10 Penyebab gusi bengkak wajib anda ketahui sebelum terjadi

10 Penyebab gusi bengkak wajib anda ketahui sebelum terjadi
Gusi Bengkak

10 Penyebab gusi bengkak wajib anda ketahui sebelum terjadi – Gusi bengkak berarti gusi sedang mengalami peradangan atau inflamasi. Inflamasi banyak penyebabnya, mulai dari bakteri, virus, jamur, kondisi atau keadaan tubuh dan penyakit lainya yang mendukung.

Gusi meradang juga bisa di akibatkan dari kesalahan menyikat gigi sehingga dapat melukai gusi. Kebiasaan menggosok gigi yang salah seperti ini lambat laun akan menyebabkan gusi menjadi sakit. Sehingga mudah meradang dan membangkak. Ketika anda menggosok gigi keluar darah yang terlihat dari busa pasta gigi. Ini merupakan hal yang harus anda waspadai, karena dapat menjadi indikasi akan munculnya penyakit yang lebih besar. Oleh karena itu anda perlu memperhatikan cara menggosok gigi yang benar.

Gusi merupakan jaringan kokoh yang umumnya bewarna pink karena terdapat banyak pembuluh darah yang kecil-kecil dan rapat. Apabila salah dalam menggosok gigi, menyebabkan robeknya pembuluh darah sehingga darah bisa keluar. Bukan hanya itu saja penyebab lainnya misalnya gusi sensitif juga dapat cepat luka akibat gesekan brus gigi.

Ketika gusi bengkak akan menjadi sangat sensitive. Menimbulkan rasa yang sangat sakit tak terhingga yang hanya dirasakan oleh penderita. Gusi yang bengkak juga mudah berdarah ketika menggosok gigi. Letaknya dekat dengan wajah, gusi bengkak juga dapat terlihat sampai pada pipi wajah. Ini dapat dilihat pada wajah yang tidak simetris. Hal ini semua di sebabkan oleh adanya asbes atau nanah, bakteri dan luka pada gusi.

Penyebab

Adapun 10 penyebab gusi bengkak yang perlu kita ketahui adalah sebagai berikut :

  • 1. Kebersihan mulut

Kebersihan merupakan kunci utama untuk dapat terhindar dari penyakit. Bukan hanya kebersihan lingkungan yang selama ini kita tahu, tetapi kebersihan tempat tinggal, kebersihan pakaian, kebersihan tempat tidur, hingga kebersihan badan. Dan paling penting adalah kebersihan mulut dimana mulut merupakan hal yang paling utama untuk kita gunakan berinteraksi.

Mulut yang kotor akan menjadi tempat yang mudah bagi bakteri, microorganism, jamur dan virus berkembang biak di dalam mulut. Hal inilah yang menjadi penyebab utama segala masalah penyakit mulut. Termasuk penyakit gusi bengkak!

  • 2. Gingivitis

Di kutip dari laman mediskus.com penyakit gingivitis dapat menjadi salah satu penyebab gusi bengkak. Gingivitis merupakan peradang yang terjadi pada gusi yang di sebabkan oleh microorganism berbahaya. Microorganism ini masuk pada jaringan epitel hingga menyebar dalam jaringan pada gusi. Seperti yang kita tahu bahwa infeksi yang di akibatkan oleh microorganism seperti bakteri dapat menyebabkan iritasi dan meradang. Inlah salah satu yang menyebabkan gusi bengkak

Penyebab utama gingivitis adalah kurangnya menjaga kebersihan mulut, plak pada gigi atau pada gusi, serta sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi yang tidak di bersihkan sehingga menyebabkan microorganism mudah berkembang biak di mulut.

Selain gingivitis, karies gigi juga dapat menjadi penyebab utama. Apabila terjadi karies di bagian samping gigi yang dekat dengan bagian gusi. Bakteri penyebab karies akan mudah saja untuk melakukan infeksi di bagian gusi. Karena karies terbentuk dalam jangka lama, bakteri akan melakukan infeksi sedikit demi sedikit hingga lambat laun menyebabkan gusi meradang dan bengkak

  • 3. Karang gigi

Kurangnya menjaga kebersihan gigi menyebabkan timbulnya karang gigi. Karang gigi ini berasal dari plak dan bakteri yang tidak di bersihkan sehingga mengeras dan menempel pada gigi. Gigi dan gusi merupakakan bagian yang tidak bisa di pisahkan, karena gigi menempel pada gusi. Bakteri-bakteri yang berada di karang gigi akan dapat berkembangbiak hingga dapat berpindah ke bagian gusi. Ini akan menjadi cepat terjadi gusi bengkak apabila karang gigi posisinya dengan dengan gusi. Setiap kali bakteri berkembang biak, akan menempek pada gusi dan menginfeksi gusi.

  • 4. Gigi berlubang

Gigi berlubang akan cenderung mengakibatkan sakit gigi apabila tidak segera di tambal. Hal ini di karenakan sisa-sisa makanan mudah menyangkut pada lubang tersebut. Makanan ini akan menjadi tempat paling baik bakteri untuk berkembang biak. Pada akhirnya menyebabkan lubang gigi bertambah besar atau bertambah dalam hingga menembus pada bagian pulpa. Sebenarnya orang sakit gigi itu yang sakit adalah bagian gusi. Karena gigi itu tidak mengandung saraf. Sakit gigi ini dapat menyebakan bengkak pada gusi.

  • 5. Mulut kering

Tidak mengkonsumsi makanan dalam waktu beberapa jam atau bekerja pada ruangan yang dingin ber-AC menyebabkan mulut menjadi cepat kering. Biasanya mulut itu akan basah apabila minum air putih atau mengkonsumsi makanan, tetapi sebenarnya yang di pentingkan adalah air ludah. Air ludah mengandung antiseptik yang dapat mengurangi atau membunuh bakteri di dalam mulut. Mulut kering membuat gigi kering termasuk bagian gusi juga kering. Kondisi seperti ini memudahkan bakteri untuk berkembangbiak menjadi banyak. Semakin banyak jumlah bakteri tentu akan semakin besar potensinya untuk menginfeksi gusi hingga menyebabkan bengkak. Untuk itu anda perlu menjaga agar mulut tidak selalu kering.

  • 6. Malnutrisi

Malnutrisi adalah isitilah dimana suatu kondisi tubuh yang kekurangan nutrisi. Ini disebabkan oleh diet yang tidak tepat, konsumsi makanan yang tidak sehat dan pola hidup yang tidak sehat. Malntrisi yang berlangsung lama dapat menyebabkan penyakit salah satunya adalah gusi bengkak

Kondisi ini peyebabnya adalah tubuh kekurangan vitamin B dan vitamin C. Vitamin ini merupakan komponen penting untuk memelihara dan perbaikan gigi dan gusi. Salah satunya paling ringan adalah sariawan atau bibir pecah yang merupakan akibat dari kekurangan vitamin C. Oleh karena itu anda perlu mengkonsumsi vitamin B dan C yang cukup untuk kebutuhan nutrisi harian di dalam tubuh.

  • 7. Kawat gigi atau behel

Seperti yang kita tahu kawat pada gigi berfungsi untuk menekan posisi gigi agar dapat rata dengan yang di dinginkan. Kondisi seperti ini menyebabkan adanya perubahan posisi pada akar gigi. Tidak jarang para pengguna behel menderita sakit gigi atau gusi setelah menggunakan beberapa hari. Umumnya tidak sampai menyebabkan gigi bengkak

Akan tetapi bukan tidak mungkin dapat menyebabkan gusi bengkak. Penyebab lainnya apabila terjadi infeksi atau gusi sensitive ini dapat menyebabkan gusi bengkak. Apabila terjadi demikian anda dapat mengunjungi dokter gigi untuk informasi lebih lengkapnya

  • 8. Kehamilan

Pada saat hamil akan banyak perubahan hormone yang terjadi di dalam tubuh. Hormone ini dapat menyebabkan peningkatan aliran darah pada gusi. Hal ini menyebabkan gusi menjadi lebih mudah teriritasi. Mudah teriritasi berpotensi rentan dengan bengkak.

Bukan hanya itu saja ! Pada kondisi seperti ini, hormone juga dapat menghambat kemampuan tubuh untuk melawan bakteri dan microorganism. Sehingga resiko ibu hamil lebih besar terserang gusi bengkak. Solusi untuk menetralisir gangguan ini adalah dengan berkumur air kelapa muda agar dapat membunuh bakteri-bakteri yang ada di dalam mulut penyebab gusi bengkak. Atau dapat juga berkumur dengan minyak kelapa VCO yang di campur dengan air. VCO ini memiliki kandungan antibateri yang cukup baik untuk tubuh.

  • 9. Makanan yang tidak sehat

Makanan merupakan bagian penting untuk kita perhatikan untuk kesehatan tubuh kita. Bukan hanya kesehatan pada mulut saja, akan tetapi makanan yang tidak sehat juga dapat mengganggu organ lainnya dan menyebabkan penyakit. Misalnya penyakit diabetes, penyakit liver, panyakit hepatitis dan lain sebagainya.

Hal yang paling utama yang kita perhatikan adalah higenis atau steril. Ini penting untuk kita lihat karena mengkonsumsi makanan yang tidak steril atau tidak higenis sama saja kita memasukkan bakteri atau microorganism atau jamur kedalam tubuh kita.

Microorganism dan bakteri tersebut akan berkembang biak di mulut menyebabkan gusi bengkak dan masuk kedalam tubuh menyebabkan penyakit penyakit berat lainnya seperti yang di sebut di atas. Nah cobalah konsumsi makanan yang sehat dan terjamin higenis saja

  • 10. Efek penyakit lainnya

Apabila anda memiliki penyakit lain misalnya penyakit herpes yang di sebabkan oleh virus. Efeks samping dari penyakit ini juga dapat menyebabkan penyakit gusi bengkak. Dimana virus tersebut dapat menjalar ke bagian lain dan melakukan infeksi pada gusi.

Penyakit-penyakit mulut lainnya (termasuk penyakit berat seperti kanker) yang telah terjangkit dalam waktu yang lama serta tidak sembuh dengan pengobatan. Dimana bakteri penyebabnya sudah kebal dengan antibiotic sehingga mudah untuk melakukan infeksi di bagian lain yang ada di mulut termasuk gusi. Ini dapat menyebabkan gusi bengkak dan berdarah

Itulah 10 penyebab gusi bengkak yang merupakan informasi penting untuk kita semua agar tidak menyerang pada gusi anda. Seperti kata pepatah lebih baik mencegah dari pada mengobati. Setelah anda tahu ini alangkah baiknya anda selalu menjaga kesehatan di dalam mulut agar tidak tejadi sakit gusi. Sakit gusi akan sangat menyebalkan karena dapat mengganggu dan menghambat seluruh aktifitas. Bahkan untuk mengkonsumsi makanan juga akan sulit.

Akan tetapi apabila anda sekarang sedang mengalami sakit gusi bengkak, tenang saja karena sudah ada 19 cara mengobati sakit gusi bengkak sampai keakar-akarnya yang dapat di baca disini. Sejauh ini memang gusi bengkak masih banyak di derita oleh masyarakat di seluruh indonesia. Ini mungkin disebabkan karena kurangnya menjaga kesehatan mulut. Tetapi dengan terjangkitnya penyakit ini akan menjadikan pelajaran berharga buat semuanya agar selalu ingat akan kesehatan dan kebersihan mulut. Setiap penyakit ada obatnya kok, tetap santai saja, berusaha dan semoga dapat sembuh dengan cepat. Good luck

10 Penyebab gusi bengkak wajib anda ketahui sebelum terjadi | admin | 4.5