Penyakit Diabetes, penjelasan lengkap

Penyakit Diabetes penjelasan yang sangat lengkap

Diabetes sangat sering kita dengar di masyarakat, merupakan penyakit yang paling besar jumlah penderitanya di Indonesia. Penyakit ini bisa menyerang siap saja, anak anak, remaja, dewasa bahkan usia senja. Keturunan orang yang menderita diabetes memiliki resiko sangat tinggi akan terkena juga. Penyakit ini sangat berbahaya karena berpengaruh pada kesehatan dalam jangka panjang. Selain Diabetes, penyakit Bronkitis dapat menjadi penyebab bau nafas. Bagaimana mekanismenya? Simak disini

Pengertian

Diabetes (orang Indonesia sering sebut kencing manis) adalah penyakit dimana tubuh tidak menghasilkan hormone insulin, atau menghasilkan akan tetapi sangat sedikit sehingga gula darah tidak dapat terkontrol dengan baik. Hormon insulin ini berfungsi untuk mengatur gula darah. Gula darah ini namanya adalah glukosa. Glukosa berbeda dengan gula-gula yang di jual di pasaran.

Makanan selain glukosa yang masuk kedalam tubuh akan di rubah menjadi glukosa. Glukosa-glukosa ini akan semakin banyak di dalam darah, kalau banyak gula di dalam darah makanya bisa jadi diabetes. Nah secara normal, hormon insulin ini yang akan menurunkan gula darah tersebut dengan cara mengubah gula darah (glukosa) menjadi glikogen dan di simpan di dalam sel.

Hormon insulin di hasilkan di dalam pancreas. Pancreas akan menghasilkan insulin ketika kita sedang makan. Kenapa? yak arena ketika ada makanan yang di cerna, maka akan banyak glukosa yang masuk di dalam darah. So akan di netralkan oleh hormone insulin. Gimaan sudah mengerti kan?
Mekanisme Diabetes

Diabetes ini terjadi apabila hormone insulin ini tidak di hasilkan oleh tubuh, atau di hasilkan akan tetapi dalam jumlah yang sedikit atau ketidakmampuan tubuh memanfaatkan insulin (Insulin resistance). Ketika ini terjadi otomatis gula di dalam darah akan naik dan bertambah banyak karena tidak ada yang menetralkan.

Darah akan di saring di dalam ginjal. Gula dara bisa saja akan keluar melalui kencing. Apabila datang semut, kencing tsb akan dirubungi. Maka jadilah kencing manis.

Jenis-Jenis Diabetes

Jadi diabetes ini terdapat 2 tipe. Tipe ini memiliki maksud masing masing, yaitu:

Diabetes tipe 1
Suatu keadaan dimana tubuh sudah sama sekali tidak dapat memproduksi hormon insulin. Sehingga penderita harus menggunakan suntikan insulin dalam mengatur gula darahnya. Sebagian besar penderitanya adalah anak-anak & remaja. Mungkin ini di sebabkan oleh kelenjar pancreas yang rusak.

Diabetes tipe 2
Terjadi karena tubuh tidak memproduksi hormon insulin yang mencukupi atau karena insulin tidak dapat digunakan dengan baik (resistensi insulin). Tipe ini merupakan yang terbanyak diderita saat ini (90% lebih), sering terjadi pada mereka yang berusia lebih dari 40 tahun, gemuk, jarang olah raga dan mempunyai riwayat diabetes dalam keluarga.

Gejala

Adapun beberapa gejala yang dapat di deteksi apabila akan atau sedang mengalami penyakit diabetes. Diantaranya adalah :

Sering buang air kecil, terutama di malam hari.
Sering merasa haus dan sering kelelahan.
Berkurangnya massa otot.
Turunnya berat badan.
Lapar dan banyak makan
Mata kabur
Luka lama sembuh
Mudah terjadi infeksi pada kulit (gatal-gatal), saluran kencing dan gusi
Nyeri atau baal pada tangan atau kaki
Badan terasa lemah
Mudah mengantuk
Tekanan darah tinggi

Untuk mudah mengecek kencing manis ini adalah, dengan menyiramkan urin di tempat yang banyak semut, apabila di rubungi semut tersebut. Nah loh, cukup di curigai. Segera kunjungi dokter saja.

Penyebab

Berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya diabetes. Diantaranya adalah :
Genetik
Gagguan daya tahan tubuh
Makanan
Infeksi bakteri
Obesitas
Rokok
Alkohol

Pengobatan

Hingga saat ini belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan Diabetes. Tapi dengan menurunkan berat badan yang berlebih, diet yang baik, dan berolahraga secara teratur, dapat membuat gula darah kembali normal. Tapi ini tidak berarti telah sembuh dari Diabetes. Karena bila pasien kembali gemuk, diet buruk dan tidak berolahraga, maka gula darah akan meningkat kembali. Jadi Diabetes tidak dapat sembuh, tapi gula darah dapat dikontrol dalam batas normal.

Nah ternyata penyakit ini cukup mengerikan sekali. Banyak gangguan-gangguan yang dapat merambat hingga menyebabkan pada penyakit yang lebih besar. Misalnya merusak mata, duh sayang kan kalau mata rusak. Nanti tidak bisa melihat keindahan dunia ini. selain itu dapat menyebabkan penyakit lain sulit sembuh sehingga beresiko untuk di amputasi. Selain itu terdapat juga penyakit mag dan cara mengobatinya. Anda dapat membaca disini lengkap dengan mekanismenya.

Penyakit Diabetes, penjelasan lengkap | admin | 4.5