12 Cara menghilangkan jerawat sampai keakar-akarnya

12 Cara menghilangkan jerawat sampai keakar-akarnya
cara menghilangkan jerawa

12 Cara menghilangkan jerawat sampai keakar-akarnya – Jerawat memang sangat menyebalkan. Tumbuh di bagian wajah membuat sangat mengganggu penampilan. Wajah merupakan bagian pertama kali yang orang lihat. Adanya jerawat membuat diri menjadi kurang PD. Memiliki jerawat juga terlihat seperti orang yang tidak mengurus wajah atau badan. Mungkin anda adalah orang dari sekian kalinya mengalami masalah jerawat yang tidak sembuh-sembuh. Tetapi memang sangat wajar jerawat muncul bagi seorang remaja. Hal ini disebabkan oleh ketidak seimbangan hormone di dalam tubuh.

Tetapi penyebab jerawat itu tidak hanya karena hormone saja. Ada berbagai macam penyebabnya. Anda bisa membaca pada artikel penyebab jerawat yang pernah di tulis disini. Dalam menghilangkan jerawat kita harus tahu terlebih dahulu penyebabnya agar mudah dalam mengatasinya. Ada banyak bentuk jerawat yang ada sekarang, mulai jerawat kecil-kecil, jerawat bergerombol, hingga jerawat batu. Semakin besar jerawat yang ada di wajah tentu akan semakin sulit atau semakin lama proses penyebuhanya.

Kali ini akan di bagikan cara menghilangkan jerwat dengan cara alami dan cepat serta akurat. Akan tetapi sebelumnya anda harus tahu penyebab jerawat itu sendiri. Pada umumnya jerawat di sebabkan oleh infeksi bakteri. Bakteri berkembang biak di bagian kulit wajah dan membuat kulit iritasi. Apabila jerawat anda di sebabkan oleh bakteri maka untuk menyembuhkan jerawat tersebut dengan cara membasminya. Cara membasmi bakteri tersebut adalah dengan menggunakan antiseptic. Beberapa obat antiseptic ada banyak di jual di apotek atau juga dari resep dokter. Tetapi disini tidak menggunakan obat tersebut, kali ini akan menggunakan bahan-bahan alami dari alam.

Cara menghilangkan jerawat

Berikut cara menghilangkan jerawat secara alami, cepat dan akurat langsung membunuh bakteri akar penyebab jerawat anda

  • 1.    Cuci wajah anda

Pertama sekali yang harus di lakukan adalah mencuci wajah anda dengan air bersih. Sebelumnya pastikan tangan anda juga sudah di cuci dengan bersih. Apabila anda sering beraktifitas di luar ruangan akan banyak sekali debu-debu yang menempel pada kulit wajah. Setelah selesai beraktivitas sebaiknya cuci wajah dahulu setelah itu barulah isitirahat. Jangan biarkan wajah kotor saat beristirahat, karena dapat membuat kusam serta berjerawatan

Lihatlah jerawat anda apakah sudah membesar dan terlihat ada nanah di bagian ujungnya. Apabila jerawat anda masih kecil, jangan sering memegangnya karena akan dapat membesar. Karena pada tangan ada sangat banyak bakterinya. Ini bisa berpindah ke bagian wajah anda dan memperparah kondisinya. Apabila jerawat kecil serta tidak ada nanah anda tidak perlu memencetnya.

Tatapi apabila sudah membesar dan ada nanah di bagian ujungnya, anda tunggu saja waktu matangnya. Setelah terlihat matang, anda bisa mengeluarkan nanah tersebut dengan memencetnya secara perlahan. Tapi perlu di ingat bahwa apabila belum matang jangan sesekali memaksa keluar dari tempat tersebut. Ini akan membuat bekasnya nanti berlubang di wajah anda. So bersabar saja tunggu sampai matang. Dan apabila anda tidak membuangnya bisa membuat bekas jerawat menjadi hitam di wajah

Nah dengan mencuci wajah ini akan membuang bakteri-baketri yang menempel pada kulit wajah anda. Ini merupakan cara yang sangat alami dalam perawatan wajah. Apalagi apabila wajah anda sedang berjerawat, dengan mencuci wajah akan mengurangi bakteri yang menginfeksi kulit tersebut

  • 2.    Jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan buah yang paling sering di gunakan untuk obat-obatat tradisional sejak zaman dahulu. Kandungan yang paling banyak adalah vitamin C yang dapat meregernerasi kulit mati. Oleh karena itu jeruk nipis dapat di gunakan untuk mengatasi jerawat anda.

Cara menggunakannya cukup mudah saja. Ambil satu sendok teh perasan jeruk nipis lalu campurkan dengan satu sendok teh madu. Aduk hingga rata lalu oleskan pada bagian yang berjerawat. Apabila jerawat anda banyak, anda bisa membuat lebih dari satu sendok perasan air jeruknya. Sesuaikan saja dengan kebutuhan

  • 3.    Lemon

Sama seperti jeruk nipis, lemon berkhasiat untuk menyembuhkan jerawat. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi mambantu merawat kulit. Selain itu, lemon mengandung antiseptic alam yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat anda. Cara menggunakannya cukup mudah, anda ambil perasan lemon lalu oleskan pada bagian yang berjerawat. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang baik

  • 4.    Tomat

Tomat salah satu buah untuk sayuran yang kandungan vitamin C cukup tinggi. Ini bisa di jadikan alternative perawatan wajah berjerawat. Salah satu manfaat vitamin C memang untuk perawatan kulit. Jadi anda bisa menggunakan buah tomat untuk menghilangkan jerawat anda. Ambil saja tomat, lalu iris dan tempelkan irisan tersebut pada bagian wajah yang berjerawat anda. Ingat, saat mengiris pastikan pisau yang anda gunakan sudah di bersihkan agar bakteri tidak berpindah ke buah tersebut.

  • 5.    Madu

Madu yang terkenal sebagai obat segala penyakit ini merupakan cairan yang paling mujarab untuk menghilangkan jerawat. Selain dapat di gunakan untuk masker, merawat kulit, mengencangkan kulit, mengecilkan pori-pori, madu juga dapat di gunakan sebagai perawatan wajah dari dalam. Yaitu dengan rutin mengkonsumsi madu setiap hari.

Untuk dijadikan sebagai obat jerawat madu mengandung antibakteri. Ini yang akan membunuh bakteri jahat penyebab jerawat anda. Caranya mudah, oleskan madu secukupnya saja pada bagian wajah yang berjerawat anda lalu beri sinar matahari pada bagian yang diolesi tersebut. Sinar ini berfungsi untuk memecah madu menjadi antiseptic alami. (Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Madu). Lakukan selama 30 menit dengan rutin setiap hari pada pagi dan sore hari.

  • 6.    Lidah buaya

Lidah buaya sering di jadikan sebagai bahan untuk kecantikan wajah. Misalnya bisa digunakan untuk masker wajah, mencerahkan wajah, menghilangkan jerawat, menghitamkan rambut, menghaluskan rambut dan lain sebagainya. Anda bisa menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan jerawat anda. Cuci tangan anda  terlebih dahulu dan ambilah satu batang lidah buaya, kupas sedikit terlihat gel di dalam dagingnya. Oleskan gel tersebut pada bagian yang berjerawat. Diamkan dalam beberapa saat dan setelah itu anda cuci wajah anda. Lakukan dengan rutin setiap hari di pagi hari dan sore hari.

  • 7.    Bawang

Bawang merah dan bawang putih adalah salah satu rempah untuk bumbu penyedap masakan. Tetapi karena kandungannya yaitu antiseptic alami maka ini bisa di manfaatkan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat anda. Bawang memang banyak digunakan untuk pengobatan sakit atau luka, bisa juga untuk mengusir sakit gigi dan gusi bengkak. Ini memanfaatkan kandungan antiseptic untuk membunuh bakteri penyebab sakit tersebut. Sebagai obat jerawat anda lumatkan saja salah satu bawang ini lalu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Perlu di ingat, pastikan tempat anda melumatkan bawang ini sudah di bersihkan agar bakteri tidak mudah berpindah kewajah anda.

  • 8.    Telur

Putih telur memang sering di gunakan untuk perawatan kecantikan wajah. Umumnya para wanita menggunakan ini sebagai masker wajah. Dalam mengobati jerawat sebenarnya telur tidak mengandung antiseptic. Hanya saja telur dapat mengencangkan kulit wajah sehingga pori-pori kulit wajah dapat mengecil. Secara otomatis bakteri tidak bisa masuk lagi ke dalam wajah anda. Apabila anda ingin menggunakan ini, ambil telur dan di bersihkan dahulu. Setelah itu pisahkan kuning dan putihnya. Ambil satu sendok teh yang putih di campur dengan satu sendok teh madu, lalu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Madu ini yang akan menjadi antiseptiknya sedangkan telur putih akan mengecilkan pori-pori

  • 9.    Cuka sari apel

Cuka adalah salah satu bahan bumbu resep makanan yang selama ini kita kenal. Tetapi di dalam cuka ini mengandung zat antiseptic. Kandungan ini dapat dimanfaatkan untuk sebagai penyembuh luka. Misalnya sakit gigi, sakit gusi, gatal-gatal serta jerawat. Cara kerja cuka ini adalah membunuh bakteri penyebab sakit tersebut. Anda bisa menggunakan untuk mengatasi jerawat anda dengan mengoleskan sedikit saja pada bagian yang berjerawat.

  • 10.     Air kelapa

Air kelapa adalah air yang berasal dari dalam buah kelapa. Air ini terkenal cukup menyegarkan tubuh dan menambah fit karena mengandug ion-ion yang diperlukan tubuh. Air kelapa juga mengandung senyawa antibakteri. Ini dapat di manfaatkan untuk membunuh bakteri yang ada pada jerawat anda. Ambilah air kelapa yang sudah agak berisi dagingnya atau yang agak tua juga bisa. Lalu siramkan pada bagaian wajah yang berjerawat. Anda bisa menyapukan air kelapa ini ke bagian wajah yang berjerawat lalu diamkan berapa saat setelah itu bilas Ingat cuci terlebih dahulu tangan anda!

  • 11.     Minyak VCO

Minyak VCO (virgin coconut oil) adalah minyak kelapa. Jadi sebenarnya yang paling banyak mengandung antiseptic itu adalah pada minyak VCO ini. minyak ini mengandung asam laurat. Asam laurat dapat menjadi antiseptic, antijamur, antimicroba, antibakteri, antivirus dll. Jadi dengan kandungan yang sangat penting ini akan membantu mengatasi jerawat anda.

Bukan hanya di sebabkan bakteri, apabila jerawat di sebabkan oleh jamur anda bisa menggunakan minyak VCO yang cukup aman. Cara penggunaanya ambil saja secukupnya lalu di oleskan pada bagian yang berjerawat. Setahu saya minyak ini lembut dan tidak panas. Akan tetapi apabila mendapati minyak ini panas, sebaiknya anda campur sedikit dengan air

  • 12.     Minyak cengkeh

Cengkeh yang biasanya digunakan untuk resep makanan atau biasa digunakan orang untuk merokok, ternyata ada juga dalam bentuk minyak. Kandungan yang terdapat di dalam minyak cengkeh ini salah satunya adalah antiseptic. Nah antiseptic inilah yang banyak dimanfaatkan untuk membunuh bakteri dan microorganism sebagai obat tradisional. Anda bisa membeli minyak ini di toko terdekat. Cara penggunannya, ambil saja secukupnya minyak ini lalu oleskan pada bagian yang berjerawat. Silakan di coba pada bagian tubuh yang lain, untuk melihat apakah minyak ini panas atau tidak. Apabila panas, anda campurkan sedikit air lalu di oleskan ke jerawat.

Itulah 12 cara menghilangkan jerawat sampai keakar-akarnya dari bahan-bahan yang mudah di temui. Anda bisa melakukan di rumah dengan rutin sampai jerawat benar-benar hilang. Setelah hilang, sebaiknya anda lakukan pencegahan agar tidak lagi terbentuk di tubuh anda. Coba ikuti cara mencegah jerawat yang pernah di tulis disini akan membantu solusi jerawat untuk anda. Cara di atas untuk jerawat yang di sebabkan oleh bakteri. Karena sebagian besar penyakit ini penyebabnya infeksi bakteri di dalam kulit.

Kesalahan-kesalahan

Adapun kesalahan-kesalahan yang perlu di hindari dalam menghilangkan jerawat adalah sebagai berikut :

  • Menghilangkan jerawat dangan pasta gigi

Pasta gigi adalah sabun untuk membersihkan gigi. Pasta ini memang mengandung zat antibakteri yang dapat membunuh bakteri.Tetapi disini yang perlu di perhatikan adalah pasta gigi bukan obat herbal sehingga dapat menimbulkan efek samping. Selain itu menghilangkan jerawat dengan pasta gigi akan dapat membuat bekas jerawat yang menghitam pada wajah.

  • Menghilangkan jerawat dengan es batu

Es batu memang memiliki banyak manfaat sebagai perawatan wajah. Akan tetapi perlu di ingat kembali bahwa es batu tidak membunuh bakteri. Bakteri hanya mati pada suhu yang tinggi (panas) atau ada senyawa antibakteri. Es batu yang di manfaatkan untuk perawatan wajah berfungsi untuk mengecilkan pori-pori sehingga bakteri tidak lagi bisa masuk ke dalam kulit wajah anda.

Sebaiknya anda menggunakan es batu setelah sembuh dari jerawat. Ini juga adalah pengalaman admin. Basuh wajah dengan air es batu setiap hari. Dalam kurun beberapa hari pori-pori akan mengecil dan menghambat jerawat datang. Alhamdulillah sampai sekarang tidak jerawatan lagi.

  • Menghilangkan jerawat dengan uap

Uap merupakan udara atau butiran-butiran air yang berbentuk gas. Udara yang panas ini akan dapat membuka pori-pori pada kulit wajah anda. Ini sebenarnya bagus agar kotoran yang masuk pada kulit wajah anda dapat terbuang keluar. Akan tetapi efeksampingnya adalah pori-pori anda akan membesar sangat berersiko untuk terkena jerawatan lagi.

Solusinya apabila anda menggunakan cara ini, siapkan air esbatu lalu gunakan sebagai pembilas terakhir. Atau anda bisa merendam wajah anda sebentar kedalam air es batu. Lakukan berulang-ulang. Esbatu ini fungsinya akan menutup kembali pori-pori yang terbuka. Ini juga merupakan pengalaman admin. Tanpa menggunakan es batu jerawat bertambah banyak akibat pori-pori terbuka lebar. So jangan sampai ini terjadi lagi pada anda.

  • Menghilangkan jerawat dengan air urin

Ini merupakan cara yang cukup konyol.  Meskipun ada penelitian yang melakukannya dapat menghilangkan jerawat atau menyembuhkan penyakit lainnya. Sebaiknya anda hindari saja. Perlu anda tahu bahwa urin itu adalah air bekas yang sudah di saring oleh ginjal. Ginjal sendiri akan mengambil kembali kandungan yang masih sekiranya penting untuk tubuh. Dan yang tidak penting akan di keluarkan.

Tubuh lebih pastinya lebih pintar mengatur mana yang baik dan mana yang buruk. Racun—racun yang ada di dalam tubuh juga sebagian akan di keluarkan melalui urin. Logic saja apabila air kotoran yang notabenenya banyak kandungan bakteri bagaimana bisa mengatasi jerawat? Bukankah akan menambah jerawat? Masih banyak cara lain yang lebih cerdas dari pada itu!

Demikian 12 cara menghilangkan jerawat sampai akar-akarnya. Semoga apa yang di sampaikan di atas dapat berguna untuk para pembaca dan bekerja dengan baik saat di terapkan pada jerawat anda. Thanks good luck^^

12 Cara menghilangkan jerawat sampai keakar-akarnya | admin | 4.5