5 Cara mengatasi pilek dengan cepat tanpa repot

5 Cara mengatasi pilek dengan cepat tanpa repot

5 Cara mengatasi pilek dengan cepat tanpa repot – Pilek atau hidung tersumbat sering kali menyerang tubuh. Penyakit ini termasuk penyakit ringan dan mudah sembuh. Umumnya ini disebabkan oleh virus influenza. Virus ini terdapat pada udara yang kotor atau lingkungan yang kotor. Hal ini di tandai apabila terinfeksi virus ini kita akan bersin-bersin. Itu adalah salah satu cara tubuh mengeluarkan benda-benda asing dari dalam tubuh. Setelah besin barulah pilek akan datang.

Ada banyak cara yang dapat di gunakan untuk mengatasi pilek ini. Sebelum mengatasi akan lebih baik kita untuk mencegah terlebih dahulu. Toh ada pepatah bilang, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Berikut ini langkah cara untuk mencegah penyakit pilek

  • Jaga kebersihan

Menjaga kebersihan adalah factor penting dalam kesehatan. Lingkungan yang bersih akan lebih menyehatkan karena lebih sedikit bakteri-bakteri yang berkembangbiak disana sehingga tubuh masih dapat dengan mudah mengatasi bakteri tersebut. Lingkungan yang kotor akan lebih mudah untuk di tempat oleh bakteri ataupun virus. Semakin kotor akan semakin banyak pula kuman-kuman tersebut sehingga peluang untuk masuk kedalam tubuh akan lebih besar. Simak artikel alasan kenapa kita sakit disini untuk mengetahui lebih dalam agar dapat mencegah sebelum terjadi.

  • Banyak minum

Minum air putih berfungsi untuk melancarkan peredaran darah. Darah yang banyak banyak mengandung air tentu saja akan lebih cair sehingga akan lebih mudah dan melancarkan peredaran darah tersebut. semakin darah lancar maka akan lebih cepat dan lebih banyak membawa kuman-kuman berbahaya yang berada di dalam tubuh dan di saring melalui ginjal serta di buang dalam bentuk urin.

  • Selalu cuci tangan

Tangan sangat banyak sekali berintraksi dengan bakteri-bakteri jahat dan virus tanpa sepengetahuan kita. Coba saja seberapa banyak kita memegang benda setiap hari, berganti-ganti benda, dan segala jenis apapun yang di sentuh tangan. Di setiap benda yang kita sentuh akan sangat banyak kuman di sana. Kuman-kuman akan berbindah dan bertambah di setiap benda yang kita pegang. Oleh sebab itu sangat rawan sekali apabila tidak menjaga kebersihan tangan. Dan paling penting adalah selalu mencuci tangan sebelum makan.

  • Minum Madu

Madu merupakan suplemen alami yang memiliki banyak kandungan untuk mencegah penyakit masuk kedalam tubuh manusia. Kandungan antioksidan, antiseptik dan antibiotik yang ada di dalam madu akan dapat menangkal bakteri-bakteri, debu, hingga zat kimia berbahaya yang masuk melalui makanan sehingga tubuh akan tetap terjaga kesehatannya. Sebagai minuman berkhasiat untuk segala jenis obat, madu juga harganya cukup murah dan mudah di dapatkan di berbagai daerah.

Itulah dasar nasehat-nasehat yang harus kita pedomani untuk tetap selalu dalam keadaan sehat setiap saat. Apapun halnya penyakit, memiliki dasar kesehatan yang sama. Apapun penyakitnya, inilah yang harus kita lakukan.

Berikut ini beberapa cara untuk menghilangkan pilek dengan cepat

  • 1. Mengkonsumsi air hangat

Mengkonsumsi air hangan akan membuat suasana di area tenggorokan menjadi hangat. Kondisi seperti ini akan membuat lendir-lendir pilek lebih cepat keluar dari tubuh. Selain di minum, anda juga bisa menghirup uap panas air mendidih. Uap ini juga akan memudahkan lendir – lendir untuk segera keluar dari tubuh.

  • 2. Mengkonsumsi Jahe

Jahe memiliki zat yang hangat, dapat menghangatkan tubuh. Jahe sangat cocok untuk orang yang sakit tenggorokan karena dapat di hangatkan oleh kandungan. Kandungan dari jahe ini juga dapat dengan cepat melelehkan semua lendir-lendir yang ada di tenggorokan dan lebih cepat untuk keluar dari tubuh. Anda bisa membuat segelas minuman jahe di rumah dengan air hangat.

  • 3. Makan pedas

Penas, apa itu? Kenapa makanan bisa pedas? Pedas sebenarnya adalah panas. Kondisi panas dalam makanan pedas akan menghangatkan bagian dalam mulut. Hal ini juga dapat melelehkan semua lendir-lendir yang ada di dalam tenggorokan dan mudah untuk di keluarkan

  • 4. Di hembuskan hingga keluar

Lendir-lendir ini apabila belum terlalu cair memang dapat menyumbat rongga hidung sehingga kita kesulitan dalam bernafas. Nah cara-cara di atas tadi dapat untuk mencairkan lendir-lendir pilek ini sehingga setelah cair anda dapat mengeluarkan dengan di hembuskan dengan kuat.

  • 5. Minum obat

Normalnya pilek ini akan cepat sembuh dengan cara-cara alami, bahkan dengan tidak di obati saja akan bisa hilang sendirinya. Apabila pilek parah tidak sembuh dengan cara-cara di atas, anda dapat mengkonsumsi obat-obatan yang banyak di jual di apotik. Obat-obatan ini mungkin banyak mengandung zat kimia, cobalah batasi mengkonsumsi obat-obat seperti ini. Gunakan seperlunya saja.

Baca juga makanan-makanan yang dapat membuat tubuh harum disini agar mempesona sepanjang waktu. Terimaakasih semoga bermanfaat

5 Cara mengatasi pilek dengan cepat tanpa repot | admin | 4.5