17 Cara menghilangkan sakit gigi sampai keakar-akarnya

17 Cara menghilangkan sakit gigi sampai keakar-akarnya – Sakit gigi merupakan penyakit yang paling sering di derita orang seluruh Indonesia. Sampai saat ini tidak ada habis-habisnya orang yang sakit gigi. Rasa yang tidak membuat nyaman, sering kali membuat kita menjadi mengeluh, merintih dan menangis akibat rasa yang sulit di bilang dengan sebuah kata. Sakit gigi memang sangat menyebalkan membuat kita tidak bisa leluasa dalam beraktifitas.

17 Cara menghilangkan sakit gigi sampai keakar-akarnya
Menghilangkan sakit gigi berlubang

Sangat di sayangkan sekali apabila anda rajin gosok gigi setiap hari tetapi gigi masih berlubang dan menyebabkan sakit gigi. Ini merupakan salah satu indikasi kesalahan dalam menggosok gigi. Memang menggosok gigi sering di anggap remeh karena caranya yang cukup mudah, sebenarnya menggosok gigi yang tidak tepat maka hasilnya tidak akan maksimal hal inilah yang menyebabkan sakit gigi bisa datang dan berdiam di dalam mulut anda.

Tetapi jangan khawatir, kali ini blog sehatalamiah akan membagikan cara untuk mengatasi sakit gigi sampai ke akar-akarnya. Bukan hanya itu saja, yang di bahas akan secara menyeluruh sehingga akan membuka pengetahuan tentang sakit gigi. Silakan baca sampai habis dan jangan lewatkan sedikipun tulisan artikel di bawah ini.

Penyebab Sakit Gigi

Pertama-tama yang perlu kita ketahui adalah penyebab sakit tersebut sebelum mengobatinya. Bagaimana bisa mengobati tanpa tahu penyebabnya? Nah sakit gigi ada banyak penyebabnya. Apa saja yang menjadi penyebab sakit gigi? Simak berikut ini :

1. Gigi Berlubang

    Gigi berlubang merupakan penyebab utama akan terjadinya sakit gigi. Dimana lubang tersebut akan menjadi tempat bermukim sisa-sisa makanan yang telah di konsumsi. Sisa-sisa makanan ini akan di urai oleh bakteri, dalam waktu yang cukup, gigi akan terkikis sampai kedalam sehingga sampailah ke syaraf gigi. Ketika sampai kesyaraf gigi, bakteri dapat mudah menginfeksi dan menyebabkan sakit gigi.

    2. Menyikat Gigi yang Salah

      Menyikat gigi yang salah dapat menyebabkan sakit gigi. Biasanya kita menyikat gigi asal-asalan dan tidak memperhatikan bersih apa tidaknya sisa-sisa makanan yang ada di mulut. Ketika masih banyak sisa-sisa makanan yang ada di dalam mulut anda, maka itu yang akan menyebabkan bakteri berkembang biak di dalam mulut. Ikuti 10 cara menyikat gigi yang benar disini.

      Semakin banyak sisa makanan bakteri akan semakin leluasa untuk berkembang biak. Bakteri yang ada di permukaan gigi, terutama yang paling sering adalah gigi graham, anda bisa melihat gigi graham anda apakah ada cekukan atau tidak, apabila ada cekukan kecil, itulah akibat dari bakteri yang mengikis gigi anda! Lambat laun tanpa anda sadari, cekukan tersebut akan membesar dan akan menjadi penyabab sakit gigi.

      3. Jarang Menggosok Gigi

        Sudah tidak perlu lagi di jelaskan, jarang menggosok gigi tentu saja akan dapat membuat sakit gigi dimana sisa-sisa makanan yang menumpuk pada permukaan gigi tersebut akan menjadi rumah bagi bakteri untuk senang berkembangbiak.

        Perlu di ingat anjuran untuk menggosok gigi minimal adalah dua kali sehari. Akan lebih baik lagi jika lebih dari itu. Kesalahan dalam penggunaan waktu menggosok gigi juga menjadi penyebab utama. Waktu yang tepat menggosok gigi adalah sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Pastikan anda tidur dalam keadaan mulut sudah di bersihkan

        4. Alat yang Salah

          Dalam menggosok gigi perlu untuk memperhatikan alat yang di gunakan. misalnya adalah brus gigi dan pasta gigi. kesalahan memilih ini dapat juga menyebabkan sakit gigi. kesalahan memilih sikat gigi menyebabkan gigi tidak dapat bersih secara maksimal sehingga masih banyak menyisakan sisa makanan di mulut anda. Bukan hanya itu saja, kesalahan dalam memilih pasta gigi juga dapat menyebabkan gigi mudah rusak. Untuk memilih pasta gigi sebaiknya yang mengandung fluoride agar dapat membantu menguatkan gigi dan melindungi gigi dari sifat asam yang dihasilkan oleh bakteri.

          5. Makanan Manis

            Semua di antara kita siapa yang tidak suka makanan yang manis. Hampir di setiap makanan kita menjumpai rasa yang manis. Misalnya adalah gula, olahan makanan yang di campur dengan gula : kopi, teh, susu. Selain itu juga masih banyak!. Kondisi manis ini akan menjadi tempat yang nyaman bakteri. Dimana bakteri akan mengubah glukosa, fruktosa, dan sukrosa menjadi asam laktat. Asam ini yang akan mengikis gigi. hingga bakteri mudah masuk kedalam gigi.

            6. Karies Gigi

              17 Cara menghilangkan sakit gigi sampai keakar-akarnya

              Karies gigi merupakan salah satu penyakit infeksi yang merusak struktur gigi. penyakit ini juga dapat menyebabkan gigi berlubang. Anda bisa melihat bagian gigi yang bewarna kuning atau coklat atau hitam yang berkumpul dengan plak. Plak ini sisa makanan yang mengeras dan di dalam plak tersebut terdapat bakteri. Bakteri ini lah yang dapat mengikis gigi sehingga membuat berlubang dan menyebabkan sakit gigi

              Tetapi yang akan menjadi sulit untuk melihat karies ini apabila terdapat di sela-sela gigi dan infeksinya berada di pangkal gigi (dekat dengan gusi). Agar mudah memahami Anda bisa melihat gambar di samping ini :

              Mekanisme Terjadinya Sakit Gigi

              Penyebab utama kenapa sakit gigi itu datang adalah karena infeksi bakteri. Dimana bakteri ini merusak di bagian enamel hingga masuk dalam gigi. Lebih tepatnya pada syaraf di dalam gusi sehingga timbulah sakit. Jadi yang umum orang menyebutkan seperti makan ini dan makan itu sebenarnya itu adalah factor saja. Penyebab utama adalah bakteri. Tetapi ada juga sebagian kecil karena di sebabkan oleh retaknya lapisan email gigi sehingga membuat gigi sensitif serta sakit gigi.

              Gigi berlubang bisa menyebabkan sakit gigi? Tidak! Apabila lubang gigi tersebut tidak sampai ke bagian syaraf gusi atau belum menembus bagian bawah gigi maka tidak akan menyebabkan sakit gigi. Tetapi apabila telah sampai menembus kedalam maka bisa menyebabkan sakit gigi. Bakteri ini bisa menyebabkan penumpukan asbes di dalam lubang gigi, menginfeksi gusi dan menyebabkan sakit gigi. Tetapi perlu di ketahui juga kan, Bagaimana bakteri bisa menyebabkan gigi berlubang? Anda bisa membaca pada artikel “Begini reaksi bakteri membuat gigi berlubang

              Jadi pada intinya (kesimpulan) penyebab sakit gigi itu adalah bakteri. Dan sekarang kita sudah tahu penyebabnya kenapa sakit gigikan? Nah selanjutnya adalah menghilangkannya. Untuk menghilangkannya yaitu dengan cara membunuh bakteri tersebut agar tidak menyebabkan infeksi di dalam gusi.

              Pengobatan Sakit Gigi

              Baiklah sekarang mari kita cari tahu bagaimana cara mengobati sakit gigi. Seperti yang kita tahu di atas tadi bahwa bakterilah yang menyebabkan sakit gigi. Maka untuk mengatasinya adalah dengan memusnahkan bakteri yang ada di dalam gigi tersebut. Untuk membunuh bakteri tersebut di butuhkan antiseptic atau antibiotic. Antiseptic ini biasanya di dapat dari dokter atau di beli di apotik.

              Tetapi anda tidak perlu repot datang ke dokter, karena ada bahan alami yang mengandung antiseptic. Ada dua metode untuk menghilangkan sakit gigi, yaitu mengatasi dari luar dan mengatasi dari dalam. Berikut adalah penjelasan bagaimana cara kerjanya :

              1)    Mengatasi dari luar

              Mengatasi dari luar adalah mengobati sakit gigi dengan bantuan beberapa obat-obatan yang mengandung zat antibakteri atau antiseptik yang akan membunuh bakteri penyebab sakit gigi anda. Beberapa makanan dan cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

              1. Garam

                Garam banyak menjadi obat alami untuk mengatasi penyakit yang di sebabkan oleh bakteri. Kandungan asin yang ada di dalam garam dapat menghambat pertumbuhan bekteri di dalam mulut. Cara penggunaanya anda cukup larutkan garam secukupnya kedalam segelas air lalu gunakanlah untuk berkumur setiap hari sampai sakit gigi mereda.

                2. Jeruk Nipis

                  Jeruk nipis mengandung senyawa asam sitrat. Asam sitrat ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan membunuh bakteri. Sehingga banyak di gunakan sebagai pengawet. Karena itulah jeruk nipis mengandung antiseptic alami. Anda bisa menggunakan air perasan jeruk nipis di tambahkan dengan air hangat di dalam satu gelas lalu gunakanlah untuk berkumur setiap hari.

                  3. Lemon

                    Sama seperti jeruk nipis, lemon banyak mengandung asam sitrat. Kandungan antiseptic yang ada di dalam lemon ini dapat di jadikan sebagai alternative alami untuk membunuh bakteri penyebab sakit gigi anda. Caranya cukup mudah, anda ambil perasan air lemon di tambahkan dengan air hangat lalu buatlah untuk berkumur setiap hari.

                    4. Daun Sirih

                      Daun sirih sudah di percaya sejak zaman dahulu dan menjadi obat tradisonal yang sampai saat ini masih banyak di gunakan. Kandungan antiseptic yang ada di dalam akan membunuh bakteri penyebab sakit gigi. selain itu daun ini juga mengandung antiinflamasi yang akan mengurangi peradangan di dalam lubang gigi. Cara menggunakannya anda rebus dahulu beberapa lembar daun sirih, setelah itu biarkan airnya sedikit menguap hingga air berubah warna. Dinginkan air rebusan daun sirih dan gunakan untuk berkumur setiap hari.

                      5. Biji Asam Jawa

                        Asam jawa dapat di gunakan sebagai obat sakit gigi dengan cara yang sangat simple. Anda cukup sangrai biji lalu di haluskan setelah itu oleskan pada gigi yang sakit.

                        Baca juga: 7 cara menghilangkan bau ketiak sampai keakar-akarnya

                        Bukan hanya biji saja. Daun dari asam jawa juga mengandung antiseptic, anda bisa memanfaatkan kandungan antiseptic ini untuk membunuh bakteri di gigi anda. Caranya ambil daun asam jawa secukupnya bersihkan dari debu dan anda rebus dengan air, setelah itu dinginkan dan ambil airnya untuk di gunakan sebagai obat kumur.

                        6. Bawang Putih

                          Bawang putih sudah terkenal dari dulu sebagai obat tradisional. Hal ini karena kandungan antiseptic yang ada di dalam yang menjadi obat alami, efektif untuk membunuh bakteri. Anda bisa menggunakan bawang putih ini untuk mengurangi sakit gigi anda yaitu dengan melumatkan satu siung bawang putih di tambah dengan sedikit garam. Lalu oleskan pada gigi yang sakit.

                          7. Bawang Merah

                            Sama seperti bawang putih di atas, tumbuhan yang masih segolongan umbi-umbian, bawang merah juga mengandung antiseptic alami yang dapat membunuh bakteri. Anda bisa menggunakan sebagai obat sakit gigi yaitu dengan melumatkan 1 buah bawang merah di tambah garam lalu oleskan pada gigi yang berlubang

                            8. Belimbing Waluh

                              Tidak seperti belimbing seperti biasa yang berbentuk agak besar, wuluh memiliki ukuran yang kecil. Kira-kira sebesar ibu jari orang dewasa. Biasanya belimbing ini digunakan untuk perasa makanan. Karena rasanya yang sangat asam membuat sekali gigit saja akan banyak mengeluarkan air liur. Belimbing ini juga banyak di jadikan alternative alami untuk mengatasi jerawat, sariawan , mencegah diabetes dll. Untuk menghilangkan sakit gigi anda bisa menggunakan belimbing ini dengan cara menggunyahnya. Anda bisa menambah sedikit garam agar mendapatkan hasil yang maksimal

                              9. Daun Jambu biji

                                Daun jambu yang terkenal sebagai obat diare. Hal ini karena kandungan antibakteri yang ada di dalam daun jambu biji dapat menetralkan atau membunuh bakteri penyebab diare di dalam usus. Selain itu dapat juga di jadikan sebagai penghilang bau badan. Kandungan antiseptic tersebut dapat di manfaatkan untuk membunuh bakteri penyebab sakit gigi. caranya kunyah saja daun muda jambu biji sampai lumat. Selain itu anda juga bisa rebus beberapa lembar daun di campur garam lalu gunakan untuk berkumur.

                                10. Air Kelapa

                                  Air kelapa memberikan manfaat yang sangat banyak untuk tubuh. Selain sebagai pengganti ion tubuh yang hilang air kelapa juga memiliki kandungan antiseptic alami. Anda bisa menggunakan air kelapa untuk berkumur setiap hari. Gunakanlah kelapa yang sudah agar berisi,kira-kira 1 cm-an tebal isinya atau yang sudah tua. Karena kandungan gula pada kelapa yang sudah tua lebih sedikit sehingga akan mengurangi rasa sakit. Selain itu kandungan minyak pada kelapa tua lebih banyak. Anda bisa melihat perbedaannya pada air kelapa muda dan kelapa tua. Kandungan minyak ini penting karena mengandung antiseptic alami pada minyaknya

                                  Cara lainnya:

                                  Kalau di pikir dengan berkumur apakah sudah efektif membunuh bakteri yang ada di dalam gigi berlubang tersebut? Menurut saya bahwa apabila kita hanya berkumur maka bakteri yang ada di mulut saja yang akan hilang, sedangkan bakteri yang ada di dalam lubang tersebut mungkin masih tersisa. Sehingga memungkinkan dapat terjadi sakit gigi di lain waktu. Untuk mengatasi hal ini anda bisa mencoba 13 obat sakit gigi mengatasi langsung ke sumber sakit yang pernah di tulis disini.

                                  2)    Mengatasi Dari Dalam

                                  Adapun cara untuk menghilangkan sakit gigi dari dalam adalah dengan memasukkan antiseptic atau antibiotic kedalam tubuh kita. Dengan seperti itu antiseptic ini akan membunuh bakteri dari dalam yang di alirkan pada peredaran darah. Jangan khawatir untuk menggunakan antiseptic disini karena akan menggunakan bahan yang alami.

                                  Untuk memasukkan antiseptic tersebut kedalam tubuh adalah dengan cara mengkonsumi makanan-makanan yang mengandung antisptik. Beberapa makanan yang dapat anda konsumsi dapat anda baca pada artikel :

                                  Alternatif lainnya, makanan atau minuman yang mengandung antiseptic alami adalah air kelapa. Air kelapa muda dipercaya sejak dulu sebagai obat tradisonal menyembuhkan luka dan demam. Air kelapa mengandung asam laurat yang dapat menjadi antisptik, antibakteri, antivirus, antijamur dll. Dengan kandungannya yang sempurna itu akan bermanfaat untuk mengatasi sakit gigi dari dalam.

                                  Bagi anda yang ingin mendapatkan informasi manfaat air kelapa lebih lengkap anda bisa membaca pada artikel yang pernah di tulis disini. Berikut list artikelnya

                                  Itulah beberapa cara yang dapat di gunakan untuk mengatasi sakit gigi anda. Perlu di garis bawahi bahwa cara-cara di atas adalah alamiah, jadi tidak menimbulkan efek samping. Akan tetapi apabila sakit gigi anda tidak sembuh dalam jangka lama, sebaiknya anda kunjungi dokter gigi saja.

                                  Adapun hal yang perlu anda ketahui bahwa apabila terdapat darah atau asbes yang berada di dalam lubang gigi yang sakit tersebut, maka asbes tersebut harus di keluarkan terlebih dahulu agar memudahkan membunuh bakteri. Asbes atau nanah tersebut merupakan tempat bekteri. Dan itu juga yang menyebabkan sakit bertambah kuat. Untuk menghilangkan asbes, anda bisa mencongkelnya apabila berani melakukannya. Untuk melakukannya mungkin di butuhkan kompres es batu terlebih dahulu dengan meletakkan handuk yang sudah di basahi air es batu, lalu di tempel pada bagian pipi dekat dengan bagian gigi yang sakit. Akan lebih baik lagi, anda kunjungi saja dokter gigi terdekat agar di bersihkan dengan lebih aman.

                                  Itulah 22 cara untuk menghilangkan sakit gigi sampai keakar-akarnya yang bisa anda lakukan dirumah. Selain bahan-bahan yang mudah di dapat, harganya juga sangat murah meriah. Anda bisa menggunakan mana yang di sukai saja. Teriamakasih semoga bermanfaat^^

                                  17 Cara menghilangkan sakit gigi sampai keakar-akarnya | admin | 4.5