7 Cara menghilangkan bau ketiak sampai ke akar-akarnya..!!!

Cara menghilangkan bau ketiak dari akarnya-akarnya..!!!
Bau ketiak

7 Cara menghilangkan bau ketiak sampai ke akar-akarnya..!!! – Ketika sering melakukan aktifitas tubuh akan menguap dan mengeluarkan keringat. Semakin berat aktifitas yang di lakukan maka akan semakin banyak keringat yang dikeluarkan. Mengeluarkan keringat merupakan hal yang sangat wajar alamiah. Bahkan orang yang mengeluarkan keringat adalah orang yang sangat sehat. Dimana kulit masih berfungsi sebagaimana semestinya yaitu sebagai alat ekskresi, menetralkan suhu tubuh.

Sebagian orang biasa-biasa saja ketika berkeringat, karena memang keringat ini mudah keluar meskipun tidak beraktifitas. Misalnya berada di ruangan yang bersuhu panas. Tubuh juga akan mengeluarkan keringat meskipun hanya duduk diam saja. Akan tetapi yang menjadi masalah apabila keringat ini mengeluarkan bau yang menggangu yaitu adalah bau ketiak.

Penyebab

Kenapa bau ketiak? Ya karena sebagian besar bau yang dikeluarkan itu dari ketiak. Di dalam ketiak terdapat kelenjar keringat namanya adalah kelenjar apokrin. Kelenjar apokrin ini mengeluarkan keringat yang mengandung asam lemak jenuh dengan cairan lebih kental dan berminyak. Keringat ini dapat mengeluarkan bau yang busuk apabila ada bakteri yang berkembangbiak atau memecah komponen organic keringat tersebut.

Ketiak memang sangat rawan keluar keringat sehingga membuat suasana di area ketiak menjadi lembab. Suasana lembab merupakan keadaan yang paling ideal untuk bakteri berkembangbiak sehingga hal ini mendatangkan bakteri di ketiak.

Cairan yang dihasilkan oleh kelenjar apocrine hanya berbau lemak. Namun, karena di setiap helai rambut terdapat satu apokrin dan mengandung bakteri yang berperan dalam proses pembusukan, maka timbullah bau badan yang tak sedap. Terkadang ada orang yang mempunyai kelenjar apocrine lebih besar, sehingga produksi keringatnya lebih besar dan pembusukan bakterinya juga lebih banyak

Kebanyakan blog-blog yang saya baca mengatakan bahwa bakteri-lah yang menyebabkan bau busuk pada ketiak. Akan tetapi mereka tidak menjelaskan prosesnya sehingga kita tidak tahu bagaimana cara kerjanya.

Nah kali ini saya memecahkan masalah ini kenapa bakteri yang di ketiak itu bisa menyebabkan bau busuk. Meskipun bakteri pada umumnya penyebab bau akan tetapi sebagian juga tidak mengeluarkan bau. Jadi kenapa bakteri di ketiak itu menghasilkan bau busuk? Tentu ada alasan yang logisnya. Setelah saya cari-cari reaksinya ternyata seperti ini prosesnya. Oke mari simak berikut ini:

Mekanisme

Keringat yang di keluarkan oleh kelenjar apokrin banyak mengandung lemak. Bakteri dapat menghasilkan enzim lipase. Apabila bakteri berkembangbiak di keringat tersebut maka enzim lipase ini akan mengubah lemak menjadi asam lemak. Asam lemak jenuh lebih mudah terhidrolisis (bereaksi dengan air) dan teroksidasi (bereaksi dengan oksigen) pada suhu ruang.

Asam lemak kebanyakan tidak berbau enak dan rasa yang tidak enak. Sebagai contoh sederhana, minyak goreng dan mentega, adalah makanan yang banyak mengandung asam lemak. Apabila minyak dan mentega ini di biarkan dalam waktu lama akan berbau dan berasa tidak enak? Benar bukan?

Temperature yang tinggi juga dapat membuat minyak menjadi cepat tengik. Asam lemak tak jenuh (ganda) lebih mudah teroksidasi apalagi pada suhu panas.

Reaksi  hidrolisa  menghasilkan flavour dan  bau  tengik  pada  minyak (atau  lemak)  dan  produk  turunannya. Reaksi  oksidasi  menyebabkan bau  tengik  pada  minyak  dan  lemak.  Reaksi  tingkat  lanjut  mengakibatkan  terurainya  asam lemak menjadi aldehid, keton, alkohol, aromatik dan hidrokarbon, hasil reaksi ini juga menyebabkan bau produk turunannya juga terpengaruh

Nah bau busuk yang terdapat pada ketiak itu berasal dari asam lemak ini akibat bereaksi dengan enzim lipase yang dihasilkan bakteri. Lipase memecahkan ikatan antara gliserin molekul oksigen dan asam lemak. Nih gambar reaksi kimia pemecahan lemak menjadi asam lemak dan gliserol :

Cara menghilangkan bau ketiak dari akarnya-akarnya..!!!
Reaksi kimia

Jadi kenapa ketiak itu bisa mengeluarkan bau? Penyebabnya adanya lemak dan bakteri yang menghasilkan lipase. Pada bagian tubuh lain misalnya bagian wajah, terdapat juga keringat tetapi tidak bau-kan? Ya karena kandungan keringatnya tidak mengandung lemak, tetapi hanya mengandung air dan garam saja.

Bagian mana saja yang keringat mengandung lemak? yaitu pada bagian yang ada kelenjar apokrin, terletak di ketiak dan di area kelamin. selain di daerah itu, keringat di keluarkan oleh kelenjar ekrin dimana kelenjar ini  tersebar di seluruh tubuh selain yang di tempati kelenjar apokrin. Kelenjar ekrin mengeluarkan keringat yang kandungannya air + garam saja. Tidak mengandung lemak. Kemungkinan apabila menyebabkan bau, tidak terlalu menyengat seperti pada ketiak.

Jadi penyebabnya adalah lemak yang keluar dengan keringan di ketiak + bakteri yang mengeluarkan enzim = Bau ketiak

Bagaimana cara mengatasinya?

Untuk mengatasi bau ketiak karena bakteri ini caranya adalah dengan membunuh bakteri penyebab bau tersebut, atau menghambat bakteri berkembangbiak agar tidak terbentuk reaksi yang menyebabkan bau. Membasi bakteri yang diperlukan adalah antibiotik. Dimana antibiotik ini berfungsi untuk membunuh bakteri. Berikut adalah beberapa cara mengatasi bau ketiak :

1. Menggunakan antiseptik / antibiotik

Bakteri akan mati dengan antibiotik atau antiseptik. Dalam menghilangkan bau ketiak, anda dapat menggunakan antibiotik yang terdapat di dalam deodoran. Deodoran sudah mengandung zat komplek yang di butuhkan ketiak.

Umumnya deodoran mengandung antibakteri agar tidak berkembang biak sehingga bakteri tidak bisa berkembang biak di ketiak. selain itu terdapat juga zat pengharum secara otomatis bau busuk akan teredam oleh bau yang harum tersebut. Gunakanlah deodoran setelah mandi secara rutin

Penggunaan antiseptik selain dari luar, juga dapat di gunakan dari dalam. Misalnya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat antiseptik yang dapat membunuh kuman-kuman penyebab bau dari dalam tubuh. Dalam hal ini anda bisa membaca pada artikel “Buah-buahan yang mengandung antiseptik alami

2. Minyak cengkeh

Cengkeh merupakan rempah-rempah yang digunakan untuk bumbu masakan. Kandungan cengkeh memiliki banyak khasiat untuk obat tradisional yang cukup mujarab. Minyak Cengkeh mengandung anti micoba, antijamur, antiseptik, antivirus, dan afrodisiak. Anda dapat mengoleskan minyak cengkeh di area ketiak setelah mandi dan di keringkan. Untuk informasi lebih lengkap, coba baca cara menghilangkan bau ketiak dengan minyak cengkeh disini

3. Minyak Oregano

Minyak organik dari Origanum vulgare bersifat antiseptik, antibakteri, antimikroba, antiparasitik, antijamur, antikarsinogenik, antiinflamasi, antioksidan, antimutagenik, dan analgesik. Efek antibakteri itu berkat kemampuannya menembus membran sel dan mengganggu integritasnya. Minyak ini dapat dimanfaatkan untuk membunuh atau menghambat bakteri berkembangbiak di area ketiak

4. Ekstrak biji anggur

Ekstrak biji anggur merupakan obat yang memiliki banyak khasiat. Beberapa kandungannya diantaranya seperti imunomodulator, antioksidan, antimutagenik, antibakteri dan analog hormon. Kandungan antibakteri dapat dimanfaatkan untuk menghambat pertumbuhan kuman pada area ketiak

5. Ekstrak Daun Zaitun

Zaitun memang di kenal sebagai tanaman obat multi khasiat. Bukan hanya dari buah, tetapi daunnya juga dapat dimanfaatkan untuk obat. Di bidang kecantikan, minyak zaitun banyak dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat dan bekas luka. Karena kandungan antiseptiknya dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Kalau saja bakteri jerawat dapat di atasi oleh minyak zaitun, bakteri di ketiak juga tentu dapat di basmi juga oleh minyak ini.

6. Cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung berbagai zat yang banyak di butuhkan oleh tubuh. misalnya mineral, seperti kalium, natrium, klorida, fosfor, kalsium, dan magnesium, dan mineral, seperti, tembaga, fluor, serta vitamin A, B1, B2, B6, C, dan E, bioflavonoid , dan pektin. Kandungan lainnya seperti antiseptik dapat dimanfaatkan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain jerawat, anda bisa menerapkan pada ketiak untuk membunuh bakteri penyebab bau ketiak

7. Minyak Eucalyptus

Ekstrak dari daun Eucalyptus menghasilkan Minyak Eucalyptus (kayu putih). Minyak ini memiliki multi khasiat. Di antaranya untuk mengatasi sakit perut, mual, meredakan pilek, asma, sinusitis, nyeri, bau mulut, mengatasi sakit kepala dan mengusir serangga. kandungan lain seperti antiseptik dapat di manfaatkan untuk menghambat bakteri yang tumbuh pada tubuh manusia. Oleskan secukupnya pada ketiak setelah mandi

Nah dengan menggunakan cara di atas secara otomatis telah mengatasi bau badan dari akar penyebabnya yaitu adalah bakteri jahat. Fungsi dari minyak di atas adalah untuk menghambat dan membunuh bakteri. Hal ini memanfaatkan kandungan antiseptik dan antibakteri di dalam minyak tersebut. Minyak ini bekerja dari luar karena penggunaannya hanya di oleskan saja di ketiak.

Perhatian….!

Beberapa minyak ini termasuk minyak keras, Sebaiknya gunakan sedikit saja terlebih dahulu untuk pertama kali. Alternatif lainnya anda bisa mencampurkan dengan air atau menggunakan krim / salep yang berbahan seperti di atas.

Selain itu anda bisa mencoba membersihkan bakteri dari dalam tubuh dengan cara mengkonsumsi rempah-rempah yang mengandung antiseptik alami. Silakan pilih salah satu saja dari rempah-rempah itu agar cara di atas bekerja lebih maksimal

Itulah beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi bau badan yang di akibatkan oleh bakteri. Cara alami yang sangat mudah untuk diterapkannya. Jika setelah menggunakan bahan-bahan di atas tidak menghilangkan bau badan anda bisa menerapkan alternatif lainnya pada artikel 7 cara menghilangkan bakteri penyebab bau badan.

Setelah tidak berhasil juga, Kemungkinan bukan bakteri tersebut penyebab bau badan anda. Untuk memastikannya anda bisa memegang langsung ketiak anda dan menciumnya. Apabila tidak berbau kemungkinan bukan dari ketiak. Tetapi ada faktor lainnya yang mempengaruhi.

Penyebab lainnya adalah factor makanan dimana kandungan makanan juga dapat di uapkan melalui keringat. Misalnya makanan yang banyak mengandung senyawa sulfur. Sulfur merupakan makanan bakteri yang dapat menghasilkan bau busuk. Beberapa makanan yang banyak mengandung sulfur dapat anda baca disini “Makanan-makanan kaya sulfur penyebab bau” Selama melakukan terapi cobalah hindari makanan pemicu bau badan ini agar lebih cepat hilang.

Itulah beberapa cara yang dapat dijadikan referensi untuk menghilagkan bau ketiak. Bau ketiak memang cukup menggangu apabila terus keluar setiap saat. Apabila tidak di segera di atasi, dikhawatirkan akan menjadi penyakit yang besar, akut dan kronis. Bau badan juga merupakan indikasi penyakit lebih serius di dalam tubuh. Apabila tidak mendapati hasil apapun setelah menggunakan resep-resep dari sini, segera kunjungi dokter untuk berkonsultasi agar mendapatkan informasi yang lebih jelas. Terimakasih semoga bermanfaat. Ada pun cara buat badan dan mulut harum alami, konsumsi makanan ini agar dapat mengeluarkan aroma yang segar dan tidak berbau

7 Cara menghilangkan bau ketiak sampai ke akar-akarnya..!!! | admin | 4.5