Makanan kaya sulfur penyebab bau busuk

Makanan kaya sulfur penyebab bau

Makanan kaya sulfur penyebab bau busuk – Sulfur salah satu zat kimia yang ada di alam. Sulfur nama lainnya belerang symbol (S) nomor atom 16 merupakan senyawa yang berada di golongan 6 A periode ke 2. Senyawa ini mudah bereaksi dengan asam misalnya H2S, H2SO4. Sulfur juga dapat beraksi dengan bakteri membentuk ion sulfat(SO4^2-), sulfur dioksida (SO2). Ion sulfat akan diserap oleh tanaman dan sulfur dioksida akan terlepas keudara. Diudara sulfur dioksida akan bereaksi dengan oksigen dan air membentuk asam sulfat (H2SO4). Apabila hujan turun, dapat terjadi hujan asam apabila kandungan asam sulfat sangat banyak, ini dapat mematikan beberapa tumbuhan yang terkena hujan. kemudian sulfat ini kembali pada tanah, di urai oleh bakteri lagi dan begitu seterusnya

Berbicara soal sulfur dalam kesehatan manusia, ada banyak pentingnya untuk tubuh. Sulfur atau belerang adalah senyawa kimia yang berwarna kuning pucat, tidak berbau, rapuh padat, tidak larut dalam air, tetapi ia dapat larut dalam karbon disulfida. Sulfur berperan penting bagi kehidupan, ia adalah konstituen lemak minor, cairan dalam tubuh, serta mineral dalam tulang.

Sulfur dioksida memiliki sifat nonflamable jika ditempatkan pada suhu tertentu. Gas ini tidak berwarna dengan bau tajam yang sangat kuat. Bau gas sulfur dioksida dapat tercium oleh indra manusia pada tingkat 0,3 sampai 1 ppm

Berikut ini adalah fungsi belerang untuk kesehatan manusia :

  • Meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghasilkan antioksidan
  • Perawatan tulang
  • Sebagai efek detoksifikasi
  • Perawatan kulit dan rambut
  • Penambah energi
  • Sulfur merupakan salah satu mineral dalam tubuh, sekitar setengah terkonsentrasi di otot Anda, kulit dan tulang, dan sangat penting bagi kehidupan.
  • Membantu produksi insulin
  • Sebagai agen anti alergi
  • Membantu penyerapan nutrisi tubuh

Belerang memang sangat penting untuk tubuh kita, bukan hanya tubuh kita, tumbuhan juga membutuhkan belerang untuk kehidupannya. Nah makanan apa saja yang banyak mengandung belerang?

Berikut ini adalah beberapa makanan yang banyak mengandung belerang yang dapat di konsumsi manusia :

  • Telur

Telur merupakan makanan yang sering kita konsumsi. Kandungan telur yang paling terkenal adalah protein. Ternyata di dalam telur juga banyak terkandung belerang yang baik untuk kesehatan tubuh.

  • Bawag putih

Bawag putih adalah salah satu rempah-rempah yang banyak di gunakan untuk bumbu makanan. Sudah lama orang sudah banyak tahu bawah bawang banyak mengandung sulfur. Sulfur ini sering menjadi antibiotic alami yang efektif

  • Bawang merah

Sama seperti bawang putih, golongan umbi lapis ini banyak mengandung sulfur. Hal ini di karenakan tumbuhan tanah yang dekat sekali dengan bakteri yang menghasilkan sulfur.

  • Makanan laut

Makanan laut seperti ikan banyak mengandung senyawa belerang. Hal ini di sebabkan oleh banyaknya bakteri yang menghasilkan senyawa belerang larut dalam air (H2S). Sedangkan ikan hidup di perairan sehingga secara tidak langsung senyawa belerang dapat masuk kedalam tubuh ikan.

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan sulfur sangat bagus untuk kesehatan dalam tubuh. Akan tetapi apabila terlalu banyak tidak akan baik. Apabila tubuh kelebihan zat yang di perlukan tubuh, zat tersebut sebagian akan di simpan dan sebagian akan dikeluarkan oleh tubuh

Apabila kelebihan senyawa belerang di dalam tubuh, akan di buang melalui urin dan ekskresi kulit. Belerang yang di ekskresikan tubuh melalui kulit dapat membuat bau badan. Hal ini disebabkan oleh bakteri yang mengurai zat belerang di kulit menjadi belerang dioksida. Sehingga makan belerang dapat menyebabkan bau badan serta dapat juga menyebabkan bau mulut, karena zat belerang tersebut dapat juga keluar melalui pernafasan.

Pada kasus bau mulut atau badan, bakteri banyak berkembang biak di dalam mulut atau di bagian tubuh, bakteri ini dapat menghasilkan gas sulfur atau gas hydrogen sulfur.

Beberapa gas utama penyebab bau di mulut manusia dan aroma dari gas tersebut :

  1. Hydrogen sulphide ( H2S ) : Bau telur membusuk
  2. Methyl mercaptan ( CH3SH ) : Bau kotoran manusia
  3. Dimethyl sulphide ( CH3)2S : Bau sayur sawi membusuk

Makanan lain selain diatas yang dapat menyebabkan keluarnya bau dari tubuh manusia adalah sebagai berikut

  • Daging merah

Daging merah banyak mengandung protein dan asam amino. Sulfur atau belerang merupakan unsur penyusun dari kandungan protein yang banyak terdapat di dalam daging. Daging juga banyak mengandung asam amino, hal ini karena asam amino juga penyusun protein. Sulfur ini dapat keluar melalui keringat.

  • Kembang kol

Kembang kol merupakan sayuran hijau yang sering kita konsumsi. Umumnya setiap tumbuhan mengambil sulfur dari dalam tahan yang di bentuk oleh bakteri. Dalam kembang kol atau sayuran hijau sejenis brokoli, kubis, kembang kol banyak mengandung sulfur.

  • Junk food

Junkfood atau makanan cepat saji kebanyakan sangat sedikit nilai gizinya dan lebih banyak buruknya. Junk food banyak mengandung pengawet, pewarna serta serta kandungan bahan yang belum diketahui pengolahannya. Junk food juga banyak  mengandung lemak jenuh yang dapat membuat kerusakan pada organ hati atau organ-organ lainnya. Sebagian organ tubuh yang rusak dapat menyebabkan penyakit bau badan atau bau mulut.

Oleh karena itu, jangan terlalu sering atau batasi untuk mengkonsumsi junk food meski menggoda lidah anda.

  • Makan pedas

Pedas yang sebenarnya adalah panas. Ketika suhu di dalam tubuh panas, tubuh akan berusaha untuk menormalkan kembai yaitu dengan di keluarkan keringat. Biasanya apabila makan pedas, akan membuat banyak keluar keringat. Hal ini akan dapat memicu bau badan anda.

Itulah beberapa makanan yang banyak mengandung sulfur dan makanan yang dapat memicu bau yang keluar dari tubuh. Makan-makanan di atas tidak akan menjadi penyebab bau busuk apabila di konsumsi dalam batas yang wajar. Akan tetapi apabila dikonsumsi sudah terlalu berlebihan, sehingga tubuh kelebihan zat belerang akhirnya akan di keluarkan dari tubuh bisa melalui urine, uap (pernafasan) dan bisa melalui keringat.

Makanan kaya sulfur penyebab bau busuk | admin | 4.5