10 manfaat buah semangka untuk kesehatan

10 manfaat buah semangka untuk kesehatan
Manfaat buah semangka

10 manfaat buah semangka untuk kesehatan – Buah yang kaya akan kandungan air ini merupakan salah satu buah paling mudah di temui di setiap daerah di Indonesia. Pembudidayaan semangka yang sangat mudah membuat buah ini mudah untuk di temui. Unik semangka ini ada yang bewarna merah ada juga yang bewarna kuning. Semua sama-sama menyegarkan tubuh. Harga buah semangka sangat murah sehingga tidak banyak menguras kantong untuk mendapatkannya.

Selain mengkonsumsi buah, sebaiknya tahu juga dong apa saja kandungan dan manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh kita. Berikut penjelasan ringkasnya.

  • 1. Mengandung Vitamin A

Buah semangka kaya akan vitamin A dimana buah ini mengandung zat Karotenoid. Karotenoid hanya di miliki oleh tumbuhan yang bewarna merah. Di dalam Karotenoid ada yang namanya alfa karoten dan beta-Karoten. Apabila beta karoten ini berada di dalam tubuh akan di rubah menjadi vitamin A oleh tubuh kita. Sehingga semangka merupakan buah yang kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan mata dan perawatan kecantikan kulit

  • 2. Mengandung Vitamin B 

Beberapa Vitamin B yang terkandung di dalam buah semangka ini diantaranya vitamin B1 (Tiamin), B5 (Pantothenic acid), B6 (Piridoksin), B7 (Biotin).Vitamin B1 di dalam tubuh berfungsi untuk mengubah glukosa menjadi energy dan menjaga fungsi system syaraf pada manusia. Sedangkan pada B6 berfungsi untuk metabolism protein, pembentukan sel darah merah, perkembangan sel mencegah syaraf janin. Vitamin B yang di kandung oleh semangka dapat di jadikan alternetif yang baik untuk mendapatkan semua manfaat ini.

Vit B5 atau Asam pantotenat berfungsi vital dalam metabolism pelepasan energy di dalam tubuh. dan Vit B7 atau Biotin fungsinya adalah membantu metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat yang akan membentuk molekul gula sederhana (glukosa), asam lemak, dan asam amino

  • 3. Mengandung Vitamin C

Kandungan vitamin C di dalam buah semangka cukup besar. Vitamin C sendiri sangat bermanfaat untuk keperluan tubuh seperti sebagai antibody, perawatan kulit, sebagai antioksidan, mencegah stoke, mencegah kanker, mencegah darah tinggi, menjaga jantung, memproduksi kolagen, menyembuhkan luka lebih cepat, mengatasi rambut rontok dan mencegah uban.

Di dalam semangka, anda bisa menemukan kandungan yang cukup banyak sehingga dalam sekali mengkonsumsi semangka akan mendapatkan efek yang baik untuk tubuh. Buah-buahan lain yang juga banyak mengandung vitamin C yang baik untuk kulit adalah buah pepaya dan buah mangga.

  • 4. Mengandung Mineral

Mineral merupakan unsure yang tidak kalah penting untuk tubuh. Beberapa fungsi dari mineral misalnya menjaga kesehatan otot, jantung dan syaraf, membantu pembuatan antibody, menjaga kesehatan tulang, mencegah nyeri pad atot dan mengangkut oksigen keseluruh tubuh.

Beberapa Kandungan mineral di dalam semangka  seperti Zat besi, Natrium, Serat, Karbohidrat, Tembaga, Potassium, Kalium, Magnesium. Semua mineral ini sangat penting untuk tubuh. Natrium dan kalium dapat bermanfaat sebagai transform Na-K di dalam otot tubuh.

  • 5. Buah Karotenoid

Karotenoid adalah pigmen (warna) organic pada tumbuhan. Semangka termasuk tumbuhan yang karotenoid dimana memiliki pigmen warna merah dan kuning. Beberapa buah lainnya seperti tomat, wortel, pepaya, naga juga termasuk kedalam sini.

Karoten ini ada dua pertama mengandung oksigen seperti Lutein dan zeaxanthan sedangkan yang tidak mengandung oksigen seperti alfa karoten dan beta karoten

Alfa karoten dan beta karoten di dalam tubuh akan dirubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Sedangkan lutein dan zeaxanthan sebagai pencegah mata katarak.

  • 6. Sitrulin

Adalah Asam alpha-amino. Ini memiliki fungsi penting di dalam tubuh. Berikut kegunaanya: Membantu mengeluarkan amonia dari hati sehingga dapat bersifat detoksifikasi, merupakan prekusor arginin yang dapat mensekresi asam nitrit (NO) untuk vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah sehingga sitrullin dapat berperan untuk mengatasi hipertensi, mengatasi fungsi seksual pria, mengencangkan kulit, menjaga kesehatan otot

  • 8 Anti inflamasi dan antioksidan

Fungsi karoten secara umum adalah sebagai antioksidan. Selain itu Vitamin A dan vitamin C juga dapat menjadi antioksidan yang cukup alami. Dengan mengkonsumsi semangka akan menghambat proses oksidasi dan menangkal radikal bebas di dalam tubuh.

  • 9. Merawat kecantikan kulit

Kandungan yang kaya akan vitamin A dan vitamin C yang selama ini banyak di gunakan dalam bidang kecantikan. Semangka dapat mengurangi minyak di wajah, melembabkan kulit, meremajakan kulit dan anti penuaan dini. Vitamin A dan Vit c akan bekerja memperbaiki kulit dari dalam tubuh.

  • 10.  Rendah lemak

Kandungan lemak di dalam buah semangka jumlahnya sangat sedikit. Karena sebagian besar buah semangka berisikan air. Hal ini memungkinkan buah semangka sangat cocok sebagai buah diet yang aman.

Secara keseluruhan dapat di simpulkan beberapa penyakit yang dapat di atasi dengan buah semangka ini adalah sebagai berikut

Di bidang kecantikan

  1. Menghambat penuaan dini
  2. Melembabkan kulit
  3. Mengurangi minyak
  4. Meremajakan kulit
  5. Menyehatkan rambut

Dibidang kesehatan

  1. Memelihara ginjal
  2. Mencegah sariawan
  3. Mengurangi resiko stroke
  4. Mencegah hipertensi
  5. Menjaga jantung
  6. Mencegah kanker
  7. mencegah katarak
  8. Anti oksidan alami
  9. Anti inflamasi
  10. Mencegah otot kaku
  11. meningkatkan daya tahan tubuh
  12. menjaga kesehatan tulang
  13. Obat seksualitas pria
  14. Makanan diet sehat
  15. Menjaga kesehatan mata

Itulah beberapa informasi penting manfaat buah semangka yang dapat di jadikan sebagai pengetahuan penting alasan kenapa kita perlu mengkonsumsi buah semangka. Buah yang kaya air ini dapat di konsumsi langsung atau juga dapat di buat jus buah. Buah semangka ini enaknya di konsumsi pada cuaca yang panas.

10 manfaat buah semangka untuk kesehatan | admin | 4.5