4 Cara menghilangkan bau kaki sampai keakar-akarnya

4 Cara menghilangkan bau kaki sampai keakar-akarnya
Bau Kaki

4 Cara menghilangkan bau kaki sampai keakar-akarnya – Tidak hanya bau mulut dan bau badan, ternyata kaki juga dapat mengeluarkan bau yang busuk. Dari mana kaki bisa mengeluarkan bau busuk? Ya tentu dari kaki itu sendiri. Penyakit yang sangat memalukan bagi seseorang yang mengalami bau kaki. Ini merupakan salah satu penyakit yang mengurangi rasa percaya diri seeprti penyakit bau bau yang lainnya.

Anda bekerja di sebuah perkantoran yang mengharuskan untuk menggunkan kaos kaki dan sepatu akan mempercepat kaki gerah serta panas. Kaki yang terbungkus dalam waktu berjam-jam lamanya hingga mengeluarkan keringat di dalam sepatu ini yang memicu timbulnya bau kaki. Ketika anda sedang melakukan banyak interaksi dengan masyarakat atau dengan anggota lainnya, jangan sampai bau kaki tercium oleh mereka. Ini akan sangat memalukan

Apabila anda sekarang sedang mengalami penyakit bau kaki, tenang saja! karena semua masalah bau kaki akan di kupas disini secara tuntas. Anda bisa baca semua, ikuti dan terapkan agar dapat menghilangkan bau kaki anda sampai pada akar-akarnya.

Penyebab

Penyebab timbulnya bau kaki adalah karena tidak menjaga kebersihan kaki sehingga menyebabkan adanya bakteri yang berkembang biak di dalam kaki tersebut. Biasanya paling umum itu di sela-sela kuku jempol kaki. Disini sela-sela cukup besar sehingga mudah masuknya debu dan bakteri kedalam celah tersebut. Hingga pada akhirnya bakteri akan melakukan infeksi di bagian tersebut. Penderita akan merasa sakit pada bagian kaki hingga keluar aroma busuk. Bakteri yang berkembang biak menghasilkan gas yang menimbulkan bau. 

Begitu juga kaki yang di bungkus dengan sepatu atau kaos kaki. Bakteri yang ada di kaki akan berkembang biak menyebabkan bau kaki timbul hingga menyengat. Kebersihan dari kaos kaki dan sepatu sangat menentukan akan keberadaan bakteri. Semakin banyak akan semakin besar pula bau yang di timbulkan.

Mekanisme

Ketika anda tidak menjaga kebersihan pada kaki, khususnya pada jempol kaki. Pada bagian samping kuku jempol kaki terdapat celah kecil itu media debu dan kotoran masuk. Debu dan kotoran mengandung bakteri. Bakteri hidup di dalam celah tersebut, lelu menginfeksi dan menyebabkan sakit pada bagian samping jempol. Bakteri yang berkembang biak pada kaki hingga menhasilkan gas atau aroma yang tidak sedap. Ini dapat terjadi pada kaki yang terbungkus oleh sepatu. Kaki yang terbungkus sepatu mengeluarkan keringat. Lalu keringat di urai oleh bakteri menghasilkan aroma bau kaki.

Pengobatan

Cara menghilangkan bau kaki adalah dengan membunuh bakteri yang menyebabkan bau tersebut. Ada banyak cara yang bisa di lakukan. Ringkasan lengkap anda bisa membaca di bawah ini :

  • 1.    Membersihkan kaki

Pertama-tama penting adalah membersihkan kaki terlebih dahulu dari kotoran. Apabila kaki anda sedang mengalami sakit, coba bersihkan sebentar dengan air hangat. Anda bisa membrush bagian seluruh kaki agar dapat bersih lebih optimal. Gunakan brus yang lembut dan busa sabun, lakukan secara perlahan-lahan saja

  • 2.    Merendam kaki

Setelah anda membersihkan kaki tersebut, selanjutnya cobalah rendam kaki dengan air hangat. Air hangat memiliki tegangan permukaan yang lebih rendah dari air biasa sehingga akan dapat membukan semua pori-pori, mengangkat kotoran yang menempel termasuk bau dan melancarkan peredaan darah.

Sebelum anda melakukan perendaman kaki, anda bisa mencampur jenis rempah-rempah lain kedalam air hangat. Misalnya minyak kelapa, minyak cengkeh, minyak oregano, soda,  cuka sari apel, sabun antibakteri, minyak zaitun dan lain sebaginya. Rempah-rempah ini mengandung antiseptic alami sehingga akan dapat membunuh bakteri yang berada pada kaki anda. Campurkan secukupnya saja dan lakukan perendaman dalam beberapa menit

  • 3.    Rendam dengan air dingin

Air dingin berfungsi untuk menutup pori-pori bagian kaki agar tidak mudah di masuki bakteri dari luar. Cobalah rendam kaki anda sebentar sebelum menyelesaikan langkah ini. Apabila anda biarkan kaki dalam pori-pori besar akan memudahkan bakteri masuk dan tinggal pada kaki. Ini menyebakan penyakit lain akan mudah timbul.

Ketika anda merendam kaki dengan air dingin, anda bisa mencampurkan bahan-bahan yang memiliki aroma harum seperti daun kemangi, daun jeruk, daun serai, daun pandan, daun jambu, daun kenikir dll. Ini berfungsi untuk memberikan aroma yang harum pada kaki anda.

  • 4.    Keringkan kaki

Setelah selesai merendam kaki dengan air dingin, selanjutnya keringkan dahulu kaki anda. bersihkan kaki dengan handuk. Biarkan sampai benar-benar kering. Apabila kaki anda bau karena keringat saja, seharusnya sampai step ini sudah menyelesaikan masalah bau kaki.

Akan tetapi apabila bau kaki akibat dari infeksi bakteri yang ada di dalam celah kuku kaki, mungkin masih terasa sedikit sakit. Anda bisa mempercepat penyembuhan pada bagian yang sakit dengan memunuh bakteri yang menginfesi. Membunuh bakteri yaitu dengan memberikan antiseptic. Antiseptic atau antibakteri anda bisa beli di apotik.

Antiseptik dari bahan alami misalnya dari minyak kelapa VCO lebih baik anda gunakan. Anda cukup meneteskan beberapa tetes kedalam bagain yang sakit. Biarkan dalam beberapa saat, setelah itu bersihkan kembali kaki. Lakukan sampai kaki anda sembuh dari sakit dan bau menyengat. (Apabila minyak keras, campurkan sedikit air agar tidak terlalu panas). Anda juga bisa menggunakan buah buahan yang mengandunag antiseptik dapat membantu anda membunuh bakteri dari dalam tubuh

Pencegahan

Setelah sembuh dari bau kaki yang menyengat, jangan biarkan datang dan membuat repot anda lagi. Sebaiknya di cegah agar tidak terulang kedua kalinya. Berikut adalah tindakan mencegah penyakit bau kaki :

  •     Jaga kebersihan kaki

Kebersihan merupakan bagian yang paling utama dalam kesehatan. Penyakit apapun itu akan memberikan nasiat untuk selalu menjaga kesehatan. Termasuk penyakit bau kaki. Anda juga harus menjaga kebersihan kaki, terutama pada bagian samping kuku. Ini paling sering di infeksi bakteri dan menyebabkan bau busuk.
Bersihkan kaki anda dari kotoran dan debu yang menempel pada kaki. Anda bisa melakukan penggosokan kaki dengan brus yang lembut secara perlahan-lahan. Gunakan sabun agar mendapatkan busa yang membersihkan lebih optimal

  •     Potong kuku

Kuku yang panjang akan menyulitkan anda membersihkan kaki secara optimal / menyeluruh. Akibatnya masih ada bagian yang kotor berada di kaki. Ini dapat menjadi rumah bagi bakteri yang akan menimbulkan bau kaki. Sebaiknya anda potong kuku apabila sudah panjang.

  •     Selalu cuci kaki

Setelah berakitivitas, akan banyak bakteri-bakteri menempel pada tubuh kita. bakteri ini bisa saja berasal dari debu atau dari benda-benda yang terkena kaki saat beraktifitas. Agar bakteri tidak berkembang biak menjadi lebih banyak, cuci kaki terlebih dahulu sebelum istirahat. Ini jauh lebih baik untuk menghindari bau kaki menyengat

  •     Kaos kaki yang bersih

Jika anda seorang karyawan yang bekerja di kantor atau di perusahaan akan di wajibkan untuk menggunakan kaos kaki dan sepatu. Kaos kaki yang menutupi seluruh permukaan kaki anda akan membuat kaki menjadi hangat. Ini memicu keluarnya keringat pada kaki. Keringat akan melembabkan kulit kaki dimana ini suasana yang di sukai bakteri. Bakteri yang banyak berkembang biak akan menjadi pemicu bau kaki.

Bakteri bisa berasal dari kaos kaki yang kotor ketika ada keringat yang keluar akan di uraikannya membentuk senyawa lain yang menyebabkan bau. Maka dari itu, selalu gunakan kaos kaki yang bersih. Gunakan kaos kaki 2-3 kali pakai saja setelah itu di cuci agar tidak menyebabkan bau.

  •     Sepatu yang bersih

Demikian juga dengan sepatu. Keringat yang berlebihan keluar dari pori-pori kaki membuat kaos kaki basah hingga tumpah pada sepatu. Keringat tersebut akan menjadi tempat bakteri menciptakan bau busuk pada sepatu. Cucilah sepatu anda secara berkala, misalnya seminggu sekali agar tidak menimbulkan bau yang memalukan.

Kesimpulan

Menjaga kebersihan adalah kunci utama sukses kesehatan. Apapun penyakit kebanyakan di sebabkan oleh bakteri yang berasal dari lingkungan kotor. Sebagian besar penyebab bau adalah adanya aktifitas bakteri pengurai yang menghasilkan gas tertentu hingga menyebabkan bau. Bau tersebut di cium manusia dengan aroma yang tak sedap. Seperti halnya bau badan ataupun bau mulut, bakteri juga yang melakukannya

Meskipun bau kaki ini penyakit yang ringan dan mudah dalam menyelesaikannya, tetapi jangan sampai terjadi terus menerus. Karena ini akan sangat mengganggu dan merepotkan aktifitas anda sehari-hari. Lebih baik anda mencegah saja, jauh lebih mudah bukan? Itulah cara-cara menghilangkan bau kaki sampai keakar-akarnya. Anda bisa menerapkan cara di atas hingga sembuh tanpa efek samping. Good luck

4 Cara menghilangkan bau kaki sampai keakar-akarnya | admin | 4.5