Amandel Perlukan di Operasi?

operasi amandel
Operasi Amandel

Amandel Perlukan di Operasi? – Amandel salah satu sistem pertahanan tubuh yang pertama kali menyerang dan di serang oleh bakteri yang ikut dalam makanan yang kita makan, sesuai dngan fungsinya sebagai alat pertahanan dalam tubuh. Semakin banyak kuman-kuman yang menyerang amandel, suatu saat amandel juga akan overwork.

Kehabisan tenaga dan menyebabkan rusaknya beberapa jaringan di dalam amandel. alhasil amandel di serang terus oleh bakteri hingga lumpuh. terbukti ketika amandel telah rusak atau sering meradang akibat serangan bakteri terdapat lubang-lubang pada amandel, terdapat bintik putih yang menjadi penyebab bau nafas, dan amandel membesar yang dapat menutupi saluran pernafasan. Baca juga : amandel bengkak sebabkan bau nafas

Amandel perlukah operasi? Terdapat beberapa pertimbangan sebelum mengoperasi amandel, terutama terhadap fungsi amandel sendiri yang sebagai alat pertahanan tubuh, jika di angkat, tentu saja tubuh akan kehilangan sistem pertahanan tubuh.

Setelah saya cari tahu mengenai amandel ini, ternyata amandel ini hanya bekerja pada usia 0 – 12 tahun maksimalnya. Kenapa pada usia itu saja? pada usia 0 tahun, yang masih bayi belum memiliki pertahanan tubuh yang kuat, sehingga amandellah yang membantu mengurangi bakteri yang masuk pada tubuh bayi. Kita tahu sendiri bahwa bayi sangat rentan demam, dan sering sekali amandelnya bengkak. Hal ini menandakan amandel pada usia tersebut sangat bekerja untuk pertahanan tubuh.

Nah bagaimana pada usia lebih dari 12 tahun? Semakin besar usia kita maka pertahanan terus semakin bertamah kuat. Pada usia dewasa pertahanan tubuh lebih kuat sehingga amandel tidak lagi terlalu di perlukan seperti pada bayi.

Pertimbangan pertama untuk mengoperasi amandel pada usia di bawah 12 tahun dapat di lihat ketika seorang anak yang tidak bisa bernafas, sering demam, sulit menelan, amandel membengkak parah, bau nafas, terjadi dalam kurun lama dan tidak membaik terhadap obat obatan. Jika terdapat ciri-ciri tersebut mau tidak mau harus di operasi.

Amandel Perlukan di Operasi?
Amandel yang membengkak

Selanjutnya pada usia di atas 12 tahun, bila terdapat ciri-ciri di atas terutama membesar akibat infeksi dan menyebabkan bau nafas, anda dapat mengangkat amandel anda. Namun jika amandel anda masih berukuran kecil biasanya doker tidak mau mengoperasi, maka sebaiknya anda gunakan cara-cara sederhana yang telah saya tulis berikut ini :

Jika memang tidak mempan, maka cari dokter lain saja dan katakan dengan sebernarnya apa yang anda alami.

Sekian artikel mengenai pertimbangan sebelum operasi amandel, semoga dapat bermanfaat untuk anda. Hal yang paling utama adalah anda konsultasi dengan dokter (Spesialis THT) saja. Ikuti saran dokter. Tapi bila anda telah sering ke dokter dan dokter hanya memberi obat yang juga tidak menyembuhkan amandel anda, sebaiknya anda membuat keputusan sendiri dengan beberapa pertimbangan yang bijaksana.

Harap berhati-hati juga karena ada juga yang sudah melakukan operasi amandel tetapi tidak menyembuhkan penyakitnya. Nih artikelnya bisa di baca disini : Sudah operasi amandel tapi bau mulut tidak hilang . Terimakasih telah membaca. Semoga amandel anda bisa segera sembuh 🙂

Amandel Perlukan di Operasi? | admin | 4.5