7 Cara menghilangkan bakteri penyebab bau badan

Cara menghilangkan bakteri bau badan ampuh dan cepat

7 Cara menghilangkan bakteri penyebab bau badan – Dalam dunia medis, bau badan memiliki istilah tersendiri yaitu bromhidrosis. Sebagian orang mengatakan bau badan berasal dari keringat, sebenarnya itu salah. Yang benarnya adalah bau badan berasal dari bakteri dimana bakteri ini tumbuh pada keringat tersebut. sehingga keringat menjadi bau jadilah bau badan.

Keringat yang keluar dari tubuh mengandung air dan garam, jadi dari mana baunya? Kemungkinan dari bahan atau zat makanan yang di konsumsinya. Makanan memang sangat mempengaruhi kesehatan tubuh, di dalam makanan tersebut mengandung berbagai zat. Zat-zat yang di kandung oleh makanan akan di buang apabila berlebihan. Salah satu pembuangannya melalui ekskresi kulit. Apabila zat yang di kandung makanan tersebut menyebabkan bau menyengat ya tentu saja dapat menyebabkan bau badan.

Berbicara soal keringat, kita akan membahas tempat muncul keringat terlebih dahulu. Hal ini perlu kita ketahui agar lebih jelas dalam pengobatannya

Di dalam kulit tubuh manusia terdapat kelenjar keringat. Kelenjar keringat di sini ada 2 macam yang letaknya juga berbeda. Pertama namanya adalah kelenjar ekrin dan yang kedua adalah kelenjar apokrin

Kelenjar ekrin

Kelenjar ekrin adalah kelenjar keringat yang tersebar di seluruh kulit tubuh. Kelenjar ini berfungsi untuk mengatur suhu tubuh agar tetap normal.  Keringat yang di hasilkan mengandung berbagai macam garam.

Ketika kita melakukan olahraga, beraktifitas, bermain, dan cuaca panas tubuh akan secara otomatis mengeluarkan keringat. Dimana keringat ini berfungsi untuk mengatur suhu tubuh agar tetap normal. Kondisi lain seperti gugup dan mual, serta keadaan demam juga akan mengeluarkan keringat.

Keringat ini keluar dan sangat normal bagi setiap manusia. Kandungan keringat ini kebanyakan adalah garam dan air. Dan umumnya keringat ini tidak mengeluarkan bau.

Kelenjar apokrin

Kelenjar apokrin adalah kelenjar keringat yang terletak di bagian seperti ketiak dan selangkang. Kelenjar ini mengeluarkan keringat yang mengandung lemak, protein dan karbohidrat. Keringat ini dapat mengeluarkan bau apabila ada bakteri yang memecah komponen organik dari keringat tersebut. Keringat ini keluar apabila tubuh melakukan aktifitas juga termasuk kondisi yang stress.

Beberapa penyakit dapat membuat keringat keluar secara berlebihan. Keringat yang banyak keluar akan membuat badan menjadi lembat. kondisi seperti ini merupakan bagian yang di sukai bakteri dan juga jamur. Contoh penyakitnya seperti penyakit kelenjar tiroid dan sindrom karsinoid. Selain itu efek samping obat-obatan, seperti obat antidepresan juga dapat mempengaruhinya

Dari mana asal dari bakteri penyebab bau badan?

Bakteri tidak bisa di pastikan dimana tempatnya berada. Bakteri bisa tinggal di mana saja. termasuk di dalam tubuh mansia. Bakteri yang tinggal di bagian kulit manusia seperti Staphylococcus epidermidis, Staphylococcus aureus, Streptococcus pyogenes bisa saja berkembangbiak apabila ada perantaranya. Terutama pada kondisi yang lembab mereka akan mudah untuk membelah diri.

Bakteri bisa berasal dari pakaian yang di gunakan, air mandi yang tercemar, udara, debu dan lingkungan yang kotor.

Baktei-bakteri yang dapat membuat bau badan karena mereka mengurai / membusukkan makanan-makanan. Bisa saja debu yang menempel di kulit tubuh. Selain itu bakteri juga dapat mengeluarkan gas yang berbau. Semakin banyak bakteri yang berkembangbiak berpotensi semakin besar bau badan yang dihasilkan

Asam penyebab bau badan

Terdapat asam yang di hasilkan oleh bakteri yang menguraikan keringat menyebabkan bau badan diantaranya adalah

  • Asam isovalerik

Adalah asam yang di hasilkan dari bakteri peneybab bau badan staphylococcus epidermidis yang menyebabkan bau badan seperti keju.

  • Asam propionat atau propanoat

Adalah asam yang di hasilkan dari bakteri propionobacteria. Bakteri ini hidup di sekitar saluran kelenjar sebasea pada usia remaja hingga dewasa. Asam ini menimbulkan bau badan seperti cuka.

Cara menghilangkan bakteri bau badan

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghilangkan bakteri penyebab bau badan:

  • 1. Mandi

Solusi utama yang paling penting untuk menghilangkan bakteri penyebab bau badan adalah dengan sering mandi. Mandi akan menyegarkan tubuh, bakteri semua akan tersapu dari badan, dan kotoran di badan juga akan dapat hilang, sehingga tidak lagi menyebabkan bau. Apabila mengalami bau badan, cobalah mandi 3 kai sehari, kemungkinan anda mengalami pengeluaran keringat yang berlebih.

  • 2. Sabun

Gunakan sabun yang mengandung anti bakteri. Sabun-sabun ini akan membunuh bakteri yang masih membandel yang berada di kulit. Seain itu sabun juga terdapat aroma wangi yang dapat membuat harum badan setelah menggunakannya.

  • 3. Keringkan badan

Pada kondisi yang kering, bakteri akan lebih sulit untuk berkembangbiak. Sehingga sebaiknya anda keringkan bagian ketiak, selangkang dan belakang lutut.

  • 4. Mencukur ketika

Ketika yang banyak rambutnya dapat membuat suasana di ketika hangat. Hal ini akan cepat memicu keluarnya keringat di area ketiak sehingga dapat menimbulkan bau badan. Dengan mencukur rambut ketika akan mengurangi keringat yang keluar, karena suasana tidak terlalu hangat atau panas.

  • 5. Gunakan deodorant dan anti antiperspirant

Deodoran mengandung anti septic dapat membunuh dan menghambat bakteri berkembang biak di area ketiak. Deodoran mengandung bau yang harum yang dapat membuat wangi. Akan tetapi deodorant tidak menghalangi keringat keluar. Sementera antiperspirant dapat menghambat atau mengurangi jumlah keringat yang keluar. Produk antiperspirant ini berguna bagi mereka yang mengeluarkan keringa secara berlebihan

  • 6. Handuk yang bersih

Handuk juga berpotensi sebagai tempat bakteri berkembang biak. Handuk banyak bakterinya apabila untuk membersihkan badan, tentu saja bakteri akan dapat berpindah ke badan anda. Gunakanlah handuk yang bersih dan sering mencuci handuk anda setelah beberapa kali di gunakan.

  • 7. Gunakan pakaian yang bersih

Pilih pakaian yang mudah menyerap keringat, misalnya berbahan dari cotton. Anda juga bisa menggunakan pakaian dalam seperti singlet untuk menyerap keringat.

Pakaliah pakaian yang tidak membuat panas. Kondisi yang panas akan membuat tubuh menguap dan mengeluarkan keringat.

Update

  • 8. Menghindari makanan pemicu

Faktor makanan penting untuk diperhatikan, terutama bahan makanan yang akan  menjadi penyebab timbulnya bau badan. Dimana kandungan pada makanan ini dapat di uapkan melalui pori-pori tubuh sehingga menyebabkan bau. Nah sebisa mungkin untuk menghindari makanan yang menyengat.

Itulah beberapa cara yang dapat di gunakan untuk menghilangkan bakteri penyebab bau badan. Mungkin sangat umum untuk di ketahui oleh banyak orang. Akan tetapi cara di atas adalah cara yang alami dan normalnya sudah bisa menghilangkan bau badan.

Akan tetapi apabila bau badan tidak hilang dengan cara di atas, kemungkinan ada kelainan atau penyakit lain yang anda derita. Sehingga bau badan tidak mudah untuk di hilangkan. Penyakit dalam seperi diabetes, sistem pencernaan, liver, ginjal juga dapat menyebabkan bau badan

Apabila keringat yang berlebih membuat anda bau badan sepanjang hari, mungkin operasi pengangkatan kelenjar keringat dapat dilakukan. Selain itu ada juga operasi endoskopi simpatektomi dada (ETS) yang berfungsi untuk menghilangkan saraf pengendali keringat.

Selain cara itu ada lagi yaitu dengan suntik botoks. Suntik botok di lakukan di sekitar kelenjar yang banyak memproduksi keringat, misalnya di ketiak, di wajah, di kaki, di tangan. Suntik ini dilakukan sebanyak 12 – 120 suntikan apabila diperlukan.

Selain itu juga anda dapat menggunakan cara yang alami yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung antiseptic. Antiseptic ini dapat membunuh bakteri-bakteri penyebab bau secara alami dari dalam tubuh sehingga bau badan akan mereda. Silakan baca “Buah-buahan yang banyak mengandung antiseptic atau anti bekteri” Efek samping lainnya bau harum dari buah yang kita makan juga akan dapat keluar melalui pori-pori, sehingga mengkonsumsi buah segar dapat menghilangkan bau badan alami.

7 Cara menghilangkan bakteri penyebab bau badan | admin | 4.5