Bakteri-bakteri yang menyebabkan bau mulut

Bakteri-bakteri yang menyebabkan bau mulut
Bakteri

Bakteri-bakteri yang menyebabkan bau mulut – Segala hal yang menjadi penyebab bau busuk adalah bakteri. Bakteri dapat mengeluarkan gas dengan aroma yang tidak sedap. Sehingga apabila aroma ini di cium oleh manusia otak akan merespon “Bau busuk”. Kita sebagai manusia sangat sulit untuk tidak berinteraksi dengan bakteri, karena di mana tempat bakteri selalu ada.

Bau mulut ya sudah jelas yang menjadi penyebab adalah kuman alias bakteri. Apapun apabila sudah di gagahi oleh bakteri maka bisa berbau busuk. Misalnya daging yang di biarkan terbuka. Bakteri datang dan lambat laun daging akan busuk, termasuk bangkai, makanan, sayuran, minuman dan lain sebagainya. Bahkan sampai pada luka / kudis anda. Bila ada bakterinya bisa menyebabkan bau busuk atau juga bau amis.

Dimanakah bakteri tersebut? Bakteri tersebut tentu saja ada di dalam tubuh anda. Hampir setiap bagian tubuh mengandung bakteri. Dikarenakan tubuh memiliki sistem imun maka bakteri tersebut dapat di atasi oleh benteng pertahanan tubuh tersebut.

Akan tetapi apabila benteng pertahanan tubuh tersebut terus di serang berkali kali sedangkan pemiliknya tidak mengurusinya ya bisa saja akan hancur lumpuh dan kuman mudah masuk di dalam tubuh. Berkembang biak serta yang menjadi bau nafas anda.!!!

Banyak sekali tempat bakteri ini yang menjadi penyebab bau mulut. misalnya di dalam gigi berlubang. Kuman akan memakan gigi anda hingga anda sakit gigi. Bahkan bukan itu saja. Apabila ada makanan nyangkut di dalam lubang gigi, makanan tersebut akan di urai oleh bakteri dan menghasilkan bau mulut.

Bakteri di dalam hidung, dapat menyebabkan penyakit sinus, pilek, batuk. Dan apabila sudah sinusitis akan mudah menimbulkan bau nafas

Bakteri bersarang di amandel, dapat menyebabkan penyakit tonsilitis. Tonsilitis dapat menyebabkan amandel membengkak dan terbentuk bau tonsil. Batu tonsil ini lah yang menjadi pusat bau mulut anda. Untuk lebih lengkap informasi tentang tonsilitis silakan baca pada Tag Amandel

Bakteri di dalam sistem pencernaan, dapat menggangu kelancaran pencernaan. Apabila bakteri sudah berkembang bisa dalam jumlah besar, maka dapat menyebabkan bau mulut.

Begitu juga pada tempat lain..

Nah bakteri apa saja yang menyebabkan bau mulut? Berikut saya membagikan bakteri dalam beberapa tempat tinggalnya

Bakteri di mulut

Bakteri yang menyebabkan bau mulut ini namanya adalah Solobacterium moorei, Streptococcus mutans dan Lactobacilli, Lactobacillus acidophilus, Actinomyces viscosus, Nocardia spp., dan Streptococcus mutans

Kebanyakan bau mulut disebabkan oleh si bakteri yang ada didalam mulut, bakteri inilah yang kerjanya menghasilkan senyawa belerang berbau menyengat yang melekat di permukaan lidah dan di belakang mulut. Bakteri-bakteri mulut ini juga akan merusak gigi, misalnya membuat gigi berlubang, membuat karies gigi, gusi bengkak, infeksi dll

Bakteri di amandel

Bakteri yang berkembang biak di amandel yang menjadi penyebab bau nafas menjadi busuk sekali adalah : Staphylococcus aureus, Streptococcus pneumoniae, Mycoplasma pneumoniae, Chlamydia pneumoniae, pertusis, Fusobacterium , difteri, sifilis, dan gonore

Bakteri-bakteri ini tinggal dan berkembang biak di dalam amandel. Dan dapat menyebabkan amandel meradang, membengkak serta bernanah.

Bakteri di lambung

Bakteri ini berkembang biak di lambung dan menyebabkan masalah lambung, bisa jadi menjadi penyebab bau mulut anda akibat perkembang biakaan yang terlalu banyak.

Nama bakterinya : Helicobacter pylori. Bakteri ini dapat menyebabkan tukak lambung atau penyakit MAG. Bakteri ini dapat menghasilkan enzim urease yang sangat kuat dan akan memecahkan urea yang ada dalam mukus lambung menjadi amonia dan bikarbonat. Amonia yang akan dapat membuat suasana bau yang busuk. Baca selengkapnya di “Mag penyebab bau mulut

Bakteri di usus

Bakteri ini berkembang biak di dalam usus besar dapat mengganguan sistem pencernaan. Apa nama bakterinya? Adalah E. Coli. Sebenarnya bakteri ini merupakan bakteri baik yang simbiolis mutualisme dengan manusia. Akan tetapi apabila jumlah pertumbuhan bakteri ini sangat banyak dapat menyebabkan ganguan sistem pencernaan serta penyebab bau mulut..

Nah untuk mengatasi hal ini, bagus mengkosumi prebiotik untuk menetralkan bakteri di dalam usus. Misalnya keju, yoghurt, yakult, dan makanan fermentasi dari susu lainnya.

Virus

Selain bakteri penyebab lain bau mulut adalah temannya bakteri, adalah virus dan jamur. Virus-virus ini dapat menyebabkan organ di dalam tubuh meradang dan menyebabkan bau mulut.

Beberapa diantaranya adalah virus flu : adenovirus, rhinovirus, influenza, coronavirus, RSV. Virus-virus ini menginjeksi bagian organ tubuh manusia yang dapat menyebabkan peradangan pada organ tersebut. misalnya di hidung menyebabkan flu, pilek, deman. Di bagian tenggorokan, dapat menyebabkan radang pada amandel. Di bagian mulut juga dapat menyebabkan radang gusi. 

Selain virus di atas masih ada lagi virus lainnya, misalnya  Epstein-Barr, herpes simpleks virus, cytomegalovirus, atau HIV, virus hepatitis A, B, non A dan non B.

Beberapa organ di dalam tubuh yang di infeksi oleh virus dalam jangka waktu yang lama dapat merusak jaringan pada organ tersebut. Rusaknya organ ini akan di tumbuhi bakteri dan nyaris meneybabkan bau mulut. Contoh saja organ amandel yang di infeksi oleh virus menyebabkan amandel dapat meradang dan membesar. Amandel yang membesar dapat dengan mudah di tumbuhi bakteri, karena pori-pori amandel akan ikut membesar. Sehingga memudahkan bakteri masuk ke dalam amandel dan menyebabkan bau mulut menjadi busuk

Infeksi yang terjadi di dalam hidung, misanlya sinusitis, rinthis. Dapat menyebabkan sakit pada bagian muka, pilek dan bau nafas. jika anda memiliki ciri-ciri sakit pada bagian muka, cobalah atasi sinusitis anda dengan cara ini

Contoh lainnya misalnya hati, yang di infeksi oleh virus hepatisis, menyebabkan hati menjadi sakit. Apabila sudah terlalu parah dapat menyebabkan bau mulut. Anda juga dapat membaca artikel “Liverkah penyebab bau mulut saya?

Virus virus seperti ini banyak terdapat di sekeliling kita, terutama pada tempat yang kotor. celakanya virus ini tidak mati akan tetapi mengkristal kan diri apabila tidak di berada sel inangnya. Apabila sudah dapat sel inangnya (contoh bakteri, termasuk manusia) maka dapat berkembang biak menjadi banyak.

Nah itulah beberapa bakteri serta virus yang tinggal di dalam tubuh dan dapat menyebabkan bau mulut. Penyeab utama bau mulut adalah bakteri karena menguraikan makanan, berkembang biak dan mengeluarkan gas yang berbau. Oleh sebab itu kita sebagai manusia harus selalu menjaga kebersihan agar bakteri ini tidak banyak masuk kedalam tubuh. Perkuat imunitas tubuh dan terapkan hidup sehat.

Oke sekian dulu. Terimakasih smg bermanfaat.

Bakteri-bakteri yang menyebabkan bau mulut | admin | 4.5