12 cara menghilangkan bau sepatu mudah dan cepat

12 cara menghilangkan bau sepatu
cara menghilangkan bau sepatu

12 cara menghilangkan bau sepatu – Sepatu merupakan salah satu kebutuhan pokok untuk sebagai seorang mahasiswa atau juga sebagai kariawan dan sebagai kerja di instansi pemerintahan. Bau sepatu sangat umum dan wajar karena sepatu terus di gunakan. Bau berasal dari keringat yang dikeluarkan oleh kaki dan membasahi sepatu.. Dalam kurun waktu yang lama, keringat menempel pada sepatu dan menyebabkan bau busuk menyengat.

Suatu ketika anda lupa mencuci sepatu sedangkan harus anda pakai untuk keperluan penting. Ini akan membuat anda sangat repot bukan? Sepatu yang tidak di cuci akan menjadi berbau busuk akibat dari penumpukan bakteri di dalam. Apabila di gunakan akan menyebarkan aroma yang tidak menyenangkan. Ini akan membuat menjadi sangat tidak percaya diri. Tetapi anda tidak usah khawatir. Berikut ini ada cara menghilangkan bau sepatu dengan cepat dan akurat. Silakan ikuti dan terapkan pada sepatu anda

A. Dicuci

Langkah-langkah menghilangkan bau sepatu dengan di cuci :

1.    Cuci sepatu

Pertama untuk menghilangkan bau pada sepatu adalah dengan mencucinya. Ketika di cuci bakteri yang menempel akan segera hilang atau berkurang sehingga tidak lagi menyebabkan bau sepatu.

2.    Di jemur

Jangan biarkan sepatu anda lembab setelah di cuci. Jemur di bawah sinar matahari agar segera kering. Usahakan dapat kering pada hari itu juga. Sepatu yang lembab akan mudah di tumbuhi bakteri penyebab bau. Ini akan menyebabkan bau yang kurang sedap mudah muncul

3.    Di semir

Agar dapat bertahan laman serta kilat terawat, anda bisa melakukan semir sepatu. Ada banyak cream semir sepatu yang di jual di toko. Anda bisa memilih mana saja yang di sukai. Semir semua bagian yang halus di sepatu anda. Untuk sepatu kantor, umumnya seluruh permukaan sepatu halus, anda semir saja semua bagian agar dapat mengkilat semua.

4.    Di semprot

Setelah selesai anda melakukan langkah-langkah di atas, anda juga bisa melakukan pemberian minyak wangi agar bau sepatu dapat lebih fresh. Semprotkan foot spray secukupnya pada bagian luar dan dalam sepatu atau bagian sesuai dengan selera. Setelah di semprot jangan langsung di gunakan, tetapi di keringkan terlebih dahulu.

5.    Cuci kaos kaki

Sepatu dan kaos kaki memang tidak bisa di pisahkan. Kaos kaki paling banyak berinteraksi dengan kulit kaki. Ini menjadikan kaos kaki paling utama menyerap keringat. Keringat yang banyak akan membuat kaos kaki basah hingga membuat sepatu juga basah. Bila kaos kaki tidak di bersihkan, keringat yang menempel pada kaos kaki dapat berpindah ke sepatu dan membuat sepatu menjadi bau. Gunakan lebih dari satu kaos kaki agar dapat mudah bergangi-ganti.

Setelah melakukan cara di atas dipastikan sepatu anda tidak akan berbau lagi. Mencuci sepatu sebaiknya pada cuaca yang panas. Ini akan mempercepat proses pengeringan sepatu saat di jemur. Sepatu yang tidak kering di jemur akan mudah rusak sehingga ini akan membuat anda boros.

B. Tidak dicuci

Berikut ini adalah cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bau sepatu tanpa dicuci. Cara ini dapat digunakan apabila ada kejadian mendadak yang tidak di sangka-sangka mengharuskan anda menggunakan sepatu. Ketika sepatu berbau akan membuat tidak nyaman. Oleh karena itu Lakukan ini sebelum anda gunakan sepatu anda :

6.    Di jemur

Apabila anda tidak sempat mencuci sepatu, anda bisa menjemur sepatu pada terik panas matahari. Panas matahasi akan dapat membunuh bakteri yang berkembang biak dalam sepatu. Ini sangat membantu menghilangkan bau sepatu anda.

7.    Di buka

Setelah menggunakan sepatu alangkah baiknya anda membuka semua tali, alas dan bagian penutup atas sepatu di keluarkan. Dengan tujuan agar ada udara yang keluar masuk. Ketika bakteri menghasilkan gas yang berbau akan dapat di serap di dalam kain atau bahan sepatu, maka dengan membuka bagian sepatu ini akan membuang gas-gas busuk tersebut keluar. Jadi tidak akan membuat sepatu berbau. Ini sangat membantu untuk menghilangkan bau sepatu.

8.    Diletakkan di udara terbuka

Jangan letakkan sepatu langsung di dalam rumah karena akan dapat membuat udara kurang sedap tersebar di dalam ruangan tersebut. setelah anda selesai menggunakan sepatu letakkanlah pada tempat yang banyak tiupan angin. Angin ini akan membantu membawa bau sepatu keluar sehingga berpotensi menghilangkan bau sepatu

9.    Daun jeruk

Daun jeruk mengandung minyak atsiri yang dapat menghasilkan aroma harum. Apabila anda ingin cepat bau hilang, anda cukup sapukan sepatu dengan daun beberapa jeruk. Daun ini juga dapat menjadi antiseptic alami. Sehingga membunuh bakteri penyebab bau sepatu. Ambilah daun jeruk secukupnya, jadikan daun jeruk menjadi satu lalu oleskan pada sepatu hingga daun jeruk terlihat memar mengeluarkan zat yang di kandungnya

10.    Daun pandan

Selain di atas, anda juga bisa menggunakan daun pandan. Ini mungkin akan membuat aroma yang berbau pandan, tetapi ini akan ampuh menghilangkan bau pada sepatu anda. Aroma pandan yang tajam akan menghilangkan bau sepatu yang busuk. Anda dapat melakukan seperti cara di atas tadi. Oleskan pandan dengan bagian dalam sepatu (dinding, alas, dan ujung) sampai memar-memar.

11.    Daun jambu biji

Daun jamu mengandung bau yang khas. Ini bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau pada sepatu. Caranya sama seperti di atas. ambilah beberapa lembar daun jambu yang muda. Kumpulkan mejadi satu lalu oleskan pada bagian dalam sepatu sampai daun memar memar, daun mengeluarkan kandungannya. Mungkin kandungan bau harum pada jambu biji kurang kuat, anda bisa menambahkan daun sebanyak mungkin sesuai dengan yang anda sukai. Lakukan sampai seluruh bagian sepatu terkena kandungan daun jambu. Ini akan menghilangkan bau sepatu dengan mudah dan mengeluarkan keharuman khas jambu

12.    Banking soda

Bangkin soda yang umum kita tahu adalah untuk membuat roti. Tetapi manfaatnya bukan sebatas itu saja. Banking soda mampu menghilangkan bau pada sepatu. Caranya cukup mudah anda taburkan saja banking soda pada bagian sepatu yang bau. Biarkan ini bekerja pada waktu satu malam hingga baunya hilang.

Nah itulah beberapa cara menghilangkan bau sepatu alami yang cukup mudah di coba. Ketika anda banyak kesibukan dalam bekerja sehingga tidak sempat untuk mencuci sepatu, cobalah gunakan lebih dari satu sepatu agar dapat bergantian menggunakannya. Ini akan mempermudah aktifitas anda sehari-hari dalam menggunakan sepatu. Setelah anda melakukan tips di atas akan sebaiknya anda mencegah agar sepatu tidak bau. Penyebab sepatu baru berasal dari keringat yang bau di keluarkan oleh kulit kaki dan penyebab lainnya adalah bau kaki. Jadi sebelum anda menggunakan sepatu, pastikan kaki anda bersih agar bakteri tidak mudah masuk dan berkembang biak di dalam sepatu. Sekian artikel kali ini, semoga baramanfaat

12 cara menghilangkan bau sepatu mudah dan cepat | admin | 4.5