13 Obat sakit gigi alami mengatasi langsung ke sumber sakit

13 Obat sakit gigi alami mengatasi langsung ke sumber sakit
Cuka Sari Apel

Obat sakit gigi alami  – Melanjutkan postingan sebelumnya “17 cara menghilangkan sakit gigi sampai keakar-akarnya” adalah cara yang alami yang perlu anda ketahui. Saya pikir ini mungkin artikel yang saling berurutan dimana anda sekiranya perlu untuk membaca terlebih dahulu agar bisa nyambung dengan apa yang di bicarakan. Hal ini dilakukan agar tidak terlalu panjang postingan artikelnya yang membuat malas untuk membaca hehee..

Adapun yang perlu kita tahu adalah dimana sakit gigi itu terjadi? Sakit gigi itu terjadi yaitu apabila terjadi peradangan pada bagian pulpa gusi dimana pulpa ini berisikan pembuluh darah dan serabut syaraf. Peradangan ini banyak yang mengakibatkannya, misalnya gigi yang berlubang, infeksi bakteri, benturan pada gusi, email yang retak atau pecah dan infeksi gusi.

Apabila anda sedang mengalami sakit gigi yang di sebabkan oleh gigi berlubang dan infeksi bakteri, anda bisa mencoba beberapa ramuan alami berikut ini untuk mengobati sakit gigi anda. Ini merupakan cara mujarab mengobati sakit gigi langsung dari sumber penyebab sakitnya. Simak cara-cara alami berikut ini :

  • 1.    Minyak cengkeh

Minyak cengkeh mengandung antiseptic alami yang dapat membunuh segala microorganism. Minyak cengkeh ini juga dapat di gunakan untuk mengatasi bau badan. Anda juga bisa menggunakan minyak cengkeh untuk membunuh baketri yang ada di dalam gigi anda. Caranya cukup mudah saja, ambil minyak cengkeh, campurkan sedikit air hangat agar tidak terlalu panas. Cobalah anda teteskan kedalam lubang gigi yang berlubang atau pada gigi yang sakit agar dapat membunuh semua bakteri di dalam.

Biarkan dalam beberapa menit agar bereaksi membunuh bakteri. Setelah kira-kira waktu cukup anda bisa buang dan berkumur dengan air hangat bercampur minyak cengkeh. Ingat jangan di telan, karena banyak mengandung bakteri!

  • 2.    Minyak kelapa

Minyak kelapa (VCO) di memiliki kandungan asam laurat yang dimana asam ini memiliki manfaat antiseptic,antibiotik, antijamur dan antivirus. Kandungan ini bisa di manfaatkan untuk membunuh bakteri yang ada di dalam gigi anda. caranya cukup mudah, ambil minyak kelapa (VCO) secukupnya, lalu teteskan kedalam gigi yang berlubang. Diamkan dalam beberapa menit. Setelah dirasa waktu cukup, anda bisa membuangnya.

Berkumurlah dengan air hangat yang di campur dengan minyak kelapa. Atau anda juga bisa berkumur dengan air garam. Minyak VCO ini juga dapat mengobati gusi bengkak secara alami dan cepat

  • 3.    Cuka sari apel

Cuka sari apel merupakan olahan dari buah apel. Cuka ini mengandung anti septic alami yang dapat di berguna untuk membunuh bakteri penyebab sakit gigi anda. Caranya seperti di atas, ambil cuka secukupnya dan teteskan pada lubang gigi yang sakit. Tunggu dalam beberapa menit agar dapat bereaksi membunuh bakteri. Setelah itu anda bisa berkumur dengan air hangat yang bercampur garam agar dapat bekerja double.

  • 4.     Minyak serai

Serai mengandung minyak atsiri yang dapat memberikan aroma khas harum dari serai. Minyak ini juga dapat menghilangkan bau badan. Anda bisa membaca beberapa makanan yang dapat mengharumkan mulut dan badan pada artkel “Mau tubuh dan mulut harum alami? Konsumsi makanan ini”

Kandungan antiseptic yang ada di dalam minyak serai dapat di gunakan untuk membunuh bakteri yang ada di dalam gigi anda. Caranya cukup mudah anda ambil saja sedikit minyak lalu teteskan pada lubang gigi yang sakit. Biarkan dalam beberapa waktu agar dapat bekerja membunuh bakteri. Setelah itu berkumurlah dengan air hangat.

  • 5.    Getah jarak

Getah jarak mungkin pernah dengar tanaman yang sering di gunakan untuk obat dari zaman dahulu. Getah daun jarak ini bersifat antimikroba sehingga dapat menghilangkan bakteri seperti jenis Staphylococcus, streptococcus, dan Escherichia coli. Getah jarak juga mengandung tannin (18%) yang bisa digunakan sebagai obat kumur dan gusi berdarah serta obat luka. Kandungan antimikroba dapat di mangunakan untuk membunuh bakteri yang berada di dalam gigi berlubang.

Caranya cukup mudah, anda teteskan saja getah jarak kedalam gigi yang berlubang, tunggu dalam beberapa menit setelah itu bisa di keluarkan. Ini adalah obat sakit gigi paling manjur. Anda juga bisa menggunakan untuk berkumur, caranya ambil air segelas dan teteskan beberapa getah jarak kedalam air tersebut dan gunakan untuk berkumur. Biarkan rasa pahit karena itu adalah salah satu ciri tanaman bermanfaat.

***
Adapun cara lainnya yang apabila sakit gigi anda di akibatkan gigi yang sensitive, benturan pada gigi atau penyebab lainya yang bukan dari infeksi bakteri anda bisa mencoba cara-cara di bawah ini. Karena ini berbeda dari yang di atas, anda perlu memperhatikan penyebab sakit gigi tersebut. Ikuti langkah berikut untuk mengurangi rasa sakit :

  • 6.    Es Batu

Es batu banyak di manfaatkan untuk mengatasi sakit gigi dimana es batu memiliki suhu yang rendah. Pada suhu yang rendah membuat suasana menjadi beku. Cara kerja es batu untuk meredakan sakit adalah yaitu dengan memberikan suhu yang dingin pada bagian gigi yang sakit. Ini berfungsi untuk mematikan rasa pada syaraf sehingga rasa sakit dapat hilang dengan sendirinya. Ini juga berlaku pada bagian tubuh lainnya, anda bisa mencoba menempelkan di bagian kulit lain lalu mencubitnya, tidak akan terasa sakit

Caranya sangat mudah sekali, anda ambil esbatu dan letakkan di wadah. Siapkah handuk dan basahi handuk dengan air dingin es batu tersebut. Setelah itu handuk di letakkan di bagian pipi terdekat dengan gigi yang sakit. Ingat jangan langsung meletakkan es batu pada gigi, karena akan menambah rasa sakit

  • 7.    Pasta gigi

Gigi sensitive diakibatkan oleh lapisan email gigi yang terkikis akibat dari kesalahan-kesalahan dalam menyikat gigi atau pecah akibat makan yang terlalu keras. Email yang terkikis membuat bagian dalam gigi tidak lagi terlindungi dari sifat asam pada makanan sehingga menyebabkan nyeri. Untuk mengtasi demikian, anda bisa menempelkan pasta gigi secukupnya saja pada gigi yang sakit. Pasta yang terbaik adalah yang mengandung fluoride agar dapat mengganti mineral email yang hilang.

  • 8.    Air liur

Air liur merupakan enzim yang penting untuk kesehatan gigi kita. Dimana air liur ini mengandung mineral yang di butuhkan oleh gigi sehingga akan melindungi gigi serta menambah kuat gigi. Ketika rasa sakit keluar cobalah pancing atau keluarkan air liur anda dan basahi gigi yang sakit agar dapat terjadi remineralisasi pada gigi yang sensitive tersebut. Anda bisa mengkonsumsi air untuk memancing air liur keluar dari kelenjarnya.

  • 9.    Obat oles (tipikal)

Obat sakit gigi yang berupa gel atau cairan yang dapat di beli diapotik. Salah satu contohnya merkdagangnya adalah dentasol. Cara penggunaannya cukup mudah hanya perlu di oleskan saja pada gigi yang sakit.  Obat ini mengandung benzokain yang berfungsi meredakan nyeri dan mematikan saraf sementara. Sehingga ini dapat membantu mengurangi rasa sakit gigi anda. Tetapi ini mungkin termasuk obat kimia, harap hati-hati dalam penggunaannya. Bacalah aturan pakai dengan sesuai.

  • 10.    Hindari stress

Ketika tubuh merasa ada tekanan atau stress sebaiknya anda tenangkan terlebih dahulu. Mengalami stress hanya akan meningkatkan rasa sakit pada gigi anda. Ada banyak komplikasi akibat stress. Dimana stress ini dapat mempengaruhi system kesetimbangan di dalam tubuh. Misalnya tekanan darah menjadi tinggi, penyakit jantung, ganguan pencernaan, diabetes, gangguan hormon dan masih banyak yang lainnya. Dan yang paling penting perlu dihindari adalah karena dapat membuat ketegangan syaraf sehingga memicu bertambah kuat sakit gigi anda.

  • 11.    Hindari makanan yang asam

Makanan yang bersifat asam akan dapat mengikis bagian lapisan email gigi yang sering di sebut dengan proses demineralisasi. Proses ini dapat berlangsung dengan cepat sehingga membuat gigi akan menjadi tipis menyebabkan sakit gigi atau sensitive. Ketika anda sedang mengalami sakit gigi sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan asam dan manis

  • 12.    Jangan biarkan mulut kering

Mulut yang kering akan dapat menjadikan gigi bertambah sakit dimana dapat terjadi proses demineralisasi akibat dari bakteri yang berkembang biak di mulut. Bukan hanya bakteri saja, akbiat dari makanan yang menempel pada mulut juga menjadi penyebab reaksi ini. Pada mulut yang kering, biasanya sakit akan datang dan kuat. Sebaiknya setelah anda mengkonsumsi makanan, banyak-banyak minum air putih, berkumur-kumur untuk membuang sisa-sisa makanan yang menempel agar tidak terjadi reaksi tersebut. Untuk mengatasi ini anda bisa mengkonsumsi air putih dan mengeluarkan air liur agar gigi yang sakit dapat di kurangi.

  • 13.    Istirahat

Keadaan tubuh yang lelah dan letih tentu akan membuat sakit. Bukan hanya sakit gigi saja, tetapi penyakit lainnya juga bisa timbul. Beristirahatlah dengan cukup setelah bekarja agar dapat menetralkan kerja otak dan menormalkan peredaran darah kembali sehingga sistem syaraf juga menjadi rileks, tidak tegang. Ini akan dapat mengurangi rasa sakit pada gigi anda.

Itulah beberapa cara alami untuk mengobati sakit gigi ampuh dilihat dari penyebabnya. Adapun obat-obatan kimia yang dapat menghilangkan rasa sakit seperti aspirin dan ibuprofen yang bisa di beli di apotik bebas tanpa resep dokter. Akan tetapi perlu di perhatikan bahwa obat-obatan kimia dapat menimbulkan efek samping berbahaya. Seperti penyakit MAG yang di sebabkan dari pengonsumsi obat-obatan seperti ini.

Jauh lebih baik apabila anda menerapkan cara yang alami saja seperti di atas. Anda bisa menerapkan mana yang menurut anda sukai. Semoga cara-cara di atas dapat bekerja dengan baik pada gigi anda. Demikian artikel Obat sakit gigi alami untuk anda semua. Sekian dan terimakasih. Good luck

13 Obat sakit gigi alami mengatasi langsung ke sumber sakit | admin | 4.5