10 Manfaat buah pepaya untuk kesehatan

10 Manfaat buah papaya untuk kesehatan
manfaat buah pepaya

10 Manfaat buah pepaya untuk kesehatan – Tanaman pepaya ini sangat mudah di temui di hampir seluruh tanah air. Pertumbuhannya yang mudah sehingga dapat di tanam di mana saja. Tanaman ini sangat subur sekali di tanam pada iklim tropis seperti di indonesia. Asal buah ini berasal dari Amerika Tengah, kemudian menyebar ke berbagai belahan bumi lainnya. Tanaman pepaya memiliki nama latin Carica papaya, termasuk dalam keluarga Caricaceae.

Nah apa saja manfaat papaya untuk kesehatan kita? Simak bekut ini ringkasannya :

Kandungan

Adapun kandungan pepaya ini cukup banyak. Berikut ini adalah kandungan pepaya dan penjelasannya bagi kesehatan tubuh manusia.

  • 1. Mengandung Folat

Folat atau asam folat adalah vitamin yang larut didalam air. Folat ini berfungsi untuk memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia. Folat ini sangat penting untuk ibu hamil dimana akan menjaga janin tidak cacat lahir dan mencegah pada kelainan otak

  • 2. Mengandung Vitamin A

Sudah tidak asing lagi di telinga kita bawah vitamin A ini sanga bagus untuk kesehatan mata dan kesehatan kulit. Vit A adalah nutrisi yang paling penting untuk kecantikan terutama untuk mengencangkan kulit wajah. Sehingga pepaya sering di gunakan untuk masker kecantikan wajah. Kandungan vitamin A juga banyak terdapat pada buah alpukat yang banyak di manfaatkan untuk bidang kecantikan

  • 3. Mengandung Vitamin B

Vitamin B yang di kandung pada buah pepaya berfungsi untuk melancarkan proses pencernaan di dalam usus. Kandungan enzim pencernaan yaitu papain yang berfungsi untuk membantu pencernaan sehingga akan memudahkan BAB secara rutin. Ketika anda merasa susah BAB, cobalah mengkonsumsi pepaya dan rasakan manfaatnya.

  • 4. Mengandung Vitamin C

Vitamin C hampir ada di setiap buah-buahan akan tetapi hanya kadarnyalah yang membedakan. Vitamin C di dalam buah pepaya dapat dimanfaatkan untuk mempercepat penyembuhan luka, menyehatkan kulit, system kekebalan tubuh, mencegah penyakit jantung dan sebagai antioksidan alami. Buah lainnya seperti buah mangga juga kaya akan vitamin C yang cukup untuk kesehatan dan kecantikan kulit

  • 5. Mengandung Vitamin E

Kandungan vitamin E berguna untuk mengobati diabetes, mengencekan darah, mencegah kanker,  merawat kulit dan mengurangi bintik-bintik pada kulit.

  • 6. Mengandung Vitamin K

Berperan penting untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang, vitamin K yang di kandung oleh pepaya dapat mencegah osteoporosis pada tulang. Mengkonsumsi buah pepaya penting dalam mencukupi vitamin K alami di dalam tubuh.

  • 7. Mengandung Mineral

Kandungan mineral seperti magnesium, tembaga, kalsium, kalium bermanfaat untuk tubuh. Misalnya fungsi magnesium adalah mengobati tekanan darah tinggi, mencegah serangan jantung, asma, kram, diabetes, kesehatan tulang.

  • 8. Anti inflamasi dan antioksidan

Karoten, flavonoid, vitamin C dan asam pantotenat yang cukup tinggi dapat menjadi sebagai antioksidan di dalam tubuh. Anti inflamasi atau antiradang berfungsi untuk mencegah peradangan pada luka di dalam tubuh. Misalnya ada luka jerawat, maka anti inflamasi akan mengurangi peradangan akibat jerawat tersebut. sehingga jerawat lebih mudah sembuh. Begitu juga luka lainnya

Adapun Hypoallergenic yang di kandung dalam buah pir banyak di manfaatkan untuk industri kecantikan karena zat tersebut adalah anti alergi. Anda bisa mendapatkan secara murni dengan mengkonsumsinya langsung. Ketika anda alergi mengkonsumsi makanan tertentu, buah pir bisa di jadikan alternatif

  • 9. Menguatkan system kekebalan tubuh

Menjaga system imun merupakan salah satu fungsi dari vitamin A sedangkan pada vitamin C dapat mengatasi flu dan menambah system kekebalan di dalam tubuh. Kedua ini dapat bergabung menjadi lebih kuat dalam membuat system imun di dalam tubuh.

Hal ini di karenakan Senyawa alpa-beta karoten menghasilkan vitamin A cukup banyak di dalam tubuh sehingga dapat mencukupi menjadi system imun. Sehingga pepaya menjadi pilihan buah yang sehat untuk mencegah penyakit seperti infeksi, pilek, flu dan meredakan demam.

  • 10. Kandungan lainnya

Adapun beberapa senyawa lainnya yang di kandung buah pepaya yang merupakan nutrisi sangat penting untuk tubuh kita. Simak apa saja itu? Berikut penjelasannya :

=> Senyawa chymopapain
Enzim proteolitik chymopapain dan papain di dalam pepaya dapat berfungsi sebagai salep. Sehingga ini berguna untuk menyembuhkan luka bakar. Selain itu bermanfaat untuk mengobati ulkus dekubitus atau luka baring. Enzim papain sering di gunakan sebagai pelunak daging, sebagai obat cacing dan mengatasi gangguan pencernaan, mencegah wasir dan melancarkan BAB.

=> Karotenoid
Karotenoid adalah pigmen (warna) organic pada tumbuhan. Umum karetenoid ini di miliki semua tumbuhan dan buah-buahan yang bewarna oren layak halnya pepaya, misanlya tomat, semangka, jeruk, wortel, dll. Karoten ini ada dua pertama mengandung oksigen seperti Lutein, zeaxanthan sedangkan yang tidak mengandung oksigen seperti alfa karoten dan beta karoten

          – Alfa, beta karoten
Zat karoten adalah salah satu ciri khas yang dimiliki buah-buahan dan sayuran yang bewarna oren. Dimana zat ini akan di rubah tubuh menjadi vitamin A yang sangat bemanfaat untuk kesehatan mata dan kulit. Pepaya banyak mengandung vitamin A karena mengandung karoten ini

          – Lutein, zeaxanthan & lycopene
Zat ini berguna untuk mencegah mata katarak

Ringkasan

Manfaat buah pepaya memang sangat banyak dan sangat penting di butuhkan dalam tubuh kita. Mengkonsumsi pepaya setiap hari dapat menyehatkan kulit dan mencegah penuaan dini. Agar lebih mudah dalam memahami manfaat buah pepaya untukke sehatan tubuh kita , berikut ringkasannya

Secara ringkas manfaat buah pepaya adalah sebagai berikut :

  1. Mencegah wasir
  2. Menjaga kesehatan ginjal
  3. Menguatkan system imun
  4. Baik untuk penderita diabetes
  5. Mencegah penyakit jantung
  6. Melancarkan pencernaan
  7. Mencegah degenerasi manula
  8. Mempercepat penyembuhan luka
  9. Mencegah asma
  10. Mengurangi berat badan
  11. Mencegah katarak
  12. Menghaluskan kulit
  13. Mencerahkan wajah
  14. Menunda penuaan dini

Itulah sekilas tentang manfaat buah pepaya yang perlu kita ketahui untuk santapan buah kesehatan setiap hari. Di dalam dunia medis pepaya banyak di gunakan sebagai obat dan perawatan kecantikan. Sebagai perawatan kecantikan kulit pepaya dapat di jadikan masker wajah.

Anda bisa menempelkan lumatan daging pepaya atau jus pepaya pada wajah anda setiap hari. Kulit akan sehat, kencang dan mulut. Pepaya ini dapat di konsumsi dalam bentuk buah matang, atau juga dapat di konsumsi dalam bentuk jus yang lebih segar.

Adapun trik untuk mengharumkan bau badan dengan cara yang alamiah yaitu dengan mengkonsumsi beberapa makanan yang di percaya mengandung zat harum. Anda bisa membaca pada artikel “Mau badan harum alami? konsumsi makanan ini” Dengan mengkonsumsi makanan ini dapat membuat tubuh harum khas alami dan menambah percaya diri 2 kali lipat. Sekian dan terimakaih, semoga bermanfaat..

10 Manfaat buah pepaya untuk kesehatan | admin | 4.5