Kenapa kita sakit? Bagaimana mengindari sakit? Ternyata cuma 3 ini biangkeroknya !!!

Kenapa kita sakit? Bagaimana mengindari sakit? Berikut penjelasannya !!!
Sakit

Setiap orang yang hidup di dunia ini pastinya pernah merasakan yang namanya sakit. Sulit untuk menghindari sakit. Kapan saja dan dimana saja kita bisa terserang sakit. Entah itu berasal dari kesalahan-kesalahan kita sendiri atau sakit dari musiman.

Kali ini admin akan berbagi sedikit kenapa kita sakit? Apa penyebab sakit? Bagaimana menghindari sakit? Dan lain sebagainya akan di bahas disini.

Kenapa kita sakit?

Pertanyaan yang mungkin pernah terfikir oleh kita semua. seperti yang di katakan di atas, bahwa kita sulit untuk tidak pernah sakit. Setidaknya pernah walaupun sekali. akan tetapi sangat jarang orang hanya sakit sekali saja seumur hidup. Alasan paling logis kenapa kita sakit adalah karena adanya serangan penyebab penyakit itu sendiri yang masuk kedalam tubuh kita. Penyebab-penyebab penyakit ini sebenarnya cuma sedikit. Akan tetapi penyakit yang di hasilkan bisa sangat banyak bahkan setiap penyakit itu penyebabnya hanyalah satu saja.!!!

Penyebab Sakit
Penyebab sakit tentu saja harus di cocokkan dengan penyakit tersebut. misalnya penyakit batuk? Mungin di sebabkan oleh virus influenza. Penyebab sakit perut, mungkin kebanyakan makan atau bakteri. Penyebab susah BAB mungkin salah makan. Penyebab sakit gigi, mungkin ada gigi yang berlubang. Dan lain sebagainya. [Terkait: Cara mencegah bau mulut agar tidak mudah kambuh]

Akan tetapi dari semua penyakit itu sumber penyebab utama hanyalah 3 saja. Dari ketiga sumber ini dikembangkan menjadi sangat banyak. Apa saja ketiga sumber penyakit ini? Sumbernya adalah Bakteri, Virus dan jamur.

Simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini :

  • Bakteri
Kenapa kita sakit? Bagaimana mengindari sakit? Berikut penjelasannya..!!!

Hampir seluruh penyakit ringan atau pun penyakit berat itu di sebabkan oleh bakteri. Bakteri adalah makhluk hidup yang bersel satu. Bakteri ini hidup di dunia ini untuk sebagai sel pengurai. Yaitu apabila ada hewan yang mati sebut sajalah burung mati di hutan, burung tersebut akan menjadi bangkai lambat laun akan habis dan hilang dari muka bumi. Siapa yang makan? Adalah bakteri.

Bakteri berkembangbiak dengan membelah diri sehingga mereka mudah untuk memperbanyak diri. Akan tetapi bakteri hanya dapat berkembang biak dalam suhu tertentu dan dalam keadaan kondisi tertentu. Bakteri tidak dapat hidup dalam suhu tinggi sehingga akan mati.

Nah kenapa bakteri dapat menyebabkan sakit? Jadi jenis bakteri yang hidup di dunia ini bukan satu. Akan tetapi ada sangat banyak jumlahnya tidak terhitung. Sebagian ada yang di pelajari dan di namai oleh manusia. Bakteri dari berbagai jenis ini memiliki tingkat berbahaya sendiri-sendiri bagi manusia. Sebagian bakteri juga apabila sudah menginfeksi bagian di dalam tubuh akan menjadi kebal terhadap antibiotic. Hal ini menyebabkan semakin sulitnya untuk mengobati penyakti tersebut

Beberapa jenis bakteri yang dapat membuat sakit pada manusia adalah Mycobacterium tuberculosis, Streptokokus pyogenes, Vibrio cholerae, Enteritis salmonella, Salmonella Typhi, Escherichia Coli, Neisseria gonorrchoeae, Bordetella pertussis , Treponema pallidum, Clostridium botulinum, Propionibacterium acnes, Candidatus liberibacter asiaticus dan lain sebagainya

Itu baru segelintir bakteri yang di di tulis, masih ada lagi jumlahnya yang tidak terhitung yang dapat membuat manusia sakit di bagian masing masing. Misalnya bakteri di lambung penyebab radang lambung / mag namanya helicobacter pylori (H. pylori). Bakteri penyebab radang amandel Staphylococcus aureus, Bakteri penyebab diare E.coli, bakteri penyebab disentri shigella dysenteriae dan lain sebagainya.

  • Virus
Kenapa kita sakit? Bagaimana mengindari sakit? Berikut penjelasannya..!!!

Virus merupakan penyebab terbesar setelah bakteri yang dapat membuat sakit. Virus ini makhluk hidup yang cukup aneh. Dimana ketika tidak berada di sel inang virus akan mengkristalkan diri. Virus ini sangat ringan jadi bisa saja terbang bersama debu-debu kotor di sekeliling kita. Ketika virus ini menempel pada sel inang barulah ia akan bereaksi. Sel ingan yang dimaksud adalah makhluk hidup seperti bakteri, hewan, manusia dll. Virus akan menginjeksi sel tubuh bakteri dan akan berkembang biak menjadi banyak. Virus tidak dapat di bunuh dengan antibiotic. Tetapi dapat di musnahkan dengan antivirus.

Virus-virus paling umum menyerang manusia adalah virus influenza yang dapat membuat batuk, pilek dan demam, virus HIV, virus herpes, virus hepatitis dan lain sebagainya.

Sama halnya seperti bakteri, jumlah virus di muka bumi ini juga sangat banyak dan dapat menginfeksi di bagian tubuh masing-masing. Misalnya virus yang menginfeksi di hati, sebut saja hepatitis. Sedangkan virus hepatitis ini jumlahnya lebih dari 5 jenis. Belum lagi penyakit lain yang nama virusnya juga beda. contohnya virus varicella-zoster yang menyebabkan cacar air, virus herpes simpleks yang menyebabkan penyakit herpers. Yang lainnya seperti polio, ebola, rubeola, gondong dan lain sebagainya.

  • Jamur
Kenapa kita sakit? Bagaimana mengindari sakit? Berikut penjelasannya..!!!

Tumbuhan yang unik sering kita mumpai pada daerah yang lembab. Sebagian jamur memiliki manfaat untuk manusia yang dapat di gunakan sebagai makanan kesehatan. Sebagaian jamur juga sangat berbahaya yang dapat membuat menusia sakit. Dari sekian banyak penyakit, jamur masih menjadi peringkat tinggi dalam memberikan sakit. Jenis jamur sangat beragam dan mudah tumbuh di mana saja pada bagian yang lembab. Tidak terkecuali tumbuh di dalam tubuh manusia.

Pertumbuhan jamur yang dapat menyebabkan penyakit bagi manusia bisa di dalam tubuh dan bisa di luar tubuh. Di dalam tubuh jamur dapat menyebabkan penyakit ginjal, paru-paru, jantung, vagina, jaringan tubuh. Di bagian luar dapat menyebabkan penyakit gatal-gatal, menyerang kulit, jaringan subkutan, kepala dan kuku.

Inilah segelintir jamur yang dapat membuat sakit pada manusia Tinea capitis jamur yang menyerang kulit kepala. Allescheris boydii, cephalosporium falciforme, madurella mycetomi dan madurella gresea jamur yang menyerang kaki para atlet yang selalu lembab. Coccidioides immitis jamur yang menerang paru paru. Sporotrichum schenckii yang menyerang bagian bawah kulit. Nocardia asteroids jamur yangmenyerang jaringan subkutan. Malassezia furfur jamur yang menyerang kulit seperti panu. Candida albicans jamur yangmenyerang kulit, kuku, organ tubuh, jantung, paru paru, selaput lendir serta vagina. Dan masih banyak jenis jamur yang menyebabkan sakit pada tubuh manusia.

Itulah penyebab terbesar penyakit dalam tubuh manusia. Dari ketiga penyebab di atas dapat dikembangkan lagi menjadi banyak. Berikut ini adalah pengembangannya

# Kebersihan
Kebersihan merupakan bagian yang sangat vital dalam kehidupan. Pernah terbayang tidak bagaimana apabila kita tinggal pada lingkungan yang kotor? Tentu saja akan banyak sekali penyakit-penyakit yang akan datang. Kenapa lingkungan yang kotor dapat menyebabkan sakit?

Tempat yang kotor akan mudah di jumpai bakteri, virus dan jamur. Mereka akan mudah untuk berkembangbiak disini. Semakin kotor mereka akan semakin banyak sehingga berpotensi besar menimbulkan penyakit.

Nah oleh sebab itulah kita di wajibkan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan agar dapat hidup sehat.

# Makanan
Kita makan agar dapat terus melangsungkan kehidupan. Apabila kita tidak makan, kita akan menjadi lemas dan letih serta lesu. Karena energy yang di perlukan sel untuk kita hidup seperti bernafas, bergerak dan beraktifitas berasal dari makanan yang kita konsumsi. Nah bagaimana bisa makanan menyebabkan sakit?

Ya tentu saja sangat bisa. Yaitu adalah makanan yang tidak sehat. Makanan yang tidak higenis, banyak mengandung pewarna, MSG, dan zat-zat yang berbahaya untuk tubuh. Bahan-bahan seperti ini sangat perlu untuk di perhatikan untuk kesehatan jangaka panjang. Memakan makanan yang tidak higenis sama saja kita memasukkan bakteri atau jamur atau virus dengan sengaja kedalam tubuh kita. Nah logic saja tentu kita akan mudah sakit kan?

Nah untuk itu menjaga makanan-makanan yang sehat dan higenis sangat penting untuk kesehatan kita. Makanan adalah factor utama untuk kesehatan, karena makanan nantinya akan di proses di dalam usus untuk di ambil nutrisi untuk tubuh. Pastikan makanan kita itu bersih dari bakteri dan tidak banyak mengandung zat zat berbahaya bagi tubuh

# Minuman
Sama halnya seperti makanan. Minuman juga sangat penting untuk kita. Tubuh memerlukan air untuk menjaga seluruh kesehatan organ-organ di dalam tubuh. Air akan di serap oleh tubuh dan masuk kedalam aliran darah. Air ini akan membuat suasana darah menjadi lebih encer. Ketika darah encer tentu saja akan mengalir lebih cepat. Bagaimana bila air minum tercemar oleh bakteri, virus, jamur? Ya tentu saja kita sudah tahu jawabannya bagaimana selanjutnya bukan?

# Pola hidup
Pola hidup yang tidak sehat ya sangat memungkinkan sekali mendatangkan banyak penyakit. Dengan selalu hidup sehat saja belum tentu sepenuhnya kita tidak sakit, apa lagi kalau pola hidup yang tidak sehat. Kebiasaan seperti merokok, mengkonsumsi alcohol, narkoba, junkfood, softdrink dalam jangka waktu yang lama akan membuat tubuh tidak sehat. Dalam hal ini tubuh tidak akan cepat merespon, akan tetapi dalam jangka beberapa waktu. Dan sakit yang di hasilkan juga sangat besar tentunya. Semakin besar sakitnya akan semakin besar pula biaya untuk pengobatanya.

Pola hidup sehat sangat penting untuk kita jalankan guna agar kita dapat hidup sehat dalam jangka waktu yang lama serta berumur panjang. Hindarilah rokok, merokok sama saja kita menyiksa organ di dalam tubuh kita atau menyuruh organ di dalam tubuh kita untuk sakit.

Bagaimana menghindari sakit?

Kita semua menginginkan untuk mengindari penyakit. Akan tetapi siapa yang bisa menahan penyakit apabila hendak datang pada tubuh kita? Tidak demikian. Apabila kita selalu terus menjaga agar tidak sakit ya tentu saja bisa. Nah bagaimana menghindari sakit?

Cara menghindari sakit adalah dengan cara hidup yang sehat tentunya. Kita harus menghindari ketiga factor besar penyebab sakit seperti di atas. Melaksanakan pola hidup sehat seperti menjaga kebersihan lingkungan, menjaga kebersihan diri, mencuci tangan sebelum makan, makan dan minum yang sehat serta higenis, menghindari rokok, selalu menggunakan pelindung seperti masker apabila udara kotor dan terakhir mengkonsumsi madu setiap hari.

Setelah melakukan cara hidup sehat kita juga tidak bisa lepas dari sakit, misalnya sakit yang di sebabkan oleh gen atau keturunan. Apa boleh buat ? karena penyakit yang di bawa oleh gen itu bukan di sebabkan oleh ketiga factor di atas. Jadi mungkin sangat sulit untuk dihindari. Akan tetapi tetap positif thingking bisa hidup sehat akan memberikan kekuatan tersendiri nantinya.

Terakhir saran dari saya adalah dengan selalu mengkonsumsi madu. Madu adalah suplemen alami yang dapat menghancurkan segala jenis penyakit yang ada di dalam tubuh. Madu mendetoks atau menyaring seluruh racun yang ada di tubuh. Madu sangat berkhasiat dan sangat direkomendasikan untuk orang yang ingin hidup sehat. Untuk mengetahui lebih lengkap bacalah “Ampuh bin mujarab..!!! MADU bebaskan segala penyakit tanpa terkecuali…!!!

Terimakasih semoga bermanfaat

Kenapa kita sakit? Bagaimana mengindari sakit? Ternyata cuma 3 ini biangkeroknya !!! | admin | 4.5