Bronkitis dapat menjadi penyebab bau mulut?

Bronkitis dapat menjadi penyebab bau nafas?

Bronkus adalah saluran pernafasan yang ada di dalam rongga dada. Saluran ini bisa meradang akibat terinfeksi oleh virus ataupun bakteri. Penyakit inveksi dari bronkus ini di namakan bronkitis

Penyakit ini di bagi menjadi 2 jenis yaitu bronkitiss akut dan bronkitis kronis. Bronkitis akut merupakan peradangan yang masih ringan ini hanya terjadi dalam waktu 2 hari hingga 3 minggu saja. Sedangkan bronchitis kronis peradangan yang cukup serius, ini bisa bertahan hingga 3 bulan dalam satu tahun dan terus berulang setiap tahun. Nah untuk penanganan bronchitis ini dapat di lakukan sendiri di rumah, apabila sudah kronis lebih baik mengunjungi dokter saja.

Gejala bronkitis

Beberapa gejala yang terjadi dalam penyakit bronchitis adalah

  • Batuk berdahak (dahaknya bisa berwarna kemerahan)
  • Sesak napas ketika melakukan olah raga atau aktivitas ringan
  • Sering menderita infeksi pernapasan (misalnya flu)
  • Bengek
  • Cepat Lelah
  • Pembengkakan pergelangan kaki, kaki dan tungkai kiri dan kanan
  • Wajah, telapak tangan atau selaput lendir yang berwarna kemerahan
  • Pipi tampak kemerahan
  • Sakit kepala
  • Gangguan penglihatan.

Penyebab Bronkitis

Beberapa penyebab terjadinya penyakit bronchitis adalah :

  • Berbagai jenis debu
  • Asap dari asam kuat, amonia, beberapa pelarut organik, klorin, hidrogen sulfida, sulfur dioksida dan bromin
  • Polusi udara yang menyebabkan iritasi ozon dan nitrogen dioksida
  • Tembakau dan rokok lainnya.

Mekanisme bronkitis

Di dalam bronkus di hasilkan mukosa (lendir) yang berfungsi untuk menahan debu atau partikel lain yang dapat menyebabkan iritasi agar tidak masuk kedalam paru paru. Apabila udara yang terlalu debu kotor banyak mengandung virus lebih besar peluang bronkus terinfeksi dan iritasi. Iritasi dan peradangan menyebabkan bronkus menghasilkan mukosa lebih banyak. Dan tubuh berusaha mengeluarkan dahak atau mukosa yang berlebihan dengan cara batuk. Inilah yang di sebut bronkitis akut.

Apabila bronchitis akut terjadi secara berulang ulang dapat menekan dan melemahkan bronkus. Maka dapat menyebabkan timbulnya bronkitis kronis

Hal-hal lain yang menyebabkan datangnya bronchitis adalah akibat dari merokok. Merokok dapat merusak bulu-bulu kecil di dalam paru-paru yang disebut rambut silia. Rambut silia berfungsi menghalau dan menyapu keluar debu, iritasi, dan mukosa atau lendir yang berlebihan.

Kandungan rokok yang di dominasi racun menyebabkan kerusakan permanen pada silia dan lapisan dinding bronkus. Akibatnya kotoran tidak bisa dikeluarkan dan dibuang dengan normal. Dahak dan kotoran yang menumpuk di dalam paru-paru membuat sistem pernapasan menjadi lebih rentan terserang infeksi. Itulah salah satu efek merokok dapat menyebakan bau busuk

Menyebabkan bau nafas

Ketika dahak dan kotoran tidak dapat di buang oleh sillia, akan menumpuk di dalam paru paru. Hal ini akan dapat menjadi tempat bermukim para bakteri jahat. Bakteri yang sudah berkembang biak di dalam tentu saja akan dapat menjadi penyebab bau mulut. Meskipun anda tidak berbicara, bau busuk akan keluar melalui hidung.

Sistem pernafasan yang lebih rentan terserang infeksi dapat menjalar pada penyakit pneumonia. Penyakit ini juga dapat menjadi penyebab bau nafas akibat infeksi bakteri streptococcus pneumonia.

Pengobatan Bronkitis

Bronkitis akut biasanya akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu, jadi tidak diperlukan pengobatan untuk bronchitis akut  Akan tetapi apabila di dapati demam bisa juga di obati agar penyembuhan lebih cepat. Untuk mengurangi demam dan rasa tidak enak badan, penderita dewasa bisa diberikan aspirin atau acetaminophen; dan untuk anak-anak sebaiknya hanya diberikan acetaminophen.

Disarankan minum banyak cairan (Air Mineral) dan banyak istirahat. Pada beberapa kasus, gejala bronkitis bisa bertahan lebih lama.

Bronkitis kronis biasanya akan bertahan setidaknya tiga bulan. Sayangnya belum ada obat yang bisa menyembuhkan bronkitis kronis, tapi ada obat yang bisa digunakan untuk meredakan gejala yang muncul. Sebaiknya Anda hindari merokok atau lingkungan dengan banyak perokok di sekitarnya. Kondisi ini bisa memperparah gejala yang muncul jika Anda menderita bronkitis kronis.

Gunakan maskter ketika berada di luar ruangan yang berudara kotor, debu, asap dan polusi lainnya. Cara yang terbaik agar anda dapat menjaga kesehatan bronkus sebelum terjadinya bronchitis.

Penutup

Kebersihan merupakan bagian yang paling penting untuk selalu kita jaga agar dapat hidup sehat dalam waktu yang lama. Lingkungan yang bersih udara akan lebih segar dan jauh dari virus serta pernafasan lebih sehat. Penyakit itu datang yang sebenarnya kita juga yang memanggilnya. Sehingga ketika sudah sampai di dalam tubuh, kita sendiri yang susah untuk mengobati. So mulai belajar dari sekarang untuk bisa hidup lebih baik kedepan.

Selain bronkitis ternyata penyakit MAG juga dapat menyebabkan bau mulut. Bagaimana mekanismenya? dan pengobatannya? Silakan simak untuk informasi lebih lengkap..!! Terimakasih semoga bermanfaat.

Bronkitis dapat menjadi penyebab bau mulut? | admin | 4.5