10 Cara mencegah jerawat agar tidak mudah datang

10 Cara mencegah jerawat
cara mencegah jerawat

Jerwat memang sangat menyebalkan. Apalagi kalau tumbuhnya berada di wajah. Ini akan mengurangi peforma tampilan kita. Terutama tingkat kepercayaan diri pada orang di sekitar. Tetapi ada masalah yang lebih besar dari itu, yaitu apabila sudah mati satu malah tumbuh seribu. Ini bener-bener gawat! Jangan biarkan kulit mulus wajah anda sampai tertanami oleh jerawat. karena beberapa jerawat yang di sebabkan jamur bisa merambat ke seluruh bagian wajah. Biasanya akan terasa gatal, kita akan terpengaruh untuk menggaruknya. Inilah yang menyebabkan racun atau benih-benih jamur menjadi menyebar di seluruh wajah.

Nah sebelum terjadi itu semua maka sebaiknya kita menjaga wajah dan mencegah datangnya jerawat. Ada beberapa tips mencegah jerawat yang bisa anda terapkan di rumah. Ini cara yang alami alias herbal, jadi anda tidak perlu khwatir akan efek sampingnya. Berikut penjelasan lebih ringkasnya

1.    Mencuci wajah

Rutinitas yang harus sering kita lakukan setiap hari untuk menjaga kesehatan wajah. Tetapi bukan setiap saat anda harus mencuci wajah anda. Ada waktu yang tepat untuk mencuci wajah agar jerawat tidak tubuh. Adalah setelah melakukan akitfitas di luar ruangan. Misalnya kerja, olahraga, jalan-jalan, bersantai di luar, banyak berinteraksi dengan polusi dan aktifitas-aktifitas lainnya. Udara yang ada di luar ruangan sangat kotor, berdebu dan berpolusi dan banyak mengandung bakteri ataupun virus. Debu-debu tersebut menempel pada wajah anda setiap saat.

Apabila anda tidak membersihkan wajah setelah melakukan aktifitas tersebut, debu-debu tersebut akan tertanam di wajah anda dan dapat menyebabkan jerawat bermuunculan. Bukan hanya itu saja, tetapi akan membuat  wajah kusam dan menghitam! Jadi sebelum anda beristirahat, sempatkan membasuh wajah terlebih dahulu agar dapat menghilangkan kotoran-kotoran tersebut. Selain itu manfat lainnya adalah akan melancarkan peredaran darah di wajah, serta kulit terasa lebih segar. Ini akan sangat menyehatkan kesehatan kulit wajah anda, mencegah penuaan dini dan mencerahkan wajah.

2.    Konsumsi vitamin C

Dikutip dari laman Wikipedia, Asam askorbat (Vitamin C) dikenal peranannya dalam menjaga dan memperkuat imunitas terhadap infeksi. Tentu saja ini akan sangat penting untuk menjaga kesehatan serta perawatan kulit. Vitamin C akan menambah system kekebalan tubuh sehingga tidak mudah di infeksi oleh bakteri jahat yang sekedar menempel pada wajah ataupun tubuh anda. Apabila hanya sedikit debu saja menempel langsung menyebabkan jerawat, ini memungkinkan kekebalan tubuh anda menurun. Sehingga anda perlu untuk menambahnya agar tidak lagi mudah di infeksi oleh bakteri.

Anda bisa mendapatkan vitamin c dengan mengonsumsi beraneka buah dan sayur seperti jeruk, mangga, tomat, pepaya, arbei, semangka, stroberi, alpukat, lemon, asparagus, kol, susu, mentega, kentang, ikan, dan hati.

3.    Jangan sentuh wajah

Setiap kali kita berakifitas tidak akan pernah lepas dari tangan. Bahkan tangan paling banyak melakukan aktifitas sehari-hari. Mungkin tidak terhitung jumlahnya. Kalau kita lihat sudah ada berapakah bakteri yang berpindah-pindah dari benda ke tangan kita?. Atau saat kita berinteraksi dengan teman-teman, misalnya salam tangan. Bakteri yang ada pada teman akan menempel pada tangan anda juga. Inilah yang sangat di larang untuk sering menyentuh wajah. Karena ada banyak jenis bakteri yang tingkat dalam menginfeksinya juga beda beda mudah menyebabkan jerawat. Mungkin anda menyentuh wajah saat sedang bercermin, atau sedang terasa gatal ataupun tanpa sadar melakukanya. Ini salah satu media bakteri dari tangan tersebut berpindah ke wajah anda tanpa anda sadari, karena ukuran bakteri yang tidak dapat di lihat dengan kesat mata, anda hanya dapat mengetahui saat terinfeksi di wajah anda.

Oleh karena itu, sebaiknya anda tidak sering menyentuh wajah terutama apabila wajah sedang berminyak. Cucilah terlebih dahulu tangan anda atau gunakan tisu apabila ingin menyentuh wajah serta bersihkan dari keringat ataupun minyak.

4.    Minum air putih

Air mineral sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Kekuarangan air akan membuat kita dehidrasi, membuat darah kental dan jantung lebih berat memompa darah. Air berperan untuk mengencerkan darah sehingga akan mudah mengalir keseluruh tubuh. Kelancaran darah mengalir sangat penting, karena bersama aliran darahlah racun-racun yang ada di dalam tubuh mengalir dan di buang melalui urin ataupun keringat.. Termasuk juga jerawat.

Bakteri bakteri yang ada di dalam pembuluh darah pada wajah akan di bawah darah mengalir dan di keluarkan dari tubuh. Lebih penting dari itu, nutrisi tubuh juga di bawah oleh darah, semakin lancar darah mengalir akan semakin cepat mendistribusikan nutrisi penting yang di butuhkan kulit untuk melakukan metabolism dan regenerasi sel tubuh anda.

5.    Gunakan lap tisu

Saat melakukan aktifitas, anda tidak akan bisa terlepas dari keringat yang keluar dari tubuh. Keringat sangat penting untuk di keluarkan karena ini merupakan ciri-ciri metabolism tubuh yang sehat. Tetapi efek sampingnya keringat-keringat ini akan dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah ataupun pada tubuh anda. Sebenarnya bukan keringat yang menimbulkan jerawat, tetapi penyebabnya adalah aktifitas bakteri yang ada di kulit. Keluarnya keringat akan menyebabkan kulit lembab, ini merupakan kondisi yang paling di sukai bakteri untuk berkembangbiak menjadi banyak. Dan pada akirnya akan dapat menyebabkan jerawatan.

Selain keringat, yang sering keluar dari pori-pori kulit adalah minyak. Wajah paling sering mengeluarkan minyak, anda bisa melihat sendiri pada cermin. Karena memang ada kelenjar minyak di bawah kulit yang dapat di ekskresikan tubuh kapan saja dan dimana saja. Seperti yang pernah di katakan seblumnya, bahwa minyak ini akan dapat membuat debu-debu kotor mudah menempel yang memungkinkan bakteri tubuh. Nah oleh sebab itulah, anda gunakan lap ataupun tisu untuk membersihkan wajah anda dari keringat dan juga minyak. Mungkin harga tisu jauh lebih mudah dari pada anda harus mengobati jerawat nantinya.
Perlu anda ingat, ketika anda ingin menggunakan handuk kecil, anda harus sesering mungkin mencucinya. Karena bakteri akan mudah menumpuk pada handuk tersebut. Mungkin tisu yang sekai pakai akan dapat menjaga wajah anda lebih baik dari pada handuk kecil.

6.    Gunakan helm

Aktifitas mengharuskan anda untuk terus berinteraksi dengan para pengendara motor di jalanan. Apabila anda mengendarai mobil, tentu saja akan melindungi wajah serta tubuh anda dari polusi di luar. Tetapi apabila anda menggunakan sepeda motor, jangan biarkan polusi-polusi kotor yang ada di jalan menempel pada kulit wajah anda. Logic saja, apabila anda berkendara dengan kecepatan tinggi, ini akan menjadikan polusi-polusi mudah menempel bahkan masuk menelusup kedalam pori-pori kulit.

Karena kecepatan tersebut mendorong polusi tersebut masuk ke pori-pori. Ini akan jauh lebih cepat dalam memberikan jerawat pada wajah anda, karerna polusi masuk kedalam pori-pori yang sulit apabila hanya di basuh dengan air saja. Selain akan menyebabkan jerawat timbul, polusi akan membuat wajah anda semakin kusam. Untuk menghindari itu semua, sebaiknya anda gunakan helm agar dapat melindungi terpaan angin polusi. Anda juga bisa menggunakan masker agar dapat menjaga kesehatan pernafasan anda dari polusi jahat.

7.    Hindari stress

Kondisi tubuh yang tidak baik seperti stress karena mungkin pekerjaan ataupun tekanan ataupun tuntutan dapat memicu tumbuhnya beberapa penyakit, tak terkecuali juga jerawat. Biasanya kita menganggap sepele tentang stress. Karena tidak ada peran dari microorganism yang membuat sakit. Itu salah besar! Malah ini akan dapat memicu penyakit-penyakit berat. Seperti tekanan darah tinggi, gangguan system syaraf, penyakit jantung, diabetes dan beberapa penyakit lainnya. Ini semua bukan tanpa sebab. Dalam tubuh semua itu di kendalikan oleh otak. Ketika otak mendapatkan tekanan (stress) membuat kerja otak menjadi tidak lagi terkontrol. Ini akan mempengaruhi kerja pada organ tubuh yang lainnya yang di kendalikan oleh otak. Ibarat otak ini adalah raja, apabila raja tidak beres memimpin, rakyaknya tentu akan kacau

Apa hubungannya dengan jerawat. Tentu saja ada hubungannya. Ketika otak tidak lagi dapat mengontrol tugasnya dengan baik, sitem tubuh menjadi tidak berjalan sebagai mana mestinya, termasuk juga dalam mengatur antibody di dalam tubuh. Hal ini membuat tubuh mudah sakit saat stress karena gangguan luar semakin mudah masuk ke dalam tubuh. Antibody itu penting sebagai benteng kesehatan tubuh. Jadi saat anda stress wajah mudah berjerawat, kemungkinan inilah yang terjadi pada anda!

8.    Kecilkan pori-pori

Pori-pori yang besar akan dapat memberikan peluang kotoran banyak masuk kedalam kulit anda. Jerawat tibul bisa di sebabkan oleh karena terjebaknya kotoran atau debu-debu yang ada di dalam pori-pori tersebut. Bukan hanya jerawat, tetapi kulit juga mudah kusam. Semakin besar pori-pori akan semakin banyak pula kotoran yang menumpuk. Semakin banyak kotoran memungkinkan semakin besar jumlah bakteri yang dapat menginfeksi kulit anda. Oleh karna itu sebaiknya anda kecilkan pori-pori kulit tubuh terutama pada bagian wajah.

Pori-pori yang kecil akan menyulitkan kotoran masuk kedalam kulit. Kotoran akan menempel saja di atas kulit dan mudah di bersihkan. Selain itu manfaat lainnya yang akan anda dapatkan adalah ekskresi minyak berkurang. Hal ini di sebabkan oleh saluran yang mengecil. Jadi anda akan mendapatkan banyak manfaat apabila mengecilkan pori-pori. Terutama untuk mencegah timbulnya jerawat. Cara mengecilkan pori-pori anda bisa menggunakan beberapa bahan alami tanpa efek samping. Sebagai contoh misalnya dengan es batu, masker dari beberapa buah segar dan sabun pembersih. Anda bisa mencari tahu disini bagaimana caranya penggunaannya.

9.    Kurangi konsmetik

Sebagai cara instan untuk mempercantik wajah kebanyakan orang menggunakan kosmetik. Karena memang sekarang sangat banyak komsetik yang menawarkan berbagai manfaat dengan harga yang cukup murah. Cantik, siapa sih yang tidak mau? Akan tetapi perlu anda perhatikan kembali saat ingin menggunakan kosmetik. Karena ini pengaruhnya besar terhadap kuit anda.

Beberapa kosmetik yang beredar saat ini mengandung kandungan berbahaya. Ini akan dapat mencederai kulit wajah anda hingga menyebabkan berjerawat. Perhatikan kandungan dan merk dagang, pilihlah yang sudah terpercaya dan banyak di gunakan oleh orang. Jangan sering ganti-ganti, karena tidak semua kulit cocok pada kosmetik tersebut. Apabila tidak cocok akan menimbulkan alergi hingga merusak kulit. Gunakan seperlunya dan jangan berlebihan. Kosmetik kebanyak menggunakan bahan kimia, apabila berlebihan akan dapat menimbulkan efek samping berbahaya.

10.     Kurangi makanan berminyak

Kurangilah makanan-makanan yang memicu akan terbentuknya minyak. Seperti yang telah di paparkan sebelumnya bahwa minyak akan dapat membuat kulit lembab dan mudah berjerawatan. Ini di sebabkan karena minyak akan memudahkan debu menempel pada  kulit. Bebeda dengan keringat, minyak sifatnya sedikit lengket (masa jenis kecil, tegangan permukaan kecil). Debu-debu yang ringan masanya akan mudah menempel pada minyak tersebut.

Meskipun pori-pori kulit anda kecil tetapi jumlah produksi minyak di kelenjar minyak banyak tentu akan keluar dalam jumlah banyak. Kondisi seperti ini anda bisa melihat sendiri dengan menggunakan cermin. Jadi sebagai solusinya anda sebaiknya mengurangi makanan-makanan berminyak. Apalagi apabila anda memiliki kulit yang sensitive, misalnya sedang pubertas ini sangat cepat tubuhnya jerawat

Itulah 10 cara mencegah jerawat agar tidak timbul lagi pada wajah anda. ikuti dan terapkan agar memiliki wajah yang bersih tanpa jerawat dan tanpa kusam. Wajah jerawatan paling tidak enak, bukan ketika jerawat itu muncul saja, tetapi yang menjadi masalah besar dan berlangsung lama adalah apabila terbentuk bekas jerawat yang menghitam di wajah. Tentu ini akan merepotkan anda untuk mengatasinya. Membutuhkan waktu lama, biaya lebih mahal dan tenaga lebih besar agar bisa hilang bersih dari wajah. Maka dari itu, dari pada anda sibuk menghilangkan bekas jerawat lebih baik anda mencegah saja. Sekian artikel ini dan terimaksih semoga dapat bermanfaat untuk anda!

10 Cara mencegah jerawat agar tidak mudah datang | admin | 4.5