6 Penyebab jerawat wajib kamu hindari sebelum menimpa

6 Penyebab jerawat wajib kamu hindari sebelum diserang
Penyebab Jerawat

6 Penyebab jerawat wajib kamu hindari – Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit. Setiap penyakit tentu saja ada penyebabnya. Sebelum mengobati kita perlu tahu terlebih dahulu penyebab penyakit tersebut. Kalau tidak tahu bagaimana bisa mengatasi dengan tepat? Nah cara mengobati yang paling tepat adalah dilihat dari penyebabnya. Jerawat memang masih menjadi masalah besar bagi anak-anak remaja di seluruh Indonesia terutama yang lagi pubertas. Memang ini sangat wajar karena ada ketidak seimbangan hormone di dalam tubuh.

Sebagian jerawat sebenarnya mudah di atasi tetapi sebagian juga ada yang sangat kesulitan karena tingkat keparahan jerawat sangat tinggi. Nah sebaiknya sebelum anda mengobati jerawat lihat terlebih dahulu penyebab-penyebabnya.  Berikut ini akan di sajikan beberapa penyebab yang wajib di ketahui bersama. Tidak mau kan berpenyakit jerawatan terus? Simak selengkapnya pada ringkasan dibawah ini :

1. Bakteri

Bakteri menduduki urutan teratas dalam menyumbang berbagai penyakit. Hampir seluruh penyakit di sebabkan oleh infeksi bakteri. Tidak terkecuali juga dengan penyakit jerawat. Bakteri sangat mudah hidup dimana saja, bisa menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan lingkungan. Bakteri merusak bagian kulit atau menginfeksi kulit hingga menyebabkan kulit menjadi iritasi. Kita dapat melihat pada bagian yang berjerawat tidak jarang mengeluarkan nanah, itu merupakan sel kulit mati yang diinfeksi bakteri. Anda bisa membaca Kenapa kita sakit, bagaimana mengatasi sakit? Ternyata cuma 3 ini penyebabnya. Ini merupakan penting untuk anda ketahui agar dapat mencegah penyakit sebelum datang pada tubuh anda.

Umumnya ketika kita mendengar jerawat, kita akan langsung berfikir tempatnya adalah wajah. Sebenarnya tidak hanya bagian wajah saja yang bisa di tempati jerawat. Bagian-bagian lainnya juga bisa terbentuk jerawat. Misalnya di bagian telinga, hidung, belakang telinga, ketiak, leher, pundak, dada. Namun yang sering terjadi karena kelihatan dari luar adalah di bagian wajah.

Bagian wajah juga terbuka dengan udara bebas sehingga lebih mudah terinfeksi dengan bakteri dari luar. Kemudian ini bisa di perparah apabila ekskresi minyak sangat banyak di bagian wajah. Bakteri akan mudah berkembang biak dan menyebabkan jerawat bertambah banyak.

Dari penyebab yang di akibatkan oleh bakeri ini dapat di pecah lagi menjadi beberapa bagian di ataranya adalah sebagai berikut :

  •     Kebersihan

Kebersihan merupakan tiang utama dalam menjaga kesehatan. Kebersihan kulit juga demikian. Kulit yang kotor akan lebih mudah di tempati bakteri jahat. Setelah anda melakukan banyak aktifitas di luar, misalnya bekerja, olahraga, atau aktifitas lainnya yang banyak mengeluarkan keringat. Ini membuat kulit menjadi lembab. Kondisi seperti ini sangat di sukai bakteri dan mudah untuk berkembang biak. Kondisi seperti ini juga tidak jarang membuat badan menjadi berbau, karena aktifitas bakteri pada kulit tubuh. Ini sangat memungkinkan akan bisa terinfeksi oleh bakteri dan menyebabkan jerawat.

Udara yang kotor atau berdebu juga banyak menimbulkan penyakit. Bakteri sangat indentik dengan kotor. Tempat-tempat seperti itu mudah bagi mereka berkembang biak. Debu-debu pada udara yang kotor dapat menempel pada permukan kulit anda, terutama adalah bagian wajah karena terbuka dengan udara bebas. Debu kotor banyak mengandung bakteri ini apabila menempel pada wajah anda akan dapat menyebabkan jerawat. Oleh karena itu anda harus menjada kebersihan lingkungan tempat tinggal agar terbebas dengan jerawat.

  •     Wajah berminyak

Wajah berminyak memang sering menjadi masalah di beberapa remaja. Karena selain membuat penampilan berkurang, juga dapat menyebabkan jerawat mudah bermunculan. Kulit yang berminyak akan memudahkan debu dan polusi untuk menempel. Semakin banyak minyak, maka peluang debu akan semakin besar menempel pada kulit anda.

Tentu saja kondisi seperti ini sangat merugikan anda. Debu kotor mengandung bakteri yang bakteri dapat berkembangbiak dan menginfeksi kulit anda. Kulit berminyak juga dapat di sebabkan oleh pori-pori yang terlalu besar, sehingga mengeluarkan minyak dalam jumlah banyak. Untuk mengatasi demikian anda bisa membaca 5 cara menghilangkan minyak di wajah, nomor 4 penting.! yang dapat anda gunakan tipsnya

  •     Makanan

Makanan sangat penting untuk di perhatikan, hampir kebanyakan bakteri berasal dari makanan yang di konsumsi. Mungkin kita jarang memperhatikan setiap makanan yang di sajikan. Makanan yang tidak higenis akan mudah memasukkan bakteri kedalam tubuh. Ini akan menyebabkan berbagai penyakit lain bisa datang menimpa. Jerawat juga demikian, bakteri bisa menginfeksi dari dalam tubuh.

Makanan berminyak atau kandungan lemak yang cukup tinggi ini akan menyebabkan tubuh banyak mengeluarkan minyak. Semakin tinggi minyak yang keluar akan semakin besar pula resiko terserang jerawat.

  •     Air

Air merupakan kebutuhan pokok untuk kita bisa hidup. Kita mandi pastinya menggunakan air, keramas dan juga mencuci wajah. Air ini sangat berpengaruh dengan kulit wajah. Karena di dalam air ada kandungan mineral tertentu. Umumnya tidak berbahaya. Akan tetapi yang berbahaya apabila Air tercemar dengan limbah pabrik. Limbah beberapa pabrik ada yang mengandung zat kimia berbahaya yang bisa merusak kulit anda. Selain itu, air yang terkontaminasi dengan banyak microorganism membuat kulit mudah terinfeksi dan berjerawatan.

2. Jamur

Tempat yang kotor dan lembab merupakan habitat dari jamur. Ada berbagai macam jenis jamur yang dapat menyebabkan penyakit kulit. Sebagian juga ada jamur yang tumbuh di permukaan kulit, ini terlihat pada kulit yang gatal-gatal, panu, kulit mengelupas dan lain sebagainya.

Jamur parasit yang tumbuh pada jaringan kulit berpotensi menyebabkan jerawat muncul. Jamur-jamur ini hidup dan mengeluarkan racun berbahaya di bagian kulit. Ini dapat membuat kulit teriritasi hingga luka. Memudahkan terbentuk jerawat. Kondisi seperti ini sangat berbahaya buat wajah karena dapat merambat pada bagian lainnya.

3. Virus

Makhluk hidup yang satu ini sering menjadi penyakit yang cukup serius. Berbeda dengan bakteri yang dapat di atasi dengan antibiotic. Virus tidak mempan dengan antibiotic tetapi bisa di atasi denga antivirus. Virus tersebar di udara bebas, terutama pada tempat yang kotor dan banyak debu. Virus tidak hidup, tetapi mengkristal. Setelah menempel pada bagian kulit akan dapat berkembangbiak

Apabila menempel pada kulit wajah anda, sangat berpotensi menyebabkan timbulnya jerawat. Ini sangat berbahaya dan lebih berbahaya dari infeksi bakteri. Karena memungkinkan jerawat yang di timbulkan lebih parah dan lebih lama sembuhnya. Anda harus berhati-hati dengan penyakit yang di sebabkan oleh virus. Beberapa penyakit lainnya seperti penyakit Herpes, hepatitis harus anda cegah sebelum datang pada tubuh anda. Maka dari itu jaga selalu kebersihan lingkungan tempat tinggal agar terjaga dari virus berbahaya

4. Genetik

Setiap kita di lahirkan kedunia ini akan mewariskan dari sifat-sifat orang tua. Begitu juga dengan penyakit. Beberapa penyakit memang dapat terjadi berasal dari genetic. Misalnya penyakit diabetes, kanker, hiv dan lain sebagainya. Jerawat juga demikian. Sifat-sifat yang di bawa gen ini tidak bisa di obati.

Apabila orang tua anda memiliki riwayat berjerawat ketika muda, anda berersiko juga akan memiliki penyakit yang sama dan tingkat keparahan yang sama. Akan tetapi itu semua bisa di cegah dengan berbagai cara. Paling tidak jerawat yang timbul masih dapat di atasi dengan mudah. Asalkan anda benar-benar berusaha untuk mencegahnya.

5. Kosmetik

Penggunaan kosmetik yang salah dapat menjadi timbulnya jerawat anda. ini di akibatkan dari kandungan yang ada pada kosmetik tersebut. Kemungkinan tidak cocok membuat kulit wajah mudah teriritasi. Apabila anda mendapati demikian, sebaiknya segera hentikan penggunaan kosmetik tersebut. Anda perlu untuk memastikan bahwa kosmetik tersebut aman di konsumsi.

Sekarang ini ada sangat banyak kosmetik bererdar dengan bahan yang berbahaya. Maka dari itu pilihlah kosmetik yang sudah terpercaya, jangan tergiur dengan harga yang murah, daripada anda harus mengorbankan kecantikan wajah. Lebih baik korbankan uang saja.

6. Kebiasan buruk

Kebiasaan buruk akan menyebabkan efek yang buruk. Begitu juga sebaliknya, memiliki kebiasaan yang baik akan  berefek baik untuk tubuh. Kebiasaan buruk yang di maksud adalah sering memgang wajah. Ini akan menyebabkan bakteri di tangan mudah berpindah ke wajah anda.

Kita tahu bahwa tangan itu memiliki aktifitas sangat banyak, berbagai macam benda di pegang. Tak terhitung berapa jenis bakteri yang berpindah-pindah dari tangan ke benda atau dari tangan ke tangang. Apabila anda memegang wajah, ini berpotensi akan menimbulkan jerawat lebih besar. Ada sangat banyak jenis bakteri, setiap jenis mungkin akan berbeda-beda dalam melakukan infeksi, bisa saja lebih besar bisa juga lebih kecil. Nah hal yang di khawatirkan apabila menginfeksi besr-besaran di wajah anda. Sangat merugikan sekali bukan?

Itulah beberapa penyebab jerawat yang perlu di ketahui bersama. Agar dapat mencegah sebelum tejadi pada kulit anda. Penyakit jerawat memang sangat mengganggu penampilan, apalagi apabila anda seorang wanita. Jauh lebih baik merawat saja dari pada mengobati jerawat. Karena jerawat dapat merusak struktur jaringan kulit menjadi kurang enak di lihat. Anda bisa melihat sendiri pada orang-orang yang sedang mengalaminya.

Akan tetapi apabila anda sekarang sedang mengalami penyakit jerawat. Anda tidak perlu khawatir. Karena ada cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan nya. Terdapat 10 cara menghilangkan jerawat sampai ke akar-akarnya. Ini merupakan cara alami yang mengatasi dari akar penyebab. Jadi setelah anda tahu penyebab, sekarang cari tahu solusinya.

Demikian artikel penyebab jerawat. Semoga uraian di atas dapat anda pahami dan dapat disimpulkan bahwa penyakit ini datang sebagian besar karena kesalahan kita sendiri. Oleh karena itu kita menjadi tahu apa yang seharusnya dilakukan agar tidak terkena penyakit jerawat. Sekian dan terimakasih ^^

6 Penyebab jerawat wajib kamu hindari sebelum menimpa | admin | 4.5