40 Manfaat Madu Alami Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan TubuhMadu adalah cairan yang dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nectar bunga. Cairan ini ada yang kental dan ada yang agak cair. Warnanya juga ada 2 macam, berwarna agak kekuning-kuningan dan berwarna hitam. Begitu juga dengan rasa, ada yang manis dan ada yang pahit. Ini semua di pengaruhi oleh bunga yang di hinggapi oleh lebah. Beberapa bunga yang nektarnya mengandung senyawa tertentu (yang membuat pahit), memungkinkan madu yang di hasilkan lebah juga akan pahit.

40 Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh
Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Seperti yang kita tahu bahwa madu ini adalah supplement yang dapat di gunakan untuk segala macam obat. Hampir seluruh penyakit dapat di obati oleh madu. Kandungannya yang memiliki manfaat cukup banyak untuk kesehatan manusia. Tanpa batas usia untuk mengkonsumsi madu, dari anak kecil hingga dewasa bahkan usia tua sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi rutin madu agar dapat menjaga stamina dan kesehatan secara alami.

Oke tanpa berlama-lama mari kita lihat langsung apa saja lihat kandungan madu dan manfaatnya untuk kesehatan kita semua disini. Berikut penjelasan lebih lengkapnya

Kandungan Madu Murni

Adapun kandungan yang terdapat pada madu adalah sebagai berikut :

  • Gula (fruktorsa, sukrosa, glukosa, maltosa)
  • Lemak
  • Air
  • Protein
  • Vitamin B2 (riboflavin)
  • Vitamin B3 (niacin)
  • Vitamin B5 (asam pantotenat)
  • Vitamin B9 (folat)
  • Vitamin C
  • Mineral : fosfor, potassium, kalsium, besi, magnesium, sodium, zink

Manfaat Madu Asli

Setelah mengetahui apa saja kandungan dari madu ini selanjutnya apa saja manfaatnya untuk tubuh kita? Mari kita simak penjelasannya lebih lengkap berikut ini :

1. Mengandung Gula

Gula yang terkandung pada madu cukup tinggi. Mulai dari glukosa, sukrosa, fruktosa dan maltose. Ini menyebabkan madu terasa sangat manis. Bahkan manisnya sangat menyengat. Apabila anda mengkonsumsi madu tanpa campuran apapun, akan terasa sangat manis di dalam mulut, bahkan pada bagian leher.

2. Mengandung Protein

Protein merupakan sumber energy yang terbaik bagi tubuh. Fungsinya adalah sebagai zat pembangun dan pendorong metabolism pada tubuh manusia. Protein juga penting untuk system kekebalan atau antibody di dalam tubuh, dimana protein dapat menangkal radikal bebas ataupun zat-zat asing yang akan merusak dan menelusup pada tubuh kita untuk menghancurkanya, sehingga kesehatan tubuh akan sangat terjaga.

3. Mengandung Vitamin B

Vitamin B yang cukup banyak di antaranya adalah vitamin B2 (Riboflavin), B3 (Niasin),  B5 (Pantothenic acid), Vitamin B6 (Piridoksin) dan B9 (Asam Folat). Kumpulan vitamin penting untuk kesehatan tubuh, terutama untuk darah dan juga tulang. Dari berbagai kandungan vitamin B ini memiliki fungsin sendiri-sendiri. Secara ringkas fungsinya adalah : membantu proses metabolism protein, energy, membantu kesehatan mata, kesehatan kulit, produksi sel darah merah, penting untuk otak, mencegah kerusakan syaraf, membantu perkembangan sel, sintesa DNA pada bayi.

4. Mengandung Vitamin C

Ini adalah komponen penting untuk kesehatan tubuh. Kekurangan vitamin C akan membuat badan lemas dan mudah terserang penyakit. Karena kandungan yang ada di dalam vitamin ini akan membantu system kekebalan tubuh, melindungi tubuh dari radikal bebas (antioksidan), menjaga kesehatan tubuh dari infeksi bakteri sehingga orang yang sering mengkonsumsi banyak vitamin C akan sehat, segar dan bugar.

Manfaat lainnya tentu masih ada sangat banyak sekilas adalah dapat mencegah penyakit kanker, mencegah darah tinggi, mencegah stroke, mencegah keracunan, menjaga kesehatan jantung, melindungi dari radiasi, menjaga kesehatan kulit dan penting untuk dunia kecantikan dan perawatan kulit tubuh dan wajah. Selain madu, beberapa buah yang mengandng vitamin C baik untuk kesehatan kulit serta mencerahkan kulit misalnya Buah Mangga, Buah Pepaya dan air kelapa muda.

5. Kaya Akan Mineral

Mineral yang di kandung madu sangat mencukupi untuk kesehatan di dalam tubuh kita. Beberapa di ataranya adalah fosfor, potassium, kalsium, besi, magnesium, sodium, zink. Mineral ini akan berfungsi untuk kesehatan tulang, gigi, membantu proses metabolism di dalam tubuh, membantu pembentukan hemoglobin, mencegah anemia, menjadi kekebalan tubuh, mencegah osteoporosis, menjaga kesehatan reproduksi, mencegah penyakit, mengatasi insomnia, menjaga kesehatan kehamilan dan lain sebaginya.

6. Antioksidan

Kandungan antioksidan akan sangat penting untuk kesehatan tubuh kita. Antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang terjadi di dalam tubuh atau juga masuk kedalam tubuh. Radikal bebas bisa berasal dari hasil metabolism tubuh, rokok, sinar ultraviolet, makanan, dan polutan. Antioksidan yang berada di dalam madu ini berasal dari kandungan vitamin C-nya. Manfaat lainnya yaitu dapat mengurangi kerusakan yang terjadi pada usus besar.

Mungkin bingung apa itu radikal bebas? Di kutip dari laman wikipedia, Radikal bebas adalah mulekul yang kehilangan satu buah electron akibat dari pemecahan homolitik di dalam tubuh. Hal ini menyebabkan molekul tersebut mudah bereaksi dengan molekul lain membentuk radikal baru. Penyakit yang di sebabkan radikal bebas misalnya serangan jantung, kanker, katarak dan gangguan ginjal. Untuk mencegahnya yaitu dengan antioksidan. So sangat penting sekali kegunaan antioksidan bukan?

7.    Antiseptik

Sebagai antiseptic madu akan dapat membasmi microorganism (termasuk bakteri) bebahaya yang masuk kedalam tubuh dan di bagian luar tubuh yaitu pada bagian kulit manusia. Mungkin kita akan sulit untuk tidak berinteraksi dengan microorganime termasuk juga bakteri. Di sekliling kita yang tanpa kelihatan kehidupan microorganism ini akan mudah saja menempel pada tubuh. Nah antiseptic pada madu ini akan sangat membantu menyembuhkan penyakit akibat infeksi micoorganisme. Kandungan yang sangat alami dan tidak akan menimbulkan efek samping. Oleh karena itu madu di masukkan ke dalam 22 rempah-rempah antiseptik yang bisa di manfaatkan sebagai pengobatan alamiah

8.    Antibakteri

Ini berbeda dengan antiseptic, antibakteri dikhususkan untuk mengatasi bakteri. Madu sebagai antibakteri mungkin sudah banyak yang tahu. Dari kandungan antibakteri ini menjadi banyak sekali kegunaan madu di dalam dunia pengobatan, kecantikan dan kedokteran.  Dalam dunia kecantikan atau perawatan wajah madu banyak menjadi resep untuk mengatasi jerawat, bisul dan gatal-gatal , atau penyakit kulit lainnya. Penyakit ini banyak di sebabkan oleh bakteri. Nah untuk mengatasi ini cukup dengan di oleskan madu pada bagian yang luka.

Madu tersebut akan bereaksi dengan cairan tubuh hingga membentuk hydrogen peroksida. Secara perlahan hydrogen peroksida akan di lepaskan dan menghasilkan antiseptic. Agar lebih cepat madu bereaksi menghasilkan antiseptik anda dapat melakukan penyinaran bagian yang di oles madu, atau di campur sedikit air hangat. Untuk mengatasi jerawat mungkin sangat manjur pakai madu ini

9.    Mengobati Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang cukup serius selama ini kita kenal dan tidak dapat di sembuhkan. Sebagai penderita diabetes tentu sangat menderita karena harus membatasi beberapa makanan. Sehingga kita menjadi tidak bebas seperti terkurung dalam penjara. Karena tidak boleh banyak mengkonsumsi makanan akan membuat tubuh menjadi cepat lelah (akibat kekurangan energy).

Tetapi tenang saja, dikutip dari laman wikipedia ternyata kandungan gula pada madu ini dapat di konsumsi oleh para penderita diabetes. Hal ini di sebabkan kandungan gula madu berupa fruktosa, apabila ini masuk kedalam tubuh akan langsung di rubah menjadi energy tanpa menggunakan hormone insulin. Ini sangat membantu bagi penderita diabetes karena akan dapat membuat terus bertenaga dan tidak gampang lelah.  Sehingga ini akan dapat menyembuhkan penyakit diabetes.

10.     Mengobati Sakit Tenggorokan

Tenggorokan mungkin sering mengalami sakit atau meradang. Ini menyebabkan rasa yang tidak nyaman bagi penderita. Juga termasuk batuk serta pilek. Pada umumnya sakit seperti ini di sebabkan oleh virus atau bakteri serta menurunnya system kekebalan tubuh. Menurunnya system kekebalan tubuh akan memudahkan bakteri menyerang hingga membuat kita sakit.

Madu dapat mengobati radang tenggorokan, batuk dan pilek. Kandungan antibakteri akan dapat membantu membunuh bakteri dari dalam tubuh. Dan kandungan vitamin C akan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah di serang lagi. Ini sudah di gunakan berabad-abard lamanya sejak dahulu dan sampai sekarang penelitian juga telah membuktikan khasiat madu yang memang tidak bisa di ragukan lagi.

Nah itulah penjelasan khasiat madu berdasarkan kandungannnya. Madu memang sudah di kenal sejak lama, sebagai obat tradisional alami yang sangat membantu manusia menyembuhkan hampir seluruh penyakit. Sebagai obat yang luar biasa madu dapat di gunakan untuk pengobatan dan perawatan bagian luar hingga bagian dalam tubuh. Penggunaannya yang cukup mudah tanpa efeksamping serta manfaat yang banyak

Ringkasan

Mungkin beberapa manfaat di atas masih kurang lengkap, karena manfaat madu begitu banyak sekali. Oleh karena itu agar lebih mudah mendapatkan informasi yang cepat, tepat, lengkap dan akurat. Berikut ringkasan manfaat madu untuk kesehatan tubuh kita :

A. Manfaat Madu untuk Kesehatan

1. Antioksidan
2. Antibakteri
3. Mencegah kanker
4. Mencegah stress
5. Meningkatkan stamina
6. Meningkatkan daya ingat
7. Mencegah penyakit jantung
8. Membantu metabolism alcohol
9. Meningkatkan metabolism tubuh
10. Sumber nutrisi baik untuk tubuh
11. Meyuburkan pasangan suami istri

B. Manfaat Madu untuk Pengobatan

12. Mencegah tumor
13. Mengurangi alergi
14. Mengurangi bengkak
15. Mencegah Alzheimer
16. Mengobati diabetes
17. Mengobati luka bakar
18. Mengurangi bau badan
19. Mengatasi sakit perut
20. Mengobati tenggorokan
21. Mengobati flu atau batuk
22. Mencegah penyakit kuning (hati)

C. Manfaat Madu untuk Kulit dan Wajah

23. Mencegah keriput
24. Melembabkan kulit
25. Menghaluskan wajah
26. Mencegah iritasi kulit
27. Menghilangkan jerawat
28. Mencegah penuaan dini
29. Menghilangkan komedo
30. Menjaga kesehatan kulit
31. Mencerahkan kulit wajah
32. Mengecilkan pori-pori wajah
33. Menghilangkan bekas jerawat
34. Mencegah kulit hitam saat tua
35. Memelihara kecantikan kulit dan wajah
36. Membersihkan kulit dari flek atau noda

D. Manfaat Madu untuk Rambut

37. Meluruskan rambut
38. Menguatkan rambut
39. Menghitamkan rambut
40. Mencegah timbul buah rambut
41. Menghilangkan rambut bercabang

40 Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh
Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Adapun cara penggunaan madu sebagai perawatan kecantikan kulit dan wajah adalah dengan membuat masker madu yang dapat di tempelkan pada wajah atau bagian kulit yang luka atau bagian bekas jerawat. Untuk membuat masker ini anda bisa mencampur dengan sedikir air hangat atau tanpa campuran tetapi di sedikit sinari dengan matahari agar dapat cepat bereaksi.

Madu memang top sekali manfaatnya. Makanan yang unik berbentuk kental dan rasanya yang enak sangat di sukai oleh semua kalangan. Madu juga banyak di buat menjadi berbagai olahan. Misalnya di campur dengan makanan seperti roti, sebagai jus, sebagai resep makanan, sebagai sirup, sebagai pencampur minuman dan lain sebagainya dapat di olah sesuai dengan selera tanpa batas.

Untuk mendapatkan madu anda tidak perlu kesulitan karena saat ini sudah banyak sekali madu di budidayakan hingga meluas seluruh Indonesia. Alangkah baiknya anda mengkonsumsi madu asli langsung dari sarangnya tanpa olahan atau produksi dari perusahaan. Hal ini agar mendapatkan manfaat yang optimal. Adapun tips cara memlih madu murni anda bisa membaca disini. Cukup sampai disini artikel kali ini. Semoga bisa menjadi informasi yang lengkap, jelas dan bermanfaat untuk pembaca. Terimakasih. Sehat selalu dengan mengkonsmusi Madu Alami.

40 Manfaat Madu Alami Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh | admin | 4.5