Penyakit liver dan cara mengobatinya lengkap

Penyakit liver dan cara mengobatinya lengkap

Sebelum mengenal lebih jauh penyakit yang menyerang hati ini, sering membuat bingung orang yang membaca tentang liver ini. Mari pahami terlebih dahulu, Apa itu liver? Liver adalah kata dalam bahasa inggris yang artinya adalah hati. Jadi penyakit liver sama dengan penyakit hati. Penyebab penyakit hati ini ada sangat banyak, seperti hepatitis A, B, C, non A, non B, kanker hati, virus, infeksi bakteri dll.

Pengertian

Penyakit liver (hati) adalah kondisi dimana ada gangguan fungsi pada organ hati yang di sebabkan oleh beberapa factor. Faktor penyebabnya adalah bakteri, virus, penyakit hepatitis, kanker hati, putus cinta. Penyakit liver ini bukanlah penyakit yang mudah untuk di tangani. Banyak penderita yang mengalami ganguan fungsi hati ini harus terus menjalani terapi atau pengobatan secara rutin. Sebagian penderita hanya sembuh dalam beberapa waktu saja, setelah itu kambung lagi.

Organ hati memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat penting bagi tubuh. Beberapa fungsi hati adalah Menawar dan menetralkan racun, Mengontrol sirkulasi tubuh, Membuat protein plasma, Menyempurnakan sel darah merah, Membantu membuang zat bilirubin, Menyimpan mineral yang diperlukan, Menyimpan glikogen, Mencegah terjadinya penggumpalan darah, Mengubah zat makanan yang diabsorbsi dari usus, Membuang zat berbahaya pada pembuluh darah seperti kolesterol, Mengatur sirkulasi hormon, Mengontrol kadar asam amino dalam tubuh, Mempertahankan suhu tubuh dengan menaikan suhu darah yang mengalir melalui hati, Memakan antigen dan mikroorganisme, Memproduksi zat imun, Mengatur komposisi darah yang mengandung lemak, gula, protein, dan zat lain, Menyimpan hermatin, Membantu empedu untuk menghasilkan cairan empedu yang berasal dari sel darah merah, Mengeluarkan glukosa jika diperlukan, Membentuk sel darah merah, Membentuk urea, Menyimpan vitamin larut lemak (A, D, E, K), vitamin B12, dan mineral, Menghasilkan protrombin dan fibrinogen yang berfungsi untuk mencegah penggumpalan darah.

Gejala

Beberapa kondisi dimana penderita penyakit liver tidak mengalami perbedaan keadaan atau merasa biasa-baisa saja. dan setelah penyakit itu memarah, baru di ketahuinya. Oleh karena itu penyakit ini termasuk penyakit yang mematikan.

Berikut ini beberapa gejala-gejala yang di timbulkan penyakit liver :

  • Warna kulit terlihat lebih kuning (sehingga di sebut penyakit kuning)
  • Penurunan berat badan
  • Mual-mual
  • Tinja berwarna pucat
  • Sering buang air kecil
  • Air seni berwarna gelap, seperti air teh
  • Kadang persendian terasa nyeri
  • Kehilangan selera makan
  • Menderita kejang
  • Menderita konstipasi
  • Muntah-muntah
  • Perut kembung
  • Pusing
  • Lelah
  • Sakit punggung
  • Kerusakan kulit (jerawat, gatal, psoirasis dll)
  • Bau Mulut dan bau badan
  • hipolekimia (kadar gula rendah),
  • demam ringan
  • Sakit otot-otot
  • Libido berkurang
  • depresi

Dengan ciri-ciri dari gejala di atas, kita dapat untuk mengetahui lebih cepat. Akan tetapi alangkah baiknya selalu cek kesehatan dengan medical checkup di rumah sakit favorit anda.

Penyebab

Penyebab terjadinya penyakit liver adalah bakteri, virus, penyakit hepatitis, kanker, jamur, alcohol, lemak, kelainan aliran darah.

  • Bakteri, jamur dan virus

Bakteri memang banyak menimbulkan penyakit pada organ tubuh manusia. Apabila sudah terinveksi maka organ tersebut dapat di rusaknya. Hampir seluruh organ di dalam tubuh apabila di infeksi bakteri pasti menyebabkan sakit. Bakteri-bakteri ini berasal dari makanan, udara yang kotor, dan pola hidup yang tidak sehat.

Bakteri juga dapat menyebabkan penyakit MAG namanya h.pylori yang membuat radang pada lambung dan sulit di sembuhkan.

  • Alkohol

Sebenarnya alcohol bukan tidak boleh di konsumsi, sebagian makan-makan dan obat-obatan juga mengandung alcohol. Akan tetapi yang tidak boleh adalah mengkonsumsi alcohol dalam jumlah yang besar (kadar tinggi) dan dalam jangka waktu yang lama. Alkohol dapat merusak jaringan sel hati dapat menyebabkan peradangan hati, disebut sebagai hepatitis alkoholik

  • Kelainan aliran darah

Di dalam hati tentu saja banyak salururan-saluran darah. Akan tetapi apabila ada kelainan aliran dara disini misalnya tersumbat dapat menyebabkan gangguan hati. Contohnya Budd Chiari syndrome adalah penyakit di mana gumpalan darah terbentuk di vena hepatik dan mencegah darah meninggalkan liver. Darah yang tersumbat dapat membeku dan menyumbat aliran tersebut

  • Hepatitis

Hepatitis salah satu penyakit yang di sebabkan oleh virus hepatitis. Hepatitis ini bermacam-macam, mulai dari hepatitis A, B, C non A, non B dan seterusnya. Ternyata penyakit hepatitis ini salah satu penyakit yang sangat serius berbahaya sehingga di kaji dalam penjelasan yang panjang dan lengkap.

Untuk mengetahui penyakit hepatitis anda bisa baca diartikel ini “Penyakit hepatitis dan cara mengobatinya lengkap

  • Lemak (Fatty liver)

Fattty liver merupakan pembengkakan hati yang di sebabkan oleh adanya penimbunan lemak yang berlebihan di dalam sel-sel hati.

Diabetes atau kencing manis adalah penyakit ganguan pada fungsi hormon insulin yang tidak berfungsi untuk mengubah glukosa menjadi glikogen. Akhrinya Hati yang akan mengerjakan dengan lebih berat sehingga lambat laun akan sakit atau lelah

Pengobatan

Untuk mengobati penyakit liver di sesuaikan dengan gejala penyebabnya. Melakukan pengecekan pada dokter untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dapat membantu mempermudah pengobatan liver. Pengoperasian atau pembedahan akan di lakukan oleh dokter apabila sudah menyangkut masalah yang parah

Adapun beberapa cara-cara tradisional yang dapat di manfaatkan untuk menyembuhkan penyakit ini adalah sebagai berkut ;

Buah sukun
Buah sukun di konsumsi dengan cara di rebus. Lalu airnya di konsumsi

Daun sukun
Selain buah, daun sukun juga dapat menjadi alternative. Caranya ambil 10 daun sukun yang sudah tua (warna kuning), di cuci bersih dan di rebus. Lalu airnya di minum layaknya seperti the

Selain sukun, beberapa tanaman lainnya juga dapat di gunakan untuk mengobati liver. Misalnya adalah :
Temulawak
Sambiloto
Kunyit
Pegagan
Tumbuhan-tumbuhan ini dapat di jadikan minuman seperti teh untuk pengolahan dan pengobatan penyakit liver

Pencegahan

Untuk mencegah agar tidak menderita penyakit liver adalah dengan menerapkan hidup sehat. Beberapa kiat-kiat yang dapat di lakukan adalah :

>> Menghindari alcohol
>> Hindari obesitas
>> Banyak Mengkonsumsi Air
>> Makan-makanan yang sehat dan bergizi
       – Ber-Prebiotik (susu, yoghurt)
       – Ber-Vitamin (buah buahan)
       – Ber-Protein (Daging, telor, ikan)
       – Ber-Serat (Sayur mayur)
>> Menghindari makanan mengandung MSG, Berlemak jenuh, dan pengawet
>> Istirahat yang cukup
>> Menjaga kebersihan lingkungan
>> Olahraga dengan teratur

Kesimpulan

Tergolong penyakit yang mematikan, kita semua harus selalu mewaspadai agar jauh dari penyakit ini. Mengingat fungsi hati yang begitu penting bagi tubuh, kita harus menjaga dan merawat dengan makan-makaann yang sehat dan bergizi. Organ hati bukan hanya berfungsi di bagian dalam tubuh, akan tetapi berfungsi untuk di luar tubuh seperti menyimpan perasaan, cinta dan kasih sayang.Untuk itu sangat penting bagi kita untuk terus menjaga kesehatan hati selamanya.

Selain penyakit hati, ada juga penyakit diabetes yang perlu anda baca agar dapat mencegah sebelum terinfeksi. Penyakit ini tergolong penyakit yang tidak dapat di obati. Banyak pantangan yang harus di jalani, untuk lebih lengkapnya silakan baca “Penyakit diabetes dan penjelasannya lengkap

Penyakit liver dan cara mengobatinya lengkap | admin | 4.5