan alami yang memiliki ribuan khasiat untuk segala jenis penyakit, adalah madu namanya. Tidak terkecuali untuk mengatasi amandel. Madu mengandung antiseptic alami yang dapat di gunakan untuk membunuh kuman yang ada di dalam amandel. Cobalah konsumsi madu secara rutin setiap hari. Selain anda mengobati amandel, anda juga akan mendapatkan khasiat lainnya dalam sekali gus.

Garam

Garam dapat di jadikan anti bakteri yang alami. Berkumur dengan garam secara rutin dapat membantu membunuh bakteri-bakteri yang ada di amandel. Garam mudah di temui di pasaran dengan harga yang cukup murah. Silakan coba untuk berkumur dan sebaiknya gunakan air hangat.

Daun sirih

Rebusan daun sirih dipercaya banyak orang berkhasiat dalam menyembuhkan amandel yang membengkak. Hal ini juga sudah pernah di tulis pada artikel “Alternatif alami kerutkan amandel”. Ambilah daun sirih, lalu cuci dengan bersih terlebih dahulu. Setelah itu di rebus sampai airnya berubah warna. Air itu di jadikan untuk berkumur setiap hari. Akan menjadi lebih baik, apabila air rebusan daun sirih ini di campur dengan garam. Agar menjadi lebih kuat dalam mengatasi radang amandel

Kapur sirih

Kapur terbuat dari batuan karang yang dibakar menjadi abu berwarna putih. Proses pembuatan kapur sirih cukup sulit dan biasanya dilakukan di daerah pesisir pantai di mana banyak ditemukan bahan bakunya di sana. Kapur sirih mengandung banyak kalsium. Oleh sebab itu banyak manfaat yang bisa diambil dengan menggunakan kapur sirih, khususnya untuk kesehatan.

Kapur sirih ini dapat di jadikan untuk mengobati radang tenggorokan. Yaitu dengan mencampurkan sedikit kapur sirih + perasan jeruk + madu + garam. Aduk dengan rata, lalu di saring. Setelah itu diminum sebelum tidur secara rutin.

Habatussauda

Jinten hitam merupakan salah satu obat yang dapat mengatasi berbagai penyakit kecuali mati. Dalam riwayat hadist nabi SAW, bahwasanya ini adalah anjuran dari rasulullah. Habatusauda sangat mudah di jumpai di toko-toko, anda dapat membelinya dan cobalah konsumsi secara rutin

Cocor bebek

Cocor bebek ternyata dapat di jadikan untuk mengatasi radang amandel. Dalam cocor bebek mengandung zat antiseptic alami dan juga zat anti radang sehingga ini mampu untuk melawan bakteri yang ada di amandel.

Cara menggunaakn cocor bebek adalah di tumbuk, atau di blender dapat di buat jus juga. Dan airnya itu di gunakan untuk berkumur, minimal lakukan selama 3 hari atau sampai sembuh

Mengkudu

Tahukan buah ini? Biasanya kalau sudah terlalu matang buah ini menjadi busuk. Buah ini juga jarang di konsumsi kecuali untuk obat. Mengkudu mengandung zat antibakteri yang dapat membunuh bakteri-bakteri jahat yang ada di amandel. Cara menggunakan adalah: cuci bersih terlebih dahulu, lalu di tumbuk atau di haluskan secukupnya saja. masukkan dalam wadah yang sudah ada air hangat + madu. Aduk rata dan minumlah dengan santai.

Daun sambiloto

Daun pahit ini sudah banyak yang tahu dan sangat berkhasiat sejak dahulu. Herbal satu ini memiliki banyak sekali kandungannya . Diantaranya mengandung laktone yang terdiri dari deoksiandrografolid, andrografolid (zat pahit), neoandrografolid, 14-deoksi-11-12-didehidroandrografolid, dan homoandrografolid. Juga terdapat flavonoid, alkane, keton, aldehid, mineral (kalium, kalsium, natrium), asam kersik, dan damar. Flavotioid diisolasi terbanyak dari akar, yaitu polimetoksiflavon, andrografin, pan.ikulin, mono-0- metilwithin, dan apigenin-7,4- dimetileter.

Sambiloto ini dapat di gunakan untuk pengobatan alami pada berbagai penyakit, termasuk amandel. Mungkin anda akan sulit menemukan daun ini di sekitar rumah, anda bisa membeli bubuk kering sambiloto yang di jual di pasaran. Untuk menjadikan obat caranya anda seduh terlebih dahulu dengan air panah, dinginkan sesaat, lalu campurkan dengan madu. Setelah itu minumlah secara rutin. Amandel dapat sembuh dengan alami

Beberapa bahan di atas menggunakan bahan campuran dengan madu. Madu memang sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan, obat herbal yang sangat terpercaya mengatasi berbagai penyakit. Karena banyaknya madu palsu yang sekarang di jual, Anda bisa membaca tips memilih madu murni.

Demikian artikel 10 cara mengobati amandel dengan cara yang alami. Pengobatan ini tidak bisa dalam waktu satu hari atau dua hari, akan tetapi butuh waktu dalam beberapa minggu atau beberapa bulan, akan tetapi cara yang alami ini sangat aman tidak akan menimbulkan efek samping. Sehingga kesehatan organ anda lainnya akan tetap terjaga.

Untuk mendapatkan effect yang lebih cepat, silakan kombinasikan dari beberapa cara di atas, dan di lakukan secara rutin setiap hari. Apabila anda mendapati amandel mengeluarkan bau yang busuk, anda bisa menghalau dengan 9 cara menghilangkan bau pada amandel. Silakan simak caranya. Terimakasih semoga bermanfaat

10 cara mengobati amandel secara alami | admin | 4.5