7 Buah-buahan yang mengandung antiseptik alami

7 Buah-buahan yang mengandung antiseptik alami – Anti septic memiliki banyak manfaat untuk mengatasi bakteri dan microorganism lainnya. Anti septic sendiri adalah senyawa kimia yang digunakan untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme. Di dalam tubuh ada banyak microorganisme yang masuk melalui makaan, minuman, dan udara. Makhluk hidup ini apabila tidak di bersihkan di dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit. Menggunakan antiseptic berfungsi untuk menghancurkan bakteri, jamur, virus, protozoa, dan bahkan prion.

Berbicara soal antiseptic pastinya pernah mendengar juga yang namanya antibiotik bukan? Apa itu antibiotik? Apa bedanya dengan antiseptic?

Antibiotik adalah zat kimia yang digunakan untuk membunuh dan menghentikan pertumbuhan bakteri. Antibiotik ini dikhususkan untuk bakteri saja. Jadi berbeda dengan antiseptic yang membunuh microorganisme (semua makhluk hidup micro) antiseptic hanya khusus bakteri saja.
Nah sekarang sudah jelas kan? Jadi jangan bingung lagi ya..

Sekarang dimana kita mendapatkan antiseptic? Antiseptic ada banyak di jual di apotek, biasanya di gunakan untuk mengatasi luka, termasuk juga antibiotic. Kedua ini bisa di dapati juga dalam bentuk yang bisa di konsumsi. Biasanya untuk obat apabila ada infeksi di dalam organ tubuh. Antibiotic dari buatan manusia tentu saja ada kandungan zat kimianya yang kurang baik untuk tubuh apabila di konsumsi dalam jangka panjang.

Tapi jangan khawatir, karena antiseptic juga banyak terdapat di dalam kandungan makanan-makanan alami. Antiseptic ini di jamin tidak akan memberikan efek samping, akan tetapi akan memberikan efek sembuh dari penyakit. Apa saja makanan-makanan itu?

Berikut ini adalah buah-buahan, rempah-rempah dan sayuran yang banyak mengandung anti septic alamiah. anda tidak perlu takut efek sampingnya, karena ini alami tanpa campur tangan manusia :

1. Buah manggis

Buah-buahan yang mengandung antiseptik alami

Buah manggis merupakan buah yang memiliki zat kimia anti kanker bernama Xanthones. Selain itu zat lainnya yang sangat bermanfaat adalah anti-inflamasi dan anti-bakteri. Buah manggis juga mengandung zat anti radang sehingga dapat di gunakan pada penyakit yang meradang. Manfaat buah manggis ada sangat banyak mulai mengobati penyakit ringan hingga mengobati penyakit berat seperti kanker, diabetes, ginjal dan lain sebagainya. Kandungan antibakteri pada buah manggis dapat di jadikan untuk mengatasi bakteri yang ada di dalam tubuh.

2. Buah Sirsak

Buah-buahan yang mengandung antiseptik alami

Sama seperi pada buah manggis, pada buah sirsak juga memiliki zat kimia anti kanker yang sangat alami. Bukan hanya buah tetapi daun sirsak juga dapat di gunakan untuk obat antibakteri. Buah sirsak yang rasanya sedikit asam manis itu dapat anda konsumsi secukupnya saja. jangan terlalu berlebihan kurang baik untuk perut.

3. Buah Lemon

Buah-buahan yang mengandung antiseptik alami

Buah lemon merupakan buah yang berasa sedikit asam getir yang sangat segar apabila di konsumsi pada suasana panas siang hari. Buah ini banyak di jual di pasaran dengan harga yang cukup murah. Buah ini mengandung antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab penyakit di dalam tubuh. Mengkonsumsi buah lemon dapat menyehatkan tubuh serta terhindar dari penyakit. Pengolahan lemon sangat mudah sekali, dapat langsung di makan atau di buat dalam sebuah jus, atau dapat di campur atau di kombinasi dengan makanan lain sesuai dengan selera. Selain lemon, buah yang hampir sejenis seperti Jeruk, jeruk nipis, kiwi juga memiliki manfaat yang sama.

4. Buah mengkudu

Buah-buahan yang mengandung antiseptik alami

Buah mengkudu yang berbau busuk sekali apabila telah sangat matang, merupakan tanaman obat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Mengkudu dapat menjadi obat batuk, obat sakit tenggorokan dan obat demam. Mengkudu memiliki zat aerta merupakan zat untuk terapi pada penderita narkoba. Buah ini mengandung antiseptik alami dan anti bakteri yang dapat di gunakan untuk terapi yang alami dirumah. Sebaiknya anda menggunakan buah yang alami yang di ambil dari pohonnya agar khasiat lebih banyak dan biaya yang murah

5. Buah Kersen/Ceri

Buah-buahan yang mengandung antiseptik alami

Buah yang berukuran kecil dan berasa manis ini merupakan tanaman yang memiliki banyak sekali khasiatnya. Kandungannya meliputi antibakteri, antioksidan, antiseptik, antiinflamasi, antitumor dan beberapa zat lainnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia. Zat antiseptik ini dapat untuk membersihkan microorganisme yang ada di dalam tubuh manusia. begitu pada zat yang lain dapat berfungsi sesuai kegunaan masing masing dalam tubuh

6. Buah delima

Buah-buahan yang mengandung antiseptik alami

Buah delima dapat di buat untuk berbagai makanan, misalnya dibuat dalam bentuk sari buah, sirup, pasta, jus. secara tradisional buah ini di gunakan untuk membersihkan dan mengurangi peradangan pada kulit. Buah ini juga berkhasiat untuk mengatasi penyakit berat seperti jantung, kanker, rematik, kurang darah, diabetes, ganguan perut dan lain sebagainya. Buah delima mengandung antioksidan yang sangat banyak dari buah lain, yaitu 3 kalilipat dari teh hijau. Selain itu juga terdapat zat antiseptik yang sangat penting untuk membasmi microorganisme yang masuk kedalam tubuh.

7. Buah papaya

Buah-buahan yang mengandung antiseptik alami

Merupakan buah berbentuk lonjong memanjang, di dalamnya terdapat biji bewarna hitam dan daging buahnya bewarna oren ini memiliki banyak khasiat yang tidak kalah dengan buah yang lainnya. Pepaya mengandung enzim papin yang dapat memecah makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga membentuk senyawa asam amino. Pepaya sendiri memiliki kandungan protein walaupun jumlahnya sedikit. Bagi ibu hamil, buah ini sangat di anjurkan untuk di konsumsi karena memiliki banyak nutrisi yang di perlukan untuk janinnya.

Selain untuk kesehatan di dalam tubuh, pepaya juga banyak di gunakan untuk kesehatan di luar tubuh, yaitu di gunakan untuk kecantikan. Beberapa produsen kecantikan menggunakan buah pepaya sebagai bahannya. Nah disini yang paling penting adalah pepaya mengandung antiseptik yang dapat membunuh bakteri beserta micro organisme lainnya yang dapat mengganggu keseimbangan dalam tubuh. Mengkonsumsi pepaya setiap hari dapat membuat tubuh sehat dan kulit juga lebih halus sehat terawat.

update**

8. Buah Anggur

anggur yang memabukan cinta

Anggur adalah buah yang banyak di gunakan untuk menghangatkan badan di cuaca dingin. Bagi anda yang ingin menggemukkan badan, coba saja konsumsi anggur, karena buah ini juga dapat menambah berat badan, mencerdaskan otak, mempertajam syaraf, memutihkan gigi dan menjaga kesehatan tubuh. Ada yang lebih menarik lagi bahwa anggur mengandung antiseptik alami. Kandugnan ini tentu akan banyak bemanfaat untuk digunakan untuk membunuh bakteri jahat di dalam tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi buah anggur akan membuat tubuh kita sehat, antiseptiknya yang akan membantu membunuh bakteri yang bersarang di dalam tubuh.

9. Buah Pisang

pisang klutuk

Buah yang paling sering kita jumpai di sekeliling rumah. Pisang tumbuhan yang paling mudah tumbuh, karena tumbuh dengan bertunas. Beberapa penelitian yang di lakukan oleh mahasisa indonesia, pisang khlutuk ini dapat menjadi obat sariawan dan mencegah diare serta wasir. Hal ini dikarenakan kandungan antiseptik yang ada di dalam pisang khlutuk. Bagi anda yang sedang mengalami diare, cobalah konsumsi pisang khlutuk. Pisang ini akan membantu anda menetralkan bakteri jahat yang berkembang biak di dalam perncernaan.

Selanjutnya ada rempah-rempah yang mengandung anti septik alamiah. Remah-rempah ini sebagian banyak digunakan untuk bumbu makanan, di samping itu berkhasiat untuk kesehatan. Kandungan antiseptiknya dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit yang di sebabkan oleh microorganisme. Apa saja rempah-rempah itu? Silakan simak pada artikel “22 Rempah-rempahan yang mengandung antiseptik” Terimakasih, Sekiranya bermanfaat silakan di share.

7 Buah-buahan yang mengandung antiseptik alami | admin | 4.5