5 Sayuran yang mengandung antiseptic alami

5 Sayuran yang mengandung antiseptic alami

Selain 22 bumbu rempah-rempah yang mengandung antiseptik alami, ternyata antiseptik dapat juga di jumpai di dalam sayuran. Sayuran yang mengandung antiseptik akan membantu kita melawan kuman dari dalma tubuh. Penasaran sayuran apa saja itu?

Berikut ini adalah beberapa sayuran yang mengandung antiseptik alami yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh

1. Kubis

5 Sayuran yang mengandung antiseptic alami

Kubis merupakan salah satu makanan yang dapat di olah untuk lalapan, atau di tumis dan disambal. Dalam pengobatan tradisional, daun kubis digunakan untuk mengurangi peradangan. Selain itu kubis dapat menurunkan resiko beberapa jenis kanker, melancarkan sembelit, memperbaiki penglihatan, menurunkan tingkat kolesterol, mencegah penyakit Alzheimer, dan menghambat pertumbuhan tumor

Kandungan lainnya vitamin C, K, E, A, dan asam folat; serta memiliki tingkat signifikan belerang, kalsium, zat besi, kalium, magnesium dan antiseptik. Kandungan antiseptik dan antibakteri dalam kubis dapat mengatasi penyakit seperti ruam, jerawat, ekzema dan sebaginya.

2. Wortel

5 Sayuran yang mengandung antiseptic alami

Wortel merupakan makanan yang terkenal banyak mengandung vitamin A dan banyak digunakan untuk pengobatan penyakit mata. Selain mata wortel memiliki berbagai bermanfaat seperti  Mengecilkan resiko stroke, Menjaga kesehatan gigi, mengatasi pencernaan, sebagai antiseptik, mempercantik kulit, mencegah kanker, menjaga kesehatan mata, mengatur gula darah, menyehatkan paru-paru, memperkayak laktasi, menikatkan fungsi hati dan lain sebagainya

Kandungan antiseptik yang di miliki wortel dapat mencegah infeksi pada kulit. Selain itu dapat mengatasi jerawat dan gatal gatal pada bagian kulit. Wortel dapat di konsumsi dalam bentuk makanan seperti tumis, sambal,sop, dan jus.

3. Lidah buaya

5 Sayuran yang mengandung antiseptic alami

Lidah buaya (Aloe Vera) mengandung 72 zat yang dibutuhkan tubuh dimana terdapat 18 macam asam amino, karbohidrat, lemak, air, vitamin, mineral, enzim, hormon, dan zat golongan obat. Lidah buaya (Aloe Vera) digunakan sebagai antibiotik, antiseptik, antibakteri, antikanker, antivirus, antijamur, antiinfeksi, antiperadangan, antipembengkakan, antiparkinson, antiaterosklerosis, serta antivirus yang resisten terhadap antibiotik

Manfaat lidah buaya diantaranya adalah mengurangi gula dalam darah, antiseptik, obat pencahar, untuk kesehatan kulit (regenerasi), membantu pencernaan, obat kanker. Lidah buaya sering digunakan untuk mencerahkan kulit dan mengatasi jerawat karena kandungan antiseptiknya dapat mengatasi itu semua

4. Lobak

Sayuran yang mengandung antiseptic alami

Lobak adalah sejenis sayuran umbi-umbian seperti wortel, tetapi isi dan warna kulitnya berwarna putih. Di indonesia lobak tidak terlalu populer, hanya di sebagaian daerah saja yang menyukai lobak. Manfaat lobat salah satunya adalah mengobati insomnia. Insomnia memang masih banyak di derita oleh orang indonesia mungkin karena pekerjaan, atau penyakit yang sulit tidur.

Selain itu masih ada beberapa manfaat dari lobak adalah mengontrol berat badan, melancarkan buang air kecil dan mengatasi sakit tenggorokan. Lobak mengandung antiseptik dan antibakteri yang dapat mengatasi sakit, demam, dan flu.

5. Okra

5 Sayuran yang mengandung antiseptic alami 

Mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Okra merupakan salah satu sayuran yang belum popular di indonesia. Di negara-negara di kawasan Asia Tengah maupun Asia Selatan, tanaman ini sudah begitu popular dan bahkan sudah banyak penggemarnya. Okra bisa di buat dalam banyak bentuk masakan. Misalnya di buat tumis, di sayur atau di buat lalapan.

Okra memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh manusia. Tanamanini kaya protein dan serat yang sangat baik untuk pencernaan. Belum banyak yang mengatahui ternyata okra mengandung antiseptik alami yang baik. Antiseptik ini dapat dimanfaatkan untuk membunuh microorganisme jahat di dalam tubuh manusia.

Itulah beberapa sayuran yang dapat di manfaakan untuk antiseptik alami membunuh microorganisme di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi sayuran seperti di atas secara tidak langsung akan mendapatkan khasiatnya. Demikian artikel ini semoga bemanfaat.

Selain makanan-makanan di atas ada juga makanan yang banyak mengandung sulfur dimana sulfur ini sangat penting juga untuk kesehatan tubuh kita. Akan tetapi apabila kelebihan sulfur juga tidak baik. Berikut makanan yang kayak sulfur beserta manfaat sulfur untuk tubuh. Silakan baca disini

5 Sayuran yang mengandung antiseptic alami | admin | 4.5