10 tips menjaga dan mengobati liver

buah dan sayur

10 tips menjaga dan mengobati liver – Melanjutkan artikel sebelumnya yang di tulis pada Liverkah penyebab bau mulut saya? kali ini adalah solusi untuk mengatasi liver. Berikut ini beberapa tips mudah yang dapat dilakukan sebagai upaya pencegahan dan pengobatan untuk penyakit liver, diantaranya :

1. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan
Selalu membiasakan diri dari hal yang paling kecil namun memiliki fungsi dan manfaat yang baik, seperti membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh sesuatu dengan menggunakan sabun khusus pembersih tangan (hand soap) agar bakteri dan kuman yang bersarang pada kulit tangan mati. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal mulai dari dalam rumah membiasakan untuk menyediakan tempat pembuangan sampah kecil, menutup makanan dengan tudung saji, kebersihan dari kamar kecil (toilet) dsb.
2. Rajin mengkonsumsi air mineral
Minimal sehari 8-10 gelas atau setara dengan 1,5-2 liter per hari atau disesuaikan dengan kebutuhan tubuh dan kondisi kesehatan anda. Air akan masuk kedalam aliran darah dan akan membersihkan semua hambatan-hambatan dalam saluran peredaran darah sehingga akan baik untuk kesehatan kita.
3. Hindari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan bahan pengawet.
Lemak memang dibutuhkan oleh tubuh sebagai salah satu sumber energi penting dalam tubuh, namun kebutuhan lemak dalam tubuh tetap harus terkendali dan diseimbangkan dengan kebutuhan gizi dan nutrisi lainnya. Bila tubuh banyak menyimpan dan menimbun lemak maka akan berakibat pada penurunan salah satu fungsi organ tubuh dan mudah terserang penyakit. Hindari makanan seperti makanan yang banyak  menggunakan santan, makanan pedas, makanan yang menggunakan bahan pewaran kimia dan bahan pengawet makanan biasanya terdapat pada makanan dalam kemasan atau siap saji yang sudah lama pengolahannya.
4. Banyak mengkonsumsi sayur dan buah
Buah dan sayur merupakan sumber energi yang mengandung gizi, mineral, zat besi, magnesium, vitamin dan sumber nutrisi lainnya yang terkandung dalam buah dan sayur. Dengan rajin mengkonsusmi yang banyak mengandung vitamin A, B, C dan D serta vitamin lainnya. Buah yang aman dikonsumsi bagi penderita penyakit liver atau hati seperti buah pepaya, buah jeruk, buah pisang, buah apel, buah mangga dan macam buah lainnya dan yang harus dihindari adalah buah nanas, nangka, durian. Ketiga buah tersebut mengandung zat yang dapat penyebabkan gangguan pada lambung dan hati.
5. Menerapkan dan menyeimbangkan nilai Gizi yang dibutuhkan tubuh
Mengkonsusmsi makanan yang diperkaya dengan karbohidrat, protein, zat besi dan zat gizi lainnya sangat
penting dibutuhkan tubuh. Dengan menyeimbangkan kebutuhan akan gizi dan nutrisi dalam tubuh, misalnya ikan, telur, roti, gandum, nasi merah, kacang polong, kacang merah dsb. Tentunya semua itu harus di imbangi dengan gaya hidup, kebiasaan hidup yang baik dengan menghindari kebiasaan buruk. Satu hal yang paling penting bagi penderita yang terdiagnosa terserang penyakit hati adalah menghindari makanan dengan selera pedas, menghindari makanan yang mengandung rasa masam, hindari penggunaan saus, mengurangi kebiasaan minum air dingin, gorengan dan jenis makanan lainnya. 
6. Istirahat yang cukup minimal 6-7 jam per hari
Istirahat memang sangat penting untuk menjaga tubuh. Kelelahan akan banyak memicu sakit, ibarat juga mesih apabila di gunakan terus-menerus tanpa dimatikan akan lebih cepat rusaknya. Demikian juga tubuh, apabila di paksa terus bekerja akan cepat sakit.

7. Olahraga yang teratur setiap harinya  
Disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi kesehatan anda minimal 2 kali dalam seminggu minimal 1-2 jam per session. Tidak perlu olahraga yang berat-berat. cukup lakukan jalan kaki saja di dekat-dekat rumah akan mendapatkan khasiat yang luar biasa.

8. Mengkonsumsi suplemen tambahan yang aman tanpa efek samping
Sebagai salah satu upaya membantu memperkuat sistem imun atau pertahanan diri dan tubuh dari serangan penyakit. Disarankan mengkonsumsi suplemen herbal yang dipercaya aman, dan memiliki khasiat terpercaya. Makanan yang paling bagus untuk di konsumsi itu adalah yang bukan dalam bentuk pengawetan sehingga lebih menjamin kemurniannya. Cobalah konsumsi suplemen Madu yang mengandung segala macam obat. Ingat konsumsi yang murni saja agar mendapatkan khasiat yang banyak. Silakan baca tips memilih madu murni
9. Melakukan konsultasi dan peameriksaan lebih dini dengan dokter
Jika anda teridentifikasi terserang penyakit hati untuk mendapatkan penangganan lebih lanjut sebaiknya berkonsultasi saja pada dokter yang lebih paham mengenai tingkat penyakit anda. Dengan seperti itu anda tidak perlu banyak khawatir.
10.  Operasi
Jika sudah teridentifikasi atau tervonis mengalami gangguan fungsi hati kronis, dokter akan menyarankan melakukan operasi pembedahan atau transplantasi hati. Namun menurut suatu informasi operasi pembedahan atau transplantasi hati dinilai tak selalu berhasil, kemungkinan buruk yang mungkin terjadi adalah efek samping setelah dilakukan operasi pembedahan dalam kurun waktu yang cukup lama. Anda perlu mempertimbangkan yang demikian.
Demikianlah 10 tips mengenai pencegahan dan pengobatan penyakit liver. Kalau bisa terus berusaha mencegah, dengan cara mengkonsumsi makanan sehat misalnya buah-buahan yang mengandung antiseptik alami agar dapat membunuh bakteri penyebab penyakit di dalam tubuh. Kalau sudah terlanjur mari selesaikan dengan baik pada dokter anda. Semoga penyakit anda lekas sembuh dan kembali tersenyum bersama keluarga tercinta 🙂
10 tips menjaga dan mengobati liver | admin | 4.5